-->

Tata Cara Berdoa Membaca Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun

Tata-Cara-berdoa-Membaca-Doa-Akhir-Tahun-dan-Doa-Awal-Tahun
Tata Cara Berdoa Membaca Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun  Tata-Cara-berdoa-Membaca-Doa-Akhir-Tahun-dan-Doa-Awal-Tahun
Bumi Terus berputar hari berganti minggu bulan dan tahun. Kenikmatan hidup didunia yang fana ini patut kita syukuri atas karunia dan anugerah bahwasanya sampai saat ini kita masih diberikan kesempatan hidup oleh Allaah SWT untuk menjalankan tugas di dunia ini yang tiada lain adalah untuk beribadah kepada Allah SWT . Adapun cara mensyukuri nikmat ini adalah intropeksi diri ,  muhasabah diri dan memanjatkan bacaan doa akhir tahun dan doa awal tahun dengan doa yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Tujuan berdoa dengan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun adalah agar kita selalu ingat kepada Allah yang menciptakan dan dapat muhasabah diri atas apa yang sudah kita lakukan selama satu tahun 

Sejarah Penetapan Tahun Hijriah.

sejarah digunakannya sistem perhitungan tahun Islam bermula sejak kejadian di masa Umar bin Al-Khattab r.a. waktu itu diperuntukan sebagai penanggalan surat-menyurat untuk para gubernur.

Latar belakang terjadinya penanggalan tahun Hijriah ini bermula ketika wilayah kekuasaan Islam semakin luas dan perbendaharaan (baitul mal) yang memiliki dokumen kurang rapi dengan tidak adanya catatan tanggal yang tidak pasti, karena setiap daerah memiliki tanggalan yang berbeda-beda.

inilah nama-nama Bulan Qamariah penanggalan Hijriah : Muharram, Shafar, Rabi’ul Awal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqa’idah, dan Dzulhijjah.

Tata Cara Pembacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Pembacaan doa akhir tahun ini hendaknya dibaca sebanyak tiga kali pada akhir waktu Ashar tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah (lebih jelasnya untuk melihat kalender guna mengetahui akhir bulan Dzulhijjah). Pembacaan ini dimulai dengan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali kemudian dilanjutkan dengan doa akhir tahun

Sebagaimana hadis yang telah disebutkan di atas, bahwa pada hari terakhir dari bulan Dzulhijjah (hari akhir tahun) disunahkan untuk berpuasa agar seseorang mengakhiri tahunnya dengan ibadah puasa. Dalam suatu hadis disebutkan, “Barang siapa berpuasa pada hari terakhir dari bulan Dzulhijjah dan hari pertama dari bulan Muharram, maka Allah SWT menjadikan (puasa)nya itu sebagai pelebur dosa selama 50 tahun.”

Setelah itu Pembacaan doa awal tahun ini hendaknya dibaca setelah melaksanakan shalat Maghrib (saat itulah tanggal 1 Muharram telah tiba) sebanyak tiga kali, yang dimulai dengan membaca surat Yasin dan kemudian dilanjutkan dengan doa awal tahun.

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Doa Awal Tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya : “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah”.

Doa Akhir tahun

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya : “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

Demikian Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun semoga menjadi