-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CONTOH TEKS NASKAH PIDATO SAMBUTAN ACARA KHITANAN SUNATAN WALIMATUL KHITAN



CONTOH-TEKS-NASKAH-PIDATO-SAMBUTAN-ACARA-KHITANAN-SUNATAN-WALIMATUL-KHITAN
CONTOH TEKS NASKAH PIDATO SAMBUTAN ACARA KHITANAN SUNATAN WALIMATUL KHITAN  CONTOH-TEKS-NASKAH-PIDATO-SAMBUTAN-ACARA-KHITANAN-SUNATAN-WALIMATUL-KHITAN

PIDATO SAMBUTAN ACARA KHITANANKhitan ( Sunatan ) adalah sunnahnya Nabi Ibrahim dan para nabi setelahnya, untuk itu walimatul khitan bagi anak- anak muslim adalah hal wajib sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah SWT karena dalam khitan banyak sekali manfaat untuk kebersihan dan kesehatan. Kali ini tipstriksib akan memaparkan terkait walimatul khitan berupa Contoh Teks Naskah Pidato dalam walimatul khitan sebagai referensi bagi Bapak Ibu yang akan melaksanakan Walimatul Khitan;

Berikut adalah Contoh Teks Naskah Pidato Sambutan Acara Khitanan Sunatan Walimatul Khitan 

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Alhamdulillaah, Alhamdulillaahi robbil ‘alamin wa bihii nasta’ain ‘alaa umuwriddunya waddin wassholatu was salamu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihii wa sohbihi ajma’in. Ammaa ba’du.

Yang kami hormati sohibul bait (keluarga besar bapak …… yang berbahagia) yang kami hormati para alim ulama, para hujaj, para asatid, bapak-bapak, ibu-ibu dan Hadirin-hadirat sekalian Mudah-mudahan selalu dipanjangkan umurnya, dimudahkan urusannya, dianugrahkan rezeki yang halal yang berlimpah yang berkah  untuk beribadah kepada Allah SWT Aminn..

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita beribu-ribu macam nikmat, berjuta-juta macam nikmat, sehingga apabila ranting-ranting di seluruh dunia dijadikan sebagai penanya dan seluruh air laut dijadikan sebagai tintanya niscaya tidak akan bisa, tidak akan sanggup menghitung nikmat Allah yang sangat banyak. Subhaanallah..

Kedua Sholawat beserta salam marilah kita transfer, kita sms kepada idola kita, junjungan kita, panutan kita, suri tauladan kita,  Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari zaman onta hingga zaman mobil Toyota, betul bu.. dari zaman gelap gulita hingga zaman kijang inova, betul pak.. dari zaman edan hingga zaman mobil sedan, betul penonton… dan dari zaman minuman dan judi hingga zaman mobil merci.

Hadirin sekalian yang dimuliakan Allah.

Rosulullah SAW bersabda:

بلّغوا عنّي ولو اية

Sampaikanlah kepadaku walau satu ayat

Jadi, para hadirin hadirat, bapak-bapak, ibu-ibu sekalian, ijinkanlah saya berdiri di sini, untuk bermuwajahah, bersilaturrahmi, untuk menyampaikan suatu hikmah, ilmu, walau pun hanya sedikit, yang mudah-mudahan dengan izin Allah SWT bisa berguna, bermanfaat, dan bisa kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.. amiin.

Kemudian kata hikmah dalam alfiyah mahfudzot dikatakan:

انظر ما قال ولا تنظر من قال

Lihatlah/amalkanlah apa yang dikatakan, kalau toh perkataannya itu ilmu, baik. Tapi jangan sekali-kali kamu melihat orang yang mengatakannya.

bu… pak… maaf-maaf nih!! tahu ngga ayam?? Tahu ngga telur??  Yah klo ngga tahu mah, sungguh terlalu!! Nah telur walaupun keluarnya dari …. Maaf!!  dubur pantatnya ayam. Tetapi selama yang keluar itu berguna, bermanfaat, menyehatkan!! Ambil!!  Pake!!  Gunakan!!  tapi kalo yang keluarnya selain telur, mana bau, encer lagi!! Jangan dicomot, jangan diambil, apa lagi sampe dikantongin… kata bang H. Roma, terlalu!!!

Para jamaah sekalian yang dimuliakan Allah SWT

Pada malam yang mudah-mudahan diberkahi Allah SWT, pada acara walmatul I’dzar, walimatul khitan ini, saya menyampaikan sepatah kata, secuil ilmu, setetes hikmah, yang bertemakan:

Keutamaan Khitan dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

Kata khitan dalam bahasa Arab adalah tindakan memotong kulit yang menutupi ujung alat kelamin pria, yang dalam bahasa Arabnya disebut sebagai qulfah, dalam bahasa betawi mah disebut quluf, dalam bahasa jawa disebut sebagai selam, dan khitan dalam bahasa Indonesia disebut sunat. Jadi klo misalnya gaji bulan ini disunat, mungkin makna sama dengan dikhitan, hehehe.

Khitan merupakan ajaran Islam, warisan Nabi Ibrahim. Namun agama-agama selain islam, nasrani dan yahudi sebenarnya juga mengajarkan pemeluknya, untuk melaksanakan khitan ini.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dinyatakan, “Nabi Ibrahim melaksanakan khitan ketika berumur 80 tahun dengan menggunakan kapak.” Jadi, klo sekarang bapak-bapak, para pemuda, anak-anak, ncang, ncing, enya, babeh, kita wajib bersyukur, kenapa kita wajib bersyukur??? karena sekarang dikhitan, ngga pake kampak lagi, coba klo dikhitan masih pake kampak. Yang dikhitan, bisa pada kabur men!!  Bisa Ngaciiir coy!! Bisa Ngibrit mabro!! Pa lagi orang jepang yang muallaf, baru masuk islam, bisa-bisa ngga jadi masuk islam, orang pake bambu runjing aja takut, apalagi pake kampak…hehe.

Para hamba Allah kekasih Rosulullah..

Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu ia berkata : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda :

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَاْلاِسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّرِبِ وَتَقْلِيمُ اْلأَضْفَارِ وَنَتْفُ اْلآبَاطِ

(Artinya) : “Fitrah itu ada lima, yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku dan mencabut bulu ketiak.”

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam kepada Ummu ‘Athiyah radiyallahu ‘anha (seorang wanita juru khitan) :

Artinya:

“Khitanlah (anak-anak perempuan), tetapi jangan dipotong habis! Karena sesungguhnya khitan itu membuat wajah lebih berseri dan membuat suami lebih menyukainya”.

Alhamdu… lillah, subhaa… nallah, Allah.. hu akbar… cakepp!!

Nah klo itu mah.. bapak-bapak yang lebih tahu dah.. yang udah pada ngerasain dah.. klo saya mah ngga tahu gitu-gituan masih kecil, kencing aja belum lurus…

Hadirin hadirat awas kejedot..

Hukum khitan untuk lelaki ada yang berpendapat wajib dan juga ada yang berpendapat sunah.

Menurut jumhur (mayoritas ulama), hukum khitan bagi lelaki adalah wajib. Para pendukung pendapat ini adalah imam Syafi’i, Ahmad, dan sebagian pengikut imam Malik. Imam Hanafi mengatakan khitan wajib tetapi tidak fardlu.

Adapun dalil-dalil yang dijadikan landasan para ulama yang mengatakan khitan wajib diantaranya adalah:

1. Dari Abu Hurairah Rasulullah s.a.w. bersabda bahwa nabi Ibrahim melaksanakan khitan ketika berumur 80 tahun, beliau khitan dengan menggunakan kapak. (H.R. Bukhari). Nabi Ibrahim melaksanakannya ketika diperintahkan untuk khitan padahal beliau sudah berumur 80 tahun. Ini menunjukkan betapa kuatnya perintah khitan.

2. Kulit yang di depan alat kelamin terkena najis ketika kencing, kalau tidak dikhitan maka sama dengan orang yang menyentuh najis di badannya sehingga sholatnya tidak sah. Sholat adalah ibadah wajib, segala sesuatu yang menjadi prasyarat sholat hukumnya wajib.

sedangkan hukum khitan bagi perempuan telah menjadi perbincangan para ulama. Sebagian mengatakan itu sunnah dan sebagian mengatakan itu suatu keutamaan saja dan tidak ada yang mengatakan wajib.

Mudah-mudahan dengan dikhitannya ananda kita ini, yaitu dengan menjalankan ajaran islam. Amaliah nabi Ibrahim. Mengikuti perintah Allah dan suri tauladan Rosulullah. Mudah-mudahan dijadikan anak yang sholeh, amin.. anak yang berbakti kepada kedua orang tua, amiin.. anak yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Amiin-amin ya robbal alamin

Para jamaah sekalian yang dimuliakan Allah
Setelah saya menyampaikan ceramah tadi, saya dapat menggaris bawahi dan mengambil kesimpulan Bahwa jadikanlah Rosulullah SAW sebagai suri tauladan kita dan jadikan akhlakul karimah sebagai perangai kita serta tanamkan akhlak budi pekerti kepada generasi kita .

Jika pedang lukai tubuh
Masih ada harapan sembuh
Jika lidah lukai hati
Entah kemana obat dicari

Melalui mimbar yang mulia ini, saya mohon dibukakan pintu ma’af apabila terdapat kekhilafan dan kesalahan dalam kata dan ucapan. Karena manusia tidak pernah terlepas dari salah dan lupa.

Daging semur pakai bawang
Lalap kacang panjang dicocol sambal terasi
Kalau ada umur kita panjang
Insya Allah… di tempat yang mulia ini kita berjumpa lagi

Wallohu muwaffiq ilaa aqwamitthoriq Wabillahittaufik Walhidayah Warridho wal inayah Wassalaamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh



Related : CONTOH TEKS NASKAH PIDATO SAMBUTAN ACARA KHITANAN SUNATAN WALIMATUL KHITAN

clear'/>