-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CONTOH TEKS NASKAH PIDATO KATA SAMBUTAN ACARA KHITBAH LAMARAN PIHAK WANITA



CONTOH-TEKS-NASKAH-PIDATO-KATA-SAMBUTAN-ACARA-KHITBAH-LAMARAN-PIHAK-WANITA
Khitbah atau lamaran meminang adalah sebuah permintaan atau pernyataan dari laki-laki kepada pihak wanita / perempuan untuk menikahinya dalam membangun rumah tangga, baik dilakukan oleh pihak laki-laki secara langsung maupun dengan perantara pihak lain yang dipercayai sesuai dengan ketentuan agama

Abdullah Ibnu Mas'ud Radhiallaahu 'anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda 

"Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu."

Muttafaq Alaihi..

Berikut adalah Contoh Teks Naskah Pidato Kata Sambutan Pihak Wanita Acara Khitbah Lamaran

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Alhamdulillaah, Alhamdulillaahi robbil ‘alamin wa bihii nasta’ain ‘alaa umuwriddunya waddin wassholatu was salamu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihii wa sohbihi ajma’in. Ammaa ba’du.

Yang kami hormati sohibul bait dan sohibul hajat keluarga besar pihak wanita bapak ….. dan Istri Ibu ….

Yang kami hormati keluarga besar pihak pria bapak ….. dan istri ….. beserta rombongannya.

Dan yang berbahagia saudari …… dan juga saudara …..

Puji syukur kita ucapkan kehadirat ilahi robbi Allah SWT atas segala rahmat taufik hidayah yang diberikan kepada kita dan juga atas segala nikmat-nikmatnya wabil khusus yaitu ni’matul iman, ni’matul islam dan tidak lupa pula ni’matus sihhah wal ‘afiyah. Berkat nikmat tersebutlah kita semuanya bisa hadir di tempat ini yang in sya Allah dimuliakan Allah SWT. Mudah-mudahan berkumpulnya kita di tempat ini karena menjalankan sunnah ajaran rosulullah SAW yaitu Khitbah (lamaran) Allah SWT akan memberikan keberkahannya untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Sholawat ma’as salam senantiasa kita sampaikan kepada pemimpin umat islam, pemimpin akhir zaman penegak keadilan, pendobrak kebathilan, kekasih orang beriman, habibina wa syafiiyna wa qurroti a’yunina sayyidaa Muhammadin SAW para keluarganya, para sohabatnya dan kita selaku umatnya hingga akhirul zaman.

Hadirin Hadirot yang berbahagia

Saya mewakili atau pun atas nama keluarga besar bapak …. Dan ibu …. Selaku pihak Wanita Menyampaikan “Ahlan wa Sahlan” selamat datang kami ucapkan atas kehadiran atau pun kedatangan keluarga besar bapak ….. dan ibu ….. beserta semua rombongan dan calon besan saudara ….. di kediaman kami yang cukup sederhana ini. Syukur Alhamdulillah perjalanannya lancar tanpa halangan dan sampai tepat waktu. Terus terang memang kedatangan bapak ibu dan rombongan serta calon besan telah kami tunggu-tunggu dan kami nantikan khususnya saudari ….. yang sejak dari tadi sudah gelisah perihal menunggu kedatangan sang kekasih tercinta dan tersayang.

Kemudian perihal maksud dan tujuan yang telah disampaikan, saya mewakili keluarga besar bapak …. Dan ibu …. Sangat menerima kehadiran bapak ibu beserta rombongan yang berniat untuk ta’aruf berkenalan antara kedua keluarga besar serta untuk menjalin silaturrahim agar hubungan kedua kelarga besar semakin erat dan baik. Mudah-mudahan kehadiran dan kedatangan bapak ibu beserta rombongan menambah kebaikan dan keberkahan bagi keluarga besar kami dan bagi kita semuanya.

Selanjutnya menjawab dari pada tujuan dan maksud dari keluarga besar pihak pria atau calon besan yaitu bapak …. Dan ibu …. Yang berniat ingin mengkhitbah ataupun melamar putri kami saudari ….. bin …. Saya mewakili ataupun atas nama bapak ….. dan ibu …. Menerima dengan tulus dan baik khitbah lamaran saudara …. Putra dari bapak …. Dan ibu …. Mudah-mudahan menjadi keberkahan buat kedua keluarga besar dan mudah-mudahan segera berlanjut ke pelaminan dengan mudah lancar tanpa halangan. Amin.

Kemudian kelanjutan pembicaraan mengenai waktu acara aqad nikah dan prosesi pernikahan mungkin nanti akan dibicarakan dimusyawarahkan intern keluarga pada lain waktu sesuai dengan kesepakatan dua keluarga besar.

