-->

Contoh Susunan Acara Upacara Bendera Hari Senin dan Peringatan Hari Besar Nasional

Contoh-Susunan-Acara-Upacara-Bendera-Hari-Senin-dan-Peringatan-Hari-Besar-Nasional
Contoh Susunan Acara Upacara Bendera Hari Senin dan Peringatan Hari Besar Nasional  Contoh-Susunan-Acara-Upacara-Bendera-Hari-Senin-dan-Peringatan-Hari-Besar-Nasional

Upacara bendera adalah upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan setiap hari-hari besar nasional peringatan HUT RI 17 Agustus atau setiap hari Senin oleh berbagai macam instansi pemerintahan dan pendidikan di Indonesia. Selain prosesi pengibaran bendera, upacara bendera juga meliputi rangkaian prosesi lain, seperti mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, serta amanat dari pembina upacara Pelaksanaan upacara bendera di lembaga pendidikan diwajibkan Pemerintah dalam upaya menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang berjuang dan berkorban untuk kemerdekaan negara republik indonesia yang kita cintai ini, sehingga kita bisa menikmati hasil perjuangan mereka dengan aman dan nyaman . Maka dalam Upacara bendera selalu dikaitkan perjuangan pahlawan bangsa.

Berikut adalah Contoh Susunan Acara Upacara Bendera

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan cotoh yang terdapat dalam susunan upacara, diantaranya adalah.

Pendahuluan
1. Setiap masing -masing pemimpin barisan harus mempersiapkan barisan.Pemimpin barisan harus mengadakan barisan dan merapikan barisan dalam anggota.
2. Pemimpin melakukan pembukaan pada lapangan dan disiapkan.Pemimpin Berjalan menuju tengah lapangan upacara dan menghadap ke peserta upacara.
3. Penghormatan peserta kepada pemimpin dan dipimpin oleh ketua barisan.Seluruh peserta memberi hormat kepada Pemimpin dengan aba-aba dari Pemimpin yang paling kanan.
4. Laporan pemimpin Untuk para pemimpin upacara. Pemimpin Pasukan maju ke depan, dan melaporkan kesiapan Pasukannya. Kemudian Pemimpin mengambil alih pasukannya.
5. Pengatur menghadap ke Pembina untuk memberikan laporan kesiapan pelaksanaan bahwa Upacara Bendera dapat menjemputnya dengan melakukan aba-aba istirahat ditempat


Acara Inti Upacara
1. Pembina melakukan pembukaan dilapangan upacara. Pembina berjalan menuju pembina dan diiringi oleh Pengatur Upacara yang membawa naskah Pancasila, Seluruh Peserta akan dipersiapkan dengan mendengarkan aba-aba.
2. Penghormatan peserta untuk pembina upacara yang dipimpin oleh pemimpin upacaranya. Seluruh Peserta memberikan hormat pada Pembina dengan mengikuti aba-aba dari Pemimpin.
3. Laporan pemimpin untuk pembina dalam persiapan upacara akan dimulai. Pemimpin maju beberapa langkah dengan menghadap pada Pembina untuk memberikan laporan kemudian mundur ketempat semula.
4. Pengibaran Bendera Merah Putih dan diiringi lagu Indonesia Raya.
5. Petugas pengibaran bendera mendekati tiang bendera bersama-sama dan bersiap untuk mengibarkan bendera.
5. Mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina. Para peserta upacara meminta semua peserta dalam untuk menundukkan kepala, dan menyanyikan lagu pahlawan.
7. Pembacaan Undang-Undang Dasar 1945. Pembaca teks pembukaan UUD 1945 dan semua peserta menghadiri upacara.

Pembacaan Janji Siswa
Dibaca oleh petugas lalu diikuti oleh selurh peserta upacara.
1. Pembacaan teks Pancasila dan semua peserta upacara. Membacakan Teks Pancasila
2. Amanah pembina upacara dengan peserta dan diistirahatkan. Kemudian Pembina memberikan sambutan untuk seluruh peserta upacara

Pembacaan doa
Petugas melakukan membacakan do’a, dan seluruh peserta mendengarkan sambil menangkat tangan.
1. Laporan kepada pembina upcara bahwa upacara telah selesai.Pemimpin maju beberapa langkah dan menghadap Pembina kemudian kembali ketempat semula.
2. Penghormatan pembina upacara dan dimpimpin oleh pemimpin upacara.Seluruh Peserta memberikan hormat kepada Pembina Upacara.
3. Kemudian pembina meninggalkan lapangan upacara. Pembuna upacara meninggalkan lapangan upacara bahwa laporan Upacara telah selesai dan dikembalikan ke jajaran petugas.
4. Penghormatan pada pemimpin upacara oleh pemimpin yang paling kanan. Seluruh peserta memberi hormat kepada Pemimpin

Penutupan Upacara
1. Pengumuman – pengumuman Masing-masing Pasukan mengistirahatkan pasukannya
2. Upacara selesai dan barisan dibubarkan.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bisa membantu dan dijadikan bahan referensi kita semua, sekian dan terima kasih

Demikian Contoh Susunan Acara Upacara Bendera Hari Senin dan Peringatan Hari Besar Nasional