-->

Cara Memotivasi Diri Sendiri dan Kata-kata Motivasi Hidup Saat Menghadapi Masalah di Masa Sulit

Cara Memotivasi Diri Sendiri dan Kata-kata Motivasi Hidup Saat Menghadapi Masalah di Masa Sulit 

Cara Menghadapi Masalah di Masa Sulit - Motivasi adalah sebuah rangkaian kata-kata nasehat bijak yang dapat membangkitkan semangat hidup dimasa sulit dan kesusahan agar menambah kekuatan kesabaran dan semangat serta perjuangan saat menghadapi tantangan kehidupan. 

Memotivasi diri sendiri adalah cara terbaik untuk menghadapi Kesusahan dan Masalah di Masa Sulit dalam menjalani kehidupan. Sebab, akan ada fase dalam kehidupan seseorang di mana akan menemukan masalah sulit dan tidak bisa menghindari situasi yang tidak mengenakkan.

Dalam menjalani hidup di dunia ini. Kejadian yang sudah pernah di alami adalah sebuah pembelajaran berharga. Andaikan seseorang menyediakan sedikit waktu untuk mengingat-ingat sejenak kehidupannya dimasa silam niscaya pengalamannya akan bertambah. Motivator sejati adalah pengalaman dimasa lalu. Kejadian lampau adalah guru yang baik untuk membuat hidup menjadi lebih berkualitas dan berdaya juang tinggi.

Sebuah motivasi dihasilkan dari suatu rentetan kejadian sulit yang pada akhirnya membuat kita memahami tentang sesuatu dan lain hal untuk memaknai kehidupan ini. Ini tidaklah efektif bila hanya dibaca, didengarkan dan dilihat saja. Melainkan “praktek lebih baik dari pada teori.” Artinya, saat anda sedang mengalami masalah/ tekanan kehidupan/ penderitaan, itulah saat yang tepat untuk memulai latihan dan mengasah kemampuan memotivasi diri sendiri. Jadi, jangan pernah mengeluh saat pergumulan hidup mendatangi anda tetapi pandanglah itu sebagai sebuah kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mengertikan situasi, memahami orang orang lain dan bertahan di tengah rasa sakit tanpa harus kembali menyakiti (tidak membalas rasa sakit dengan rasa yang sama).

Baca Juga : kumpulan kata-kata mutiara terbaik dan kata-kata motivasi bijak mario teguh

Sebagai manusia yang menjalani kehidupan tentunya kita tidak lepas dari berbagai macam masalah. Masalah memang tidak bisa diprediksi dan terkadang datang dalam berbagai macam bentuk yang senantiasa membuat hidup kita semakin sulit baik secara fisik maupun mental. Terkadang kita membutuhkan kata-kata motivasi hidup dari orang-orang terdekat kita untuk senantiasa membuat hidup kita lebih semangat.

Layaknya roda kehidupan yang terus berputar, terkadang kita sering merasa masalah yang kita hadapi berat dan membuat kita berpikir bahwa masalah tersebut tidak akan berlalu. Namun percayalah, semua hal di dunia ini tidak ada yang permanen dan suatu saat akan berlalu termasuk masalah kita.

Agar masalah kita cepat terselesaikan dan hidup tidak terbebani, ada baiknya kita sebagai manusia selalu mencoba terus berpikir positif dan menjauhkan diri dari pikiran negatif yang timbul dari masalah tersebut. Memang rasanya sulit untuk berpikir positif ketika sedang tertimpa masalah, namun perlu diingat dengan berpikir positif kita mampu mengambil hikmah dan pelajaran dari masalah yang sedang kita alami. Bahkan dengan bersikap positif, kita bisa tetap tenang dalam menghadapi masalah yang muncul dan mencari solusi yang terbaik dalam menyelesaikannya.

Berikut ini adalah Cara Memotivasi Diri Sendiri dan Kata-kata Motivasi Hidup Saat Menghadapi Masalah di Masa Sulit agar bisa membantu berpikir lebih positif.


Baca Juga : Kata-Kata Motivasi Ketika Hatimu Sulit untuk Memaafkan Kesalahan Orang Lain

1. Jangan Melarikan Diri dari Masalah, Hadapi dengan Tenang

Hal pertama yang harus diingat ketika masalah datang adalah “setiap orang pasti akan menghadapi masalah dan setiap masalah yang datang pasti diselesaikan”. Tarik nafas yang panjang, tenangkan diri dan hadapi permasalahan tersebut dengan hati dan pikiran yang tenang. Yakinlah bahwa kita bisa menghadapinya

2 Jadikan Rasa Kecewa dan Frustasi sebagai Bahan Utama Motivasi.

Daripada pusing tujuh keliling memikirkan kegagalan kita, lebih baik menjadikan rasa kekecewaan dan frustasi kita sebagai bahan bakar yang dapat memotivasi kita untuk terus maju dan berusaha. Itu lebih baik, bukan?

3. Berusaha untuk Tetap Bersabar, Bersabar dan Bersabar.

Pernah dengar kan kalau orang sabar pasti disayang Tuhan? Yap! Kesabaran adalah ekspresi tulus dari kepercayaan, penerimaan, ketenangan, dan keyakinan pada kemampuan diri sendiri. Dengan terus bersabar, ini menandakan bahwa kita adalah seorang yang kuat dan pantang menyerah.


4. Berhenti Membandingkan Keadaan Diri Sendiri dengan Kemajuan Orang Lain.

Ini memang hal yang sering terjadi dalam kehidupan kita. Ketika orang lain memiliki nasib yang lebih baik daripada kita, secara otomatis kita langsung membandingkan pencapaian diri sendiri dengan pencapaian orang lain. Yuk, mulai dari sekarang kita berhenti melakukan ini. Karena membandingkan hanya akan membuat keadaan semakin rumit dan kita semakin tidak bersemangat.


5. Kalau Orang Lain Bisa Melewati Masa-Masa Sulit, Mengapa Saya Tidak?

Meskipun setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda di dalam hidup, namun semua orang bisa bersikap tekun dan pantang menyerah untuk menghadapi segala kesulitan yang mereka miliki. Coba tanamkan di dalam diri kita “Jika orang lain bisa melalui semua permasalahan mereka, mengapa saya tidak bisa? Saya pasti bisa!”

6. Semua Masalah pasti akan berlalu

Percayalah bahwa tidak akan ada masalah atau kesulitan yang terjadi selama-lamanya. Semuanya akan berakhir dan semua kesedihan akan tergantikan dengan kebahagiaan. Meskipun permasalahan lain akan datang, namun kita akan menjumpai permasalahan selanjutnya dengan mental yang lebih kuat. Jadi, jangan takut untuk menghadapi setiap permasalahan yang ada.

Baca Juga : kumpulan kata-kata mutiara dan bijak penuh motivasi hidup

7. Kerjakan dengan Lebih dan Sepenuh Hati

“Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan” Selalu ikhlas bekerja daripada apa yang dibayarkan kepada Anda saat ini, maka Anda akan meraih sebuah hasil yang berlipat ganda pada masa mendatang. Buat komitmen mulai hari ini untuk selalu memberikan yang terbaik, apa pun yang Anda kerjakan setiap hari.

8. Lakukan Apa yang Membuatmu Bahagia

Sadari kekuatan, talenta, dan minat terbaik dalam diri Anda dan jangan tergoda untuk mengurusi kelebihan dan kekuatan orang lain. Fokuskan energi Anda untuk menjadi yang terbaik di bidang Anda. Telusuri minat dan lakukan hal-hal yang Anda sukai dengan ikhlas dan terus belajar. Bila perlu tanyakan pendapat orang-orang terdekat Anda karena mungkin mereka mengetahui kekuatan yang mungkin tidak Anda sadari.

9. Jangan Pernah Menyerah Apapun yang Terjadi

Terkadang tantangan dalam hidup kita bisa dibilang “biasa” bila dibandingkan tantangan yang dialami oleh orang lain yang terus berusaha lebih keras dari kita menghadapi masalah yang lebih besar. Semua usaha yang Anda lakukan tidak akan sia-sia asalkan Anda tidak menyerah dan mampu menghadapinya sampai akhir. Jangan sampai berhenti berusaha karena Anda berpikir bahwa usaha Anda akan sia-sia. Ingat bahwa masih banyak orang-orang di luar sana yang memiliki masalah lebih berat dari Anda namun tidak pernah menyerah untuk menghadapinya.


10. Syukuri dan Hargai Hal-Hal yang Anda Miliki

Selalu hargai dan jangan anggap remeh hal-hal terdekat yang Anda miliki seperti orang tua, saudara dekat, maupun sahabat-sahabat terdekat Anda. Tanpa dukungan dan kehadiran mereka hidup Anda mungkin akan menjadi hampa. Jangan lupa kesuksesan dan kenikmatan hidup hanya bisa tercapai karena dukungan dari orang-orang di sekitar Anda. Selalu hargai keberadaan mereka dan berilah perhatian selagi masih bisa.

11. Nikmati dan Hargai Perubahan dalam Kehidupan

Perubahan adalah sesuatu yang memang terkadang menakutkan, membuat kita tidak nyaman, bingung, dan sulit untuk beradaptasi. Akan tetapi perubahan perlu dilakukan bila Anda ingin berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan tahan banting. Seringkali perubahan lingkungan menjadi salah satu faktor utama mengapa perubahan terkadang datang tanpa kita sadari dan kita dituntut untuk menjadi seseorang yang mampu beradaptasi. Berubahlah sekarang selagi masih sempat, fokuskan perhatian Anda pada hukuman yang akan Anda terima pada masa mendatang jika tidak mengambil tindakan sekarang.

12. Keraguan adalah Musuh Terbesar dalam Meraih Mimpi

Keragu-raguan adalah musuh utama dari kesuksesan. Seringkali sebagai manusia kita merasa biasa-biasa saja karena tidak berhasil menjelaskan keragu-raguan di dalam pikiran kita. Untuk menjadi seorang juara, kita perlu membiasakan pikiran kita sebagai kekuatan yang tak terkalahkan. Selalu berpikir positif dan laksanakan tindakan yang ada dalam pikiran Anda apapun hasilnya. Jangan jadikan keraguan berpikir sebagai batasan Anda untuk mengembangkan diri dan mengukir prestasi dalam kehidupan.


13. Memaafkan Membuat Anda Menjadi Pribadi yang Semakin Kuat

Sikap memaafkan orang-orang yang pernah bersalah pada kita adalah sikap yang dimiliki oleh orang-orang yang berkarakter kuat. Tindakan memaafkan adalah sebuah tindakan dari seseorang untuk melupakan kesalah orang lain. Dengan memaafkan, kita telah meringankan pikiran, tenaga, dan waktu kita. Dendam atau kebencian merupakan hal yang dapat menghambat kemajuan kita dalam hidup. Jangan diam dan berpikir bahwa waktu akan menyembuhkan hati yang terluka, karena Andalah satu-satunya yang berhak melupakan dan mengampuni siapapun yang bersalah pada Anda. Banggalah pada diri Anda bila mampu memaafkan orang lain karena memaafkan adalah tindakan orang kuat.

14. Selalu Lakukan Perubahan Kecil ke Arah yang Lebih Baik

Sekecil apapun perubahan yang Anda lakukan asalkan ke arah yang lebih baik akan membantu hidup Anda menjadi lebih baik. Dengan melakukan perubahan kecil secara rutin dan dengan usaha yang tulus akan membuat sebuah perubahan yang besar pada kehidupan Anda dibandingkan tidak melakukan perubahan sama sekali. Ingat bahwa sekecil apapun tindakan yang membuat kehidupan Anda semakin positif akan membawa dampak besar di masa depan.

15. Tantangan dan Masalah Merupakan Bahan Bakar Kesuksesan

Selalu ingat bahwa tiap tantangan dan masalah yang Anda hadapi akan membuat Anda semakin kuat dan berpengalaman. Setiap kegagalan dan masalah yang telah dialami merupakan guru yang paling baik dalam menuju kehidupan yang lebih baik. Terima semua masalah yang muncul dalam kehidupan Anda, jangan mengeluh, dan selalu lihat dari sisi terbaik dari apapun yang dihadapi. Semakin banyak masalah dan tantangan yang dihadapi semakin banyak pengetahuan dan kemampuan yang akan didapat untuk pengembangan diri menuju kesuksesan.


16. Dengarkan dan Selalu Beri Perhatian Penuh dalam Hidup

Jika Anda ingin menjadi seseorang yang spesial dalam hidup, cobalah belajar untuk menjadi pendengar yang baik. Dengarkan dan pahami setiap orang yang bercerita dan berbicara kepada Anda dan selalu berikan perhatian. Hal ini akan membuat mereka merasa diperhatikan dan dihargai. Menjadi pendengar dan pemerhati yang baik akan membuat Anda belajar banyak hal dan disukai oleh orang banyak dimanapun Anda berada.

15. Selalu Bersikap Sopan dan Baik dalam Hidup

Sikap yang tulus kepada sesama tanpa membeda-bedakan akan memberikan Anda imbalan yang besar di kemudian hari, mungkin bisa berkali-kali lipat. Bila Anda ingin merasakan perbuatan positif dalam hidup, bersikaplah dengan sopan dan baik dalam hidup pada siapapun. Ingat bahwa perilaku baik akan mencerminkan kepribadian yang baik pula.

16. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Saat menginginkan suatu hal yang belum pernah kita miliki. Anda harus melakukan sesuatu yang baru, dalam kata lain melakukan terobosan. Sehingga, jalan untuk mendapatkan keinginan tersebut akan semakin terbuka.

17. Masalah Memberikan Anda Kekuatan

Seringkali saat mengalami pergumulan, Anda merasa putus asa. Namun, ternyata dibalik semua itu pergumulan tersebut dapat memberikan kekuatan. Maka tegarlah saat dihadapkan dengan berbagai masalah, karena hal itu yang akan menjadikan Anda pribadi yang kuat.

18. Jangan Terlalu Mendengarkan Perkataan Orang Lain

Banyak di antara kita yang masih sering mendengarkan perkataan atau opini orang lain. Seringkali, opini tersebut mempengaruhi diri sehingga apa yang dilakukan tidak sesuai dengan kata hati. Karena terlalu sering mendengarkan opini orang lain tentu tidak baik.


19. Jangan Biarkan Mimpi Anda Direnggut Orang Lain

Apabila Anda memiliki mimpi berusahalah untuk selalu menggapainya. Sekecil apapun mimpi tersebut, tentu akan memberikan makna tersendiri dalam kehidupan. Maka jangan pernah menyerah untuk memperjuangkan mimpi Anda.


20. Selalu Berpikir Positif dan Bersyukur

Tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya hal tersebut. Karena saat memulai hari dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur, semua akan terasa lebih ringan. Saat banyak rintangan di depan, hati pun tetap bisa merasakan kebahagiaan.


21. Capai Kesuksesanmu

Semua orang pasti ingin sukses. Namun, kesuksesan tidak dapat diraih secara cuma-cuma, perlu ada usaha untuk mendapatkannya. Maka dari itu, jangan hanya menunggu dan berharap kesuksesan mendatangi Anda. Lakukanlah sesuatu, berusaha dengan giat, dan raih kesuksesan tersebut.


22. Janganlah Cepat Puas dengan Apa yang Didapatkan

Saat kita terus melakukan suatu hal atau pekerjaan yang biasa dilakukan. Maka, kita juga akan mendapatkan hasil yang sama seperti apa yang biasa didapatkan. Oleh karena itu, ketika Anda menginginkan sesuatu yang lebih atau tidak puas dengan apa yang didapatkan sekarang, segera lakukan suatu hal yang berbeda.


23. Semua Butuh Kesabaran

Mungkin di antara Anda, seringkali merasa hidup seperti ini saja. Bahkan, kebutuhan atau keinginan yang dimiliki tak kunjung terealisasikan. Namun, jangan pernah menyerah. Tetap berusaha dan sabar karena hal-hal luar biasa sudah menanti Anda di depan. Apa yang sudah dilakukan tidak akan sia-sia.


24. Tidak Ada Kehidupan yang Buruk

Jika satu hal buruk menimpa Anda di hari ini, jadikanlah pelajaran. Jangan pernah menganggap bahwa semua terjadi karena hidup Anda selalu ditimpa kesialan. Jangan selalu menjadikan hal kecil untuk menyalahkan kehidupan Anda karena Tuhan YME tidak pernah memberikan kehidupan buruk bagi umatnya.


25. Selalu Optimis

Banyak hal yang sering membuat seseorang merasa pesimis. Padahal rasa pesimis tersebut tidak baik jika dibiarkan terus menerus dan bisa membuat Anda semakin terpuruk bahkan sulit untuk bangkit kembali. Maka dari itu, ingatlah untuk selalu optimis. Karena hal inilah yang menuntun Anda ke hal-hal yang ingin dicapai.


26. Jadikan Diri Lebih Baik dari Masa Lalu

Jangan pernah sekalipun membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena setiap orang memiliki jalan yang berbeda, tidak sama. Mungkin di balik kesuksesan orang lain tersebut, ada banyak rintangan dan kesulitan yang pernah ia lewati. Oleh karena itu, bandingkanlah diri dengan "pribadi yang kemarin" karena dengan begitu Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

27. Jangan Bertahan di Zona Nyaman

Setiap orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita yang besar tetapi butuh usaha untuk menggapai itu semua. Oleh karena itu, jangan pernah bertahan di satu titik ternyaman di mana Anda merasa akan selalu aman berada di posisi tersebut. Sebab pada kenyataannya tidak seperti itu, Anda harus berani keluar dari zona nyaman tersebut untuk mengambil lebih banyak kesempatan.

28. Lakukan Semua yang Terbaik dari Sekarang

Jangan pernah membuang waktu Anda, lakukan berbagai hal penting mulai dari sekarang. Seperti, belajar berbagai hal baru, berinvestasi, membuka bisnis, dan lain sebagainya. Dengan banyak belajar dan mencoba banyak hal hari ini, dijamin tidak akan ada penyesalan di masa depan bahkan Anda akan berterima kasih dengan diri sendiri.

29. Dorong diri Sendiri

Dorong diri Anda untuk terus maju, menjadi pribadi yang lebih baik, dan hal-hal baik lainnya. Jangan pernah mengandalkan atau berharap kepada orang lain karena tidak ada orang yang akan mendorong Anda agar semakin maju selain diri sendiri.

30. Percaya pada diri sendiri

Percaya terhadap diri sendiri adalah sebuah keharusan. Rasa percaya pada diri tersebut akan membuat Anda menjadi pribadi yang kuat dan pantang menyerah. Rasa tersebut juga yang akan menjadi motivasi Anda untuk terus melangkah ke depan. Jadi, mulai dari sekarang, jangan lupa untuk selalu mempercayai diri sendiri.

Artikel Terkait Lainnya


Demikian Cara Memotivasi Diri Sendiri dan Kata-kata Motivasi Hidup Saat Menghadapi Masalah di Masa Sulit, semoga bermanfaat.