Terakhir sebelum kami tutup pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang” ta’aruf perkenalan keluarga besar kami agar terjalin baik hubungan antara dua keluarga besar ini. Izinkanlah kami memperkenalkan satu persatu keluarga besar bapak …. Dan ibu ….. (diperkenalkan satu persatu kelurga besar pihak pria, mulai dari orang tua, saudara. Dll)

Yang terakhir tidak ada gading yang tak retak kami mewakili keluarga besar bapak …. Dan ibu …. Beserta rombongan. Mohon maaf yang seluas-luasnya atas sambutan penerimaan kami yang kurang dan tidak memuaskan. Mulai dari tempat yang sederhana dan jamuan yang seadanya. Kami juga memohon maaf atas ketidak sopanan atau pun kekhilafan dari mulai tingkah laku, dan perkataan yang kurang berkenan sekali lagi mohon dibukakan pintu maaf yang setulus tulusnya.

Terima kasih atas segala perhatian

Mohon maaf atas segala kekhilafan dan kesalahan.

Wa billahit taufik wal hidayah war ridho wal ‘inayah

Wassalaamu ‘alaikum wr wb



Contoh Teks Naskah Pidato Kata Sambutan Pihak Wanita Acara Khitbah Lamaran 2

Yang Terhormat Bpk. (nama ayah dari calon mempelai laki-laki) beserta ibu (nama ibu dari calon mempelai laki-laki) dan seluruh keluarganya, serta segenap tamu undangan yang turut berbahagia pada hari ini.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak, Ibu, serta saudara dan saudari. Semoha Allah SWT selalu melimpahi kita semua dengan berkah, cinta kasih dan rahmatnya. Semoga Allah senantiasa meridhoi silahturahmi yang kita jalin pada hari ini.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, Insya Allah kami mewakili Bpk. (nama ayah calon mempelai perempuan) dan istri untuk menyampaikan jawaban dari apa yang telah disampaikan oleh ananda (nama calon mempelai laki-laki) beserta keluarga.

Ketahuilah Bapak dan Ibu (nama ayah dari calon mempelai laki-laki) yang sangat kami hormati, sesungguhnya kedatangan bapak, ibu, dan ananda (nama calon mempelai laki-laki) begitu dinantikan oleh kami. Dengan adanya acara lamaran ini, maka semakin dekat pula hari bahagia bagi ananda (nama calon mempelai laki-laki) dan ananda (nama calon mempelai perempuan). Kami pun menerima kedatangan ananda beserta keluarga dengan hati bahagia.

Namun alangkah lebih lengkap rasanya jika kita mendengarkan bagaimana jawaban dari ananda (nama calon mempelai perempuan). Silahkan kepada Bapak (nama ayah dari calon mempelai perempuan) untuk menanyakan secara langsung kepada putrinya.

Anakku (nama calon mempelai perempuan), Ananda (nama calon mempelai laki-laki) telah datang dan telah menyampaikan niatnya melamarmu untuk dijadikan istri, setelah menempuh perkawinan nanti. Apakah (nama calon mempelai perempuan) menerima lamaran (nama calon mempelai laki-laki)?

Jawaban calon mempelai wanita : Insya Allah apabila Ayah dan Ibu merestui, (nama calon mempelai perempuan) menerima lamaran (nama calon mempelai laki-laki), dengan segala kekurangan yang ada pada diri (nama calon mempelai perempuan). Mudah-mudahan Allah SWT meridhoinya. Terima kasih Ayah Ibu sudah memberikan restu bagi kami.

Alhamdulillah ya mujibas saailiin. Nah bapak ibu sekalian, barusan saja kita sudah mendengar jawaban dari (nama calon mempelai perempuan) untuk menerima pinangan dari (nama calon mempelai laki-laki). Maka dari itu ananda berdua, kami sebagai orang tua hanya dapat memberikan nasehat kepada kalian. Hendaknya jika kalian sudah resmi menikah nanti, jadikanlah rumah tangga kalian menjadi rumah tangga yang akan membawa kalian menuju surga-Nya.

Baiklah, cukup sekian sambutan dari kami mewakili Bpk. (nama ayah calon mempelai perempuan) dan istri. Mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di hati Bapak Ibu sekalian. Mohon maaf pula jika dalam hal penyambutan kami hari ini masih terdapat banyak kekurangan. Semoga Allah meridhoi pertemuan kita pada hari ini. Aamiin Ya Rabbal Allamin.

Billahittaufik wal hidayah wal innayah, waliraddah.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

Baca Juga Artikel Lainnya



Related : CONTOH TEKS NASKAH PIDATO KATA SAMBUTAN ACARA KHITBAH LAMARAN PIHAK WANITA

clear'/>