Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD

Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD

Seperti Tradisi dari generasi ke genearsi bahwa setiap sekolah menyelenggarakan perpisahan sekolah setiap tahunnya mulai sekolah TK, sekolah SD , Sekolah SMP  Sekolah SMA atau SMK sampai Sekolah Perguruan Tinggi menyelenggarakan perpisahan sekolah dengan berbagai acara yang tetap meninggalkan kesan mendalam bagi siswa, guru maupun orang tua.  Oleh karena perpisahan sekolah selalu masuk dalam agenda rutin kegiatan sekolah di akhir tahun ajaran, maka acara tersebut dianggap penting untuk diselenggarakan. 

Bagi para siswa 

Karena memiliki posisi terpenting dalam acara perpisahan, setiap siswa akan menjadikan perpisahan sekolah sebagai momentum mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah mengajar dan mendidik mereka. Siswa juga perlu menyampaikan permintaan maaf kepada guru, atas segala kenakalan dan ketidak-patuhan selama menjadi siswa disekolah tersebut. Selanjutnya, siswa pun meminta restu agar ilmu yang sudah diperoleh menjadi bermanfaat dan menjadi bekal untuk kehidupan di masa depan. 

Kesan tak terlupakan saat mengikuti kegiatan bersama teman

Selain dengan guru, siswa juga akan berpisah dengan seluruh teman dalam satu angkatan. Keberadaan teman sangat penting selama bersekolah karena teman adalah orang yang paling dekat. Banyak hal  menyenangkan telah dilakukan bersama teman seperti berbagi cerita, bermain, termasuk belajar bersama. Acara ini akan menjadi kegiatan terakhir bersama teman-teman sebelum berpisah untuk melanjutkan ke sekolah yang berbeda. 

Bagi sekolah 

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa sekolah seperti rumah kedua bagi siswanya. Para guru otomatis juga menjadi orang tua kedua untuk mereka. Dengan rutinitas yang setiap hari pergi ke sekolah, bertemu guru dan teman-teman serta staf sekolah, setiap siswa pasti merasa sekolah adalah rumah, tempat belajar banyak hal. Kepercayaan para orang tua juga memiliki pengaruh yang besar terhadap sekolah itu sendiri. 

Peran guru sebagai pengganti orang tua di sekolah

Terlebih pada sekolah-sekolah yang menerapkan full day school, maka siswa akan lebih banyak menghabiskan waktunya disana. Pada acara perpisahan itulah merupakan waktu yang tepat untuk mengembalikan siswa secara resmi kepada orang tuanya. Pesan moral dan motivasi pihak sekolah sangat berarti bagi siswa dan orang tua siswa, sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

Bagi orang tua siswa 

Para orang tua tentunya merasa terbantu oleh sekolah yang sudah memberikan ilmu sebagai bekal anak-anak untuk menapaki masa depannya nanti. Dengan digelarnya acara perpisahan sekolah, orang tua dapat menjadikannya sebagai momentum mengucapkan terima kasih kepada guru maupun pihak sekolah secara keseluruhan. 

Acara perpisahan juga akan mempererat hubungan antara orang tua dengan guru, serta orang tua dengan pihak sekolah, termasuk pada saat siswa sudah berubah sebutan sebagai alumni. 

Dari penjelasan diatas, terjawab bahwa perpisahan sekolah merupakan momentum yang sangat penting bagi semua pihak. Itulah mengapa perpisahan sekolah menjadi tradisi setiap tahunnya. Seperti kata pepatah, setiap perjumpaan pasti ada perpisahan. Namun perpisahan akan selalu mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik kebersamaan adalah anugerah. 

Berikut adalah Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah SD

Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 1

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat bapak/ibu kepala sekolah dan para dewan guru. Yang saya cintai teman-teman seangkatan dan juga adik-adik kelas.

Pertama-tama saya panjatkan puji dan syukur karena atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul di sekolahan ini dalam rangka perpisahan sekolah.

Khusus kepada semua guru-guru kami mungkin selama kami bersekolah di sini kami telah banyak melakukan kesalahan dan membuat bapak dan ibu guru marah terhadap tingkah laku kami. Saya mewakili teman-teman siswa kelas 6 mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para guru yang sudag mengajar dan mendidik kami dengan baik selama 6 tahun ini. Tanpa guru-guru semua kita tidak bisa ada di sini sekarang.

Semoga semua jerih payah yang dilakukan oleh para guru bisa menjadi ladang pahala.

Saya juga mau mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semua atas solidaritasnya dengan angkatan selama ini. Semoga kita semua bisa sukses di pendidikan selanjutnya yang lebih tinggi.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat kepala sekolah, bapak dan ibu guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya, kita dapat berkumpul bersama dalam rangka perpisahan sekolah pada hari ini.

Berdirinya saya di sini, mewakili teman-teman seangkatan untuk mengucapkan terima kasih banyak kepada semua guru yang telah mengajarkan kami banyak hal selama 6 tahun. Terima kasih juga untuk para  bapak dan ibu guru  yang selalu sabar dan tidak mengenal lelah dalam memberikan ilmu-ilmunya.

