-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

AMALAN DOA DZIKIR YANG DAPAT MENDATANGKAN REZEKI HALAL DAN CARA MEMPERLANCAR REZEKI



Amalan-Doa-Dzikir-yang-dapat-mendatangkan-Rezeki-Halal-dan-Cara-memperlancar-Rezeki
AMALAN DOA DZIKIR YANG DAPAT MENDATANGKAN REZEKI HALAL DAN CARA MEMPERLANCAR REZEKI  Amalan-Doa-Dzikir-yang-dapat-mendatangkan-Rezeki-Halal-dan-Cara-memperlancar-Rezeki

Cara mendatangkan memperlancar Rezeki 
Rezeki adalah Ketetapan Allah SWT yang diberikan kepada semua makhluk yang tidak bisa dihitung Jumlahnya. Rezeki adalah rahmat dari Allah SWT bagi seluruh makhluk-Nya dalam menjalani kehidupan di dunia.

هُوَ كُلُّ مَا تَنْتَفِعُ بِهِ مِمَّا اَبَاحَهُ اللهُ لَكَ سَوَاءٌ كَانَ مَلْبُوْسٌ اَوْ مَطْعُوْمٌ … حَتَّى الزَّوْجَة رِزْق، الاَوْلاَدُ وَ البَنَاتُ رِزْقٌ وَ الصِّحَةُ وَ السَّمْعُ وَ العَقْلُ …الخ

“Segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untukmu, entah berupa pakaian, makanan, sampai pada istri. Itu semua termasuk rezeki. Begitu pula anak laki-laki atau anak peremupuan termasuk rezeki. Termasuk pula dalam hal ini adalah kesehatan, pendengaran dan penglihatan.”

Dalam surah Hud ayat 6 dikatakan bahwa Allah SWT menjamin rezeki bagi setiap makhluknya. Sebagaimana firman-Nya,

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

" Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

Dalam hal ini, Allah SWT memberikan kesehatan, makan, minum untuk seluruh makhluk-Nya yang hidup di dunia ini. Hal ini merupakan bentuk rezeki dasar yang terendah.

Sejatinya Allah Ta’ala menanggung rezeki setiap makhluk-Nya. Bahkan setiap manusia yang terlahir ke dunia telah dilengkapi dengan rezekinya masing-masing. Namun rezeki tentunya tidak akan datang begitu saja, melainkan harus dicapai dengan usaha dan kerja keras.

Allah SWT akan memberikan rezeki bagi hamba-Nya sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Sehingga bila ia bersungguh-sungguh dan bekerja keras, maka rezeki yang di dapatkannya pun akan sesuai dengan hasil usahