-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

TEKNIK PENGEREMAN DAN CARA MENGEREM MOTOR YANG AMAN DAN BENAR



Teknik-pengereman-dan-cara-mengerem-motor-yang-aman-dan-benar
Teknik pengereman pada sepeda motor salah satu faktor keselamatan dalam berkendara. Kecelakaan lalu lintas disinyalir akibat kecerobohan para pengendara motor dalam bermanuver terutama Teknik mengerem motor yang salah. Bahkan menurut riset, masih banyak pengendara sepeda motor di Indonesia yang belum mengetahui teknik pengereman yang benar. Mengendarai sepeda motor terlihat mudah gampang, namun masih banyak para pengendara motor yang belum paham cara mengendarai sepeda motor yang benar dan aman.

Kali ini tipstriksib akan berbagi tips Teknik pengereman dan Cara mengerem motor yang aman dan benar

1 Melakukan pengereman bertahap

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pengereman darurat ialah cara menggunakan rem tersebut. Hindari menarik tuas rem sekaligus dalam-dalam karena sangat berbahaya. Ban bisa menguji dan motor kehilangan kestabilan. Bahkan, untuk motor yang dilengkapi ABS sekalipun berpotensi mengalami skid jika rider-nya melakukan hal ini. Cara yang benar adalah menarik tuas rem secara bertahap hingga level yang dibutuhkan untuk mengehentikan laju motor.

2 Gunakan rem depan dan belakang

Menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan lebih efektif untuk menghentikan laju motor dibanding hanya menggunakan satu rem saja. Dari sudut pandang teknis, hal ini juga bertujuan untuk menyeimbangkan distribusi bobot motor pada saat mengerem.

3 Hati-hati terhadap lalu lintas sekitar

Selalu berhati-hati terhadap lalu lintas di sekitar kita terutama saat menghadapi situasi yang mengharuskan pengereman mendadak dari kecepatan tinggi dengan jarak kendaraan depan cukup dekat sebaiknya selalu jaga jarak aman. Bukan hanya dengan kendaraan di depan, namun juga di belakang.

4 Latihan

Lakukan latihan pengereman di area kosong yang aman dengan perlengkapan berkendara komplet. Tak perlu melakukannya dengan kecepatan tinggi. Yang terpenting memahami karakter motor ketika dipakai mengerem mendadak. Juga menilai kualitas kerja rem apakah masih bagus atau mesti ada yang benahi.

Teknik pengereman tak hanya diterapkan ketika aspal basah, tetapi juga saat aspal kering dan cuaca cerah bagi sobat pengendara pemula motor harus diperhatikan beberapa faktor dalam pengereman motor:
1.Anda harus menutup putaran gas saat memutuskan mengerem.
2.Mengerem yang baik adalah menarik tuas rem dengan cara meremas seperti bersalaman.
Pada saat bersamaan, kaki kanan memijak rem belakang sebagai penyeimbang (non-motor otomatis). Pastikan posisi sepeda motor tegak (tidak miring) sehingga bisa menghindari risiko tergelincir atau terpeleset.
3.Melakukan evaluasi.
Caranya membuat penanda untuk mengukur jarak pengereman ideal di sepanjang lintasan pengereman.
Demikian pengereman dan cara mengerem motor yang aman dan benar


Related : TEKNIK PENGEREMAN DAN CARA MENGEREM MOTOR YANG AMAN DAN BENAR

clear'/>