Berkat kesabaran dan jerih payah  bapak dan ibu guru  semua, akhirnya kami bisa berada di sini. Semoga  bapak dan ibu guru  selalu diberi kesehatan dan panjang umur.

Untuk teman-teman semua, sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian karena kita sudah bersama-sama selama enam tahun ini. Terima kasih untuk kebersamaannya. Semoga kita bisa sukses dan mencapai cita-cita yang diinginkan.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Mohon maaf bila ada salah kata dan perbuatan.  Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 3

Bismillahirrahmanirrahim, 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat ibu/bapak kepala sekolah,dewan guru, dan para tamu undangan. Saya saya cinta teman seangkatan dan juga adik kelas.

Puji syukur saya panjatkan atas kehadiran Allah SWT, untuk semua berkah-Nya yang telah mengizinkan kita berkumpul di acara ini. Doa dan salam juga, saya curahkan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW.

Mewakili semua anak-anak kelas 6, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada para guru karena sudah tulus dan ikhlas mendidik dan membimbing kami sehingga kami dapat menyelesaikan proses pembelajaran di sekolah yang tercinta ini dengan hasil yang bagus.

Saya dan teman-teman kelas 6 juga ingin meminta maaf yang sedalam-dalamnya, karena perbuatan dan tingkah laku kami yang tidak menyenangkan di hadapan bapak ibu guru sekalian.

Saya juga meminta doa restu kepada  bapak dan ibu guru  atas kelulusan kami. Mohon doanya agar kami bisa sukses kedepannya dan bisa mencapai cita-cita yang diinginkan.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada perkataan yang tidak pas di hati  bapak dan ibu guru  serta para hadirin yang hadir di tempat yang bahagia ini.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 4

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Yang saya hormati, bapak/ibu kepala sekolah, para guru dan wali murid. Serat yang saya cintai teman dan adik kelas yang saya cintai

Puji dan syukur atas kehadiran Allah SWT, yang memberi kita semua rahmat-Nya sehingga hari ini kita berkumpul untuk merayakan perpisahan.

Melalui pidato ini, saya mewakili teman-teman kelas 6 mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya dalam 6 tahun terakhir. Semoga Allah selalu memberi berkah dan bahagia para  bapak dan ibu guru.

Saya juga ingin meminta maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan di masa lalu atas perilaku kami, yang dapat mengganggu atau menyinggung perasaan  bapak dan ibu guru. Saya harap bapak dan ibu guru, bisa memaafkan semua kesalahan kami.

Bagi adik kelas, teruslah belajar dengan tekun, kami ingin kalian menjadi pelajar yang rajin yang terus terus menuntut ilmu dan selalu menghormati guru kita di sekolah ini.

Dan yang terakhir, kepada orang tua kita yang tercinta, terima kasih atas kehadirannta di cara ini. Terima kasih atas doa dan cintanya kepada kami.

Sekian pidato dari saya, Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 5

Kepada bapak/ibu kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang terhormat, juga teman-teman dan adik-adik kelas saya.

Pertama-tama, kami berterima kasih kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas berkahnya dan perlindungan pagi ini sehingga kita bisa berkumpul dalam rangka acara perpisahan.

Saya di sini untuk mewakili teman-teman kelas 6 ingin berterima kasih kepada kepala sekolah, guru dan orang tua untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala sekolah dan para guru yang telah mengajarkan saya dan teman-teman selama selama enam tahun. Mohon maaf bila selama enam tahun ini saya dan teman-teman pernah mengecewakan  bapak dan ibu guru. Terima kasih atas kesabarannya selama ini.

Untuk adik-adik kelas, saya berharap kalian bisa belajar lebih rajin. Ambil hal baik dari kami dan buang contoh yang kurang baik.

Saya mohon doa kepada para guru untuk saya dan teman-teman bisa mengejar pendidikan lebih tinggi dan juga mencapai cita-cita yang diinginkan.

Sekian hanya itu yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila salah kata dan perbuatan.

Terimakasih.


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 6

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kami ucapkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa atas semua rahmat-Nya, kita bisa berkumpul untuk menyelenggarakan acara perpisahan.

Sebenarnya, saya mewakili angkatan kelas 6, berat sekali untuk menyampaikan pidato ini. Kami sangat sedih, karena harus berpisah dari guru, teman, dan adik-adik kelas. Namun, waktu juga yang membatasi kebersamaan kita.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada  bapak dan ibu guru, karena sudah mendidik kami dengan baik. Selain itu juga telah memberikan pengetahuan yang kami terima sangat berharga untuk mencapai tingkat selanjutnya. Semua pelajaran dari bapak dan ibu guru, akan kami ingat selama sisa hidup kami.

Kami juga meminta maaf kepada bapak dan ibu guru karena sering melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak. Kepada adik kelas, belajarlah dengan baik dan rajin. Jangan keras kepala, hormatilah semua guru disini.

