-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

TIPS CARA NYAMAN BERKENDARA DI PERJALANAN JAUH AGAR TIDAK CEPAT LELAH SAAT NAIK MOTOR



Tips-Cara-Nyaman-Berkendara-di-Perjalanan-Jauh-Agar-Tidak-Cepat-Lelah-Saat-Naik-Motor
TIPS CARA NYAMAN BERKENDARA DI PERJALANAN JAUH AGAR TIDAK CEPAT LELAH SAAT NAIK MOTOR Tips-Cara-Nyaman-Berkendara-di-Perjalanan-Jauh-Agar-Tidak-Cepat-Lelah-Saat-Naik-Motor

Tips Cara Nyaman Berkendara di Perjalanan Jauh - Berkendara dalam Perjalanan jauh seperti perjalanan mudik lebaran baik dengan mobil maupun motor pasti akan sangat melelahkan terutama berkendara dengan menggunakan sepeda motor , badan akan terasa pegal karena berkendara di  dengan perjalanan yang jauh.

Kala datang musim Mudik lebaran atau Musim liburan sering dihabiskan banyak orang untuk pergi ke luar kota. Untuk menghindari faktor kelelahan dalam mengenudi banyak dari pemudik memilih menggunakan kendaraan umum, seperti bus, kereta api atau pesawat terbang untuk bepergian.
diabnding memilih menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor dan mobil.

Namun ada keuntungan tersendiri jikalau pengemudi menggunakan Selain waktu lebih fleksibel, pengendara dapat melakukan perjalanan kemana dan kapan saja sesuai dengan yang diinginkan.

Kali ini tipstriksib akan memberikan Tips Cara Nyaman Berkendara di Perjalanan Jauh Agar Tidak Cepat Lelah Saat Naik Motor

Berikut adalah Tips Cara Nyaman Berkendara di Perjalanan Jauh

1. Pastikan motor dalam kondisi prima

Kondisi motor yang prima adalah syarat wajib ketika akan touring. Karena anda pasti akan melakuka perjalanan panjang. Anda harus juga memperhatikan suspense, motor dengan suspense yang tidak optimal akan membuat anda capek saat di perjalanan.



2. Istirahat yang cukup sebelum berkendara  Berhenti Setiap 2-3 Jam

Selain kondisi motor yang harus prima, istirahat yang cukup sebelum melakukan touring adalah syarat agar kondisi tetap prima. Dan juga membuat perjalanan jauh tidak terasa capek.

Berkendara motor jarak jauh sangat melelahkan. Banyak orang justru memacu kendaraan agar dapat cepat sampai tujuan. Namun, ingat tubuh manusia memiliki daya tahan sendiri. Bila terlalu lelah, Anda akan lemas, dan mudah mengantuk. Kondisi ini sangat berbahaya ketika berkendara.


3.Sikap tubuh dan lengan

Posisi yang betul adalah badan tidak terlalu membungkuk dan lenga anda dalam kondisi yang santai sehingga rileks saat berkendara. Idealnya lengan anda membentuk sudut 30 derajat dari sisi lengan luarnya. Sudut ini akan membantu lengan meredam goncangan ketika motor melewati jalanan yang berbatu.

4. Atur Posisi Duduk yang Benar

Posisi duduk sangat berpengaruh saat Anda berkendara menggunakan motor. Posisi duduk yang salah bisa membuat Anda lebih cepat lelah lho. Usahakan jangan duduk terlalu ke depan atau ke belakang. Hal ini akan membuat Anda lebih sulit untuk menjaga keseimbangan sehingga mudah lelah.

Trik yang bisa Anda lakukan adalah duduk dengan menjepit bagian depan motor. Selain membuat kamu tidak mudah lelah, dengan posisi paha yang menjepit jok, Anda bisa lebih mudah untuk menjaga keseimbangan.

Posisi duduk yang benar akan membuat anda tahan lebih lama saat di perjalanan. Posisi yang benar saat anda menggunakan motor kopling dengan fuel tank di depan adalah posisi kaki menjepit tangki bensin. Untuk motor matic adalah jika melewati rute turunan saat touring posisi kaki menjepit jok dengan paha dalam. Pastikan anda duduk di posisi sentral pada jok. Jangan terlalu maju ataupun mundur, karena akan membuat anda cepat lelah

5. Santai Saja

Saat mengendarai motor janganlah terburu-buru karena saat terburu-buru biasanya tubuh menjadi lebih kaku dan tegang. Hal inilah yang bisa mengakibatkan lelah. Cobalah untuk berkendara lebih rileks. Karena itu, hindarilah berkendara dengan terburu-buru dan atur waktu dengan cermat.

6. Pastikan Posisi Punggung Tegak Lurus

Meskipun rileks, jangan sampai posisi punggung Anda bongkok saat berkendara ya. Posisi punggung yang bongkok justru akan membaut tubuh bekerja lebih keras saat berkendara. Selain itu posisi punggung yang bongkok juga tidak baik untuk kesehatan punggungmu. Nah, coba posisikan punggung dengan tegak lurus namun jangan terlalu kaku hingga posisi tangan juga ikut tegak lurus ya.

7. Hindari Menggunakan Pakaian Ketat

Bagi yang menggunakan pakaian ketat saat berkendara, mulai sekarang gantilah dengan pakaian yang lebih longgar. Pakaian ketat hanya akan membuat peredaran darah terganggu sehingga tubuh Anda juga akan tidak nyaman dan cepat lelah.

8. Minum Air Hangat

Jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh, hindari minuman dingin. Hal ini bisa menyebabkan radang, kembung atau masuk angin. Sebaiknya konsumsi minuman yang bisa menghangatkan tubuh.

Salah satu minuman yang baik diperjalanan adalah jahe. Minuman ini dapat memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

9. Teknik Pengereman
Pengereman yang baik adalah dengan menggunakan kedua rem dengan porsi ideal. Porsi ideal pengereman yaitu 60% rem depan dan 40% rem belakang. Biasakan juga mengerem secara berkala. Jangan melakukan pengereman yang spontan atau mendadak karena selain menguras tenaga juga membahayakan pengendara lain yang di belakang anda.


Demikian Tips Cara Nyaman Berkendara di Perjalanan Jauh Agar Tidak Cepat Lelah Saat Naik Motor


Related : TIPS CARA NYAMAN BERKENDARA DI PERJALANAN JAUH AGAR TIDAK CEPAT LELAH SAAT NAIK MOTOR

clear'/>