-->

Cara Membuat Pola Dasar Rok Span Wanita untuk Penjahit Pemula

Cara-Mudah-Membuat-Pola-Dasar-Rok-Span-WanitaCara Membuat Pola Dasar Rok Span Wanita untuk Penjahit Pemula

Rok Span adalah Bagian Pakaian wanita bawahan yang mana rok bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga bagian bawah rok akan terlihat lebih kecil dari pada garis lingkar panggul. Rok span sering dipakai untuk pasangan blus atau jas dan blazery ang dipakai untuk busana kerja

Untuk Sobat sobat Penjahit Pemula yang sedang belajar menjahit  kalau mau praktek itu membuat rok span mulai dari yang gampang-gampang saat mulai belajar menjahit agar semakin berlatih praktik menjahit semakin mahir. 

Keterangan pola rok muka

Menggambar pola rok dimulai dari titik A.

A - B = panjang rok.
A - C = tinggi panggul.
A - A1 = ¼ lingkar pinggang ditambah 4 cm ( 3 cm untuk besar lipit kup, 1 cm untuk membedakan ukuran pola muka degan pola belakang).

A1 - A2 = 1,5 cm.

Hubungkan A dengan A1 seperti gambar (garis pinggang).

A - D = 1/10 lingkar pinggang.
D - D1 = 3 cm.

Pada garis tengah antara D dan D1 dibuat garis lurus sampai batas garis C dengan C1(garis panggul).

D - D1 = 12 cm.
C - C1 = ¼ lingkar panggul ditambah 1 cm.
B - B1 = C - C1.
B1 - B2 = 3 cm.
B2 - B3 = 1,5 cm.

Hubungkan A1 dengan C1 membentuk garis pinggul dan dari C1 ke B3.
Hubungkan B dengan B3 seperti gambar (garis bawah rok).

Keterangan pola rok belakang

Menggambar pola rok bagian belakang sama dengan cara meggambar pola rok bagian muka. Bedanya hanya terletak pada ukuran lingkar pinggang dan lingkar panggul. Ukuran lingkar pinggang dan ukuran lingkar panggul pola bagian muka lebih besar 2 cm dari pada pola bagian belakang.

Tetapi bentuk garis sisi, garis pinggang dan garis bawah rok sama dengan pola rok bagian muka. Untuk itu maka pola rok bagian belakang dibuat dari pola rok bagian muka. Untuk membedakannya cukup dengan memindahkan garis tengah muka sebesar 2 cm dengan cara mengukur dari A ke E sama dengan dari B ke F yaitu 2 cm, hubungkan titik E dengan F dengan garis lurus (garis tengah belakang).

Jika ingin memiliki pola bagian muka dan pola bagian belakang pada kertas yang berbeda, sebaiknya salah satu dari pola rok dipindahkan. Sebaiknya pola yang dipindahkan itu adalah pola bagian belakang, dengan demikian pada pola rok bagian muka juga terdapat pola bagian belakang. Didalam memindahkan pola perlu diperhatikan garis tengah belakang pola mesti dalam posisi lurus, garis pinggang dan garis sisi rok bentuknya mesti sama dengan yang asli.

Demikian Cara Membuat Pola Dasar Rok Span Wanita untuk Penjahit Pemula, semoga bermanfaat.