Inilah akhir dari pidato yang saya sampaikan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 7

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepala Sekolah yang terhormat. Para bapak dan ibu guru yang terkasih, teman dan adik kelas, yang saya cintai.

Pertama-tama, saya berterima kasih kepada Allah SWT atas kehadiran-Nya serta semua rahmat yang telah diberikan pada hari ini sehingga kami dapat berkumpul di sekolah tercinta ini.

Berdirinya saya di sini, ijinkan saya mewakili teman-teman kelas 6 untuk mengucapkan satu atau dua kata selama berdiri disini.

Sebagai siswa kelas 6, kami sangat berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar di sekolah ini. Terima kasih atas kesabarannya telah mendidik kami tanpa pilih kasih. Berkat dedikasi semua guru, kami dapat menyelesaikan jenjang kelas 6 di sekolah ini dengan lancar.

Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada kalian semua, karena kita sudah bersama selama 6 tahun. Tetapi saya juga berdoa agar semua teman saya akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi dan menjadi orang yang sukses.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih. Sukses untuk kita semua. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 8

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada bapak kepala sekolah, guru, serta orang tua siswa yang terhormat, dan juga tak lupa teman-teman serta adik-adik kelas yang  saya cintai.

Pertama-tama, mewakili teman-teman kelas 6 saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah, guru serta orang tua yang sudah datang menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, kami juga ingin mengucapkan terima kasih terhadap bapak kepala sekolah serta para guru yang sudah mengajar kami selama enam tahun.

Terima kasih atas kesabarannya, atas ketulusan, dan keikhlasannya selama ini. Maaf bila sering membuat ibu dan bapak guru kecewa atas sikap yang kami lakukan.

Untuk adik-adik kelas, kami berharap kalian akan tetap rajin belajar dengan tekun. Ambil contoh yang baik dari kami serta buang contoh yang kurang baik dari kami.

Dalam kesempatan ini juga saya ingin meminta doa restu dari para guru untuk kelancaran kami dalam menimba ilmu di jenjang pendidikan lebih tinggi. Kami berjanji akan rajin belajar di sekolah menengah agar bisa membawa nama baik sekolah kami tercinta ini.


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 9

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah serta Bapak/Ibu Guru beserta tamu undangan yang hadir, serta kawan kawanku yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena sudah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua.

Tak terasa waktu berjalan begitu singkat hingga akhirnya kita berkumpul dalam momen perpisahan. Sudah enam tahun kami semua belajar serta menimba ilmu di sekolah tercinta ini. Kami mendapatkan ilmu yang tidak terhingga. Semuanya berkat jasa dari guru-guru yang sudah senantiasa sabar mengajari kami.

Saya selaku perwakilan dari kelas 6 mengucapkan terimakasih serta ingin meminta maaf atas perbuatan salah yang telah kami lakukan sebelumnya.

Terimakasih untuk para orang tua kami semua yang sudah memberi motivasi kepada kami semua. Untuk teman-teman, walaupun kita sudah lulus namun kita harus lebih giat lagi untuk belajar sebab perjalanan kita masih panjang agar bisa meraih cita-cita.

Akhir kata, saya beserta teman-teman ingin mengucapkan selamat tinggal, kami tak akan melupakan sekolah tercinta ini. Sekian dari saya. Terimakasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Contoh Teks Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah 6 SD  - 10

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Yang kami hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah serta para guru yang saya cintai.

Yang Kami hormati seluruh tamu undangan serta tak lupa yang kami banggakan seluruh teman dan juga adik-adik kelas.

Pertama-tama, mrilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SAW yang memberikan karunia tiada terkira untuk kita semua. Lalu sholawat serta salam semoga tercurah atas junjungan Nabi kita Muhammad SAW.

Hadirin yang kami hormati, saya berdiri disini untuk mewakili teman-teman kelas 6 yang pada hari ini akan segera mengakhiri belajar di sekolah tercinta ini. Sejujurnya berat hati ini merangkai kata-kata yang tepat di hadapan hadirin semua.

Teruntuk bapak kepala sekolah dan juga dewan guru yang tercinta, izinkanlah kami untuk mengucapkan permintaan maaf atas seluruh perbuatan dan juga perkataan yang menyinggung atau membuat bapak dan ibu sakit hati.

Doakan kami supaya mampu menjadi pribadi yang mempunyai budi pekerti yang baik, serta dapat membawa nama baik sekolah tercinta.

Untuk kedua orang tua kami, di hari ini kami juga turut mengucapkan terimakasih atas semua pengorbanan yang sudah diberikan pada kami. Doakan anak-anakmu agar menjadi kebanggan kalian.

Untuk adik–adik kelas yang kami sayangi, masih banyak kesempatan untuk kalian dalam membuktikan jika kalian bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berprestasi. Rajinlah belajar dan hormati ibu serta bapak guru.

Jika dalam memberikan contoh kami belum sempurna, kami turut mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya.

Kepada para hadirin, sekian pidato saya ini. Saya ucapkan terima kasih banyak, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.