-->

Bahaya terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya-terlalu-Banyak-Mengonsumsi-Makanan-Manis-bagi-Kesehatan-Tubuh
Bahaya terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis bagi Kesehatan Tubuh

Makanan manis memang sangat enak dikonsumsi,  rasanya yang lezat ditambah dengan banyaknya pilihan makanan yang bisa dipilih, membuat makanan manis sangat disukai oleh semua kalangan. Namun demikian, terlalu sering mengonsumsi makanan manis sangat tidak bagus untuk kesehatan karena bisa memunculkan berbagai penyakit, salah satunya meningkatkan gula darah. Sekalipun rutin mengecek kadar gula darah dengan alat cek gula darah, akan tetapi tetap mengonsumsi makanan manis ini bisa menjadi pemicu meningkatnya gula darah sehingga para penderitanya diharuskan untuk suntik berbagai tipe insulin setiap harinya.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa menimbulkan beberapa bahaya, di antaranya:

Merusak hati. Salah satu bahaya yang ditimbulkan jika terlalu banyak konsumsi makanan manis adalah bisa merusak hati. Seperti diketahui, gula mengandung fruktosa dan glukosa. Tidak sama dengan glukosa, fruktosa hanya bisa diolah dalam jumlah tertentu oleh hati. Jika terlalu banyak, maka fruktosa yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi lemak. Apabila proses ini terjadi secara terus menerus, maka kesehatan pun akan menjadi terganggu sekaligus bisa merusak kesehatan hati.

Obesitas. Melansir dari nibble, orang-orang yang kecanduan makanan manis biasanya sangat sulit untuk mengontrol sekaligus membatasi asupan gula yang masuk ke tubuh mereka. Untuk itulah, tidak heran bila banyak yang menderita obesitas akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Jika ini dibiarkan tentu sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, sebab itu batasilah konsumsi makanan manis agar kamu tidak terkena obesitas.

Sakit kanker. Yang paling fatal, keseringan mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit kanker di tubuh. Kanker terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal, yang mana pertumbuhan sel ini hanya bisa ditekan oleh insulin. Jika kadar insulin di tubuh naik akibat konsumsi gula berlebih, tentu kondisi seperti ini bisa mengganggu kerja insulin dan berujung pada kemunculan kanker. Karena itu, kamu sangat tidak disarankan mengonsumsi makanan manis.

Nyeri otot dan Sendi
Jumlah gula yang tinggi dalam tubuh akan memberikan tanda bagi akan terasa nyeri otot dan sendi walau tidak melakukan pekerjaan yang berat.

Masalah Kulit
Makanan yang mengandung gula menyebabkan insulin meningkat. Hal itu nantinya akan memengaruhi masalah kulitmu. Pasalnya, dorongan insulin akan meningkatkan aktivitas kelenjar minyak di kulit.
Terlalu banyak mengonsumsi gula juga berkaitan dengan jerawat yang muncul

Selain bahaya-bahaya yang sudah dituliskan di atas, masih ada bahaya lainnya yang ditimbulkan, seperti:
Merusak gigi
Meningkatkan risiko sakit jantung
Membuat kecanduan Gula
Memperbanyak penumpukan lemak di tubuh