Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun Arab Latin Lengkap Arti Terjemah

bacaan-doa-awal-tahun-dan-doa-akhir-tahun-arab-latin-lengkap-artinya
Bacaan Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun Arab Latin Lengkap Arti Terjemah 

Ada Perjumpaan ada juga perpisahan, ada awal dan ada akhir dalam hitungan hari kita akan meninggalkan tahun 2021 dan menyambut tahun baru 2022 , sebagai seorang mukmin sebaiknya di akhir tahun memperbanyak dzikir dan doa untuk keselamatan dan kebaikan semoga di tahun baru 2022 mendapatkan harapan dan semangat baru dalam menjalani aktivitas kehidupan.

Nabi Muhammad Rasulullah saw bersabda .,”Doa itu Ibadah”. Dan “Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah swt., selain berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang maupun dalam keadaan sempit”.

Doa merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam diri manusia. Doa juga merupakan suatu cara atau jalan agar manusia selalu ingat kepada Tuhannya. Maka secara tidak langsung doa menjadi dzikir kepada Allah swt., karena dengan berdoa kepada-Nya berarti hamba tidak melupakan keberadaan antara dirinya dengan Tuhannya.

Manusia bukanlah apa-apa di hadapan Allah swt. Karena itu, umat Islam selalu memanjatkan doa agar keinginan dan hajatnya dikabulkan oleh Allah swt. Doa yang diucapkan harus dilakukan dengan suara yang lembut dan rendah hati. Allah swt., berfirman dalam al Quran surah al-A’raf ,ayat 55. “ Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut”.

Betapa dahsyatnya kekuatan sebuah doa. Banyak kesusahan diangkat, penyakit disembuhkan, dan berbagai prahara kehidupan dapat diselesaikan dengan doa dan pertolongan Allah swt. Sesuatu yang mustahil dan tidak rasional bisa menjadi kenyataan yang indah karena kekuatan doa yang diucapkan dengan ikhlas dan sabar disertai keimanan yang mantab hanya fokus pada pertolongan Allah swt.

Jangan berputus asa ketika doa belum dikabulkan, yakinlah bahwa Allah akan mencintai orang yang banyak bermunajat kepada-Nya. Bisa jadi doa kita dikabulkan dalam bentuk lain atau dikabulkan di akhirat. Yang pasti Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan segala doa.

Dalam Memontum pergantian tahun ini, kita banyak introspeksi diri atau menghisab diri di tahun kemarin apa yang sudah kita perbuat  sebagai tolok ukur mmeperbaiki diri di masa mendatang agar bisa lebih baik lagi.

Agar doa yang kita minta dikabulkan Allah swt., maka ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan, yaitu: 

(1) Dalam keadaan berwudhu atau setelah melaksanakan shalat 

(2) Menghadap kiblat 

(3) Membaca hamdalah atau pujian, istighfar dan salawat 

(4) Sebut nama-nama Allah yang baik atau al Asma al Husna 

(5) Dengan suara yang lembut dan sungguh-sungguh 

(6) Yakin akan dikabulkan.

Berikut adalah Bacaan Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun Arab Latin :

Doa Akhir Tahun 

Berikut ini doa warid akhir tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW. Doa akhir tahun ini dibaca sebanyak 3 kali sebelum waktu maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah. 

  اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 

 Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm. 

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah. 

Doa Awal Tahun 

Sedangkan berikut ini adalah doa awal tahun yang dibaca dengan harapan Allah menganugerahkan rahmat, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat husnul khatimah, dan berbagai kebaikan lainnya.

   اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

 Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm. 

Artinya: Tuhanku, Kau Yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. 

Doa awal tahun ini dibaca sebanyak 3 kali dalam rangka menyambut tahun baru. Dengan doa ini, kita berharap anugerah dan kemurahan Allah untuk kita pada tahun baru ke depan. Demikian juga hendaknya mengisi pergantian tahun dengan amalan terbaik. Dari mulai memperbanyak bacaan shalawat, istighfar, membaca Al-Qur'an, sedekah dan ibadah lain. Wallahu a’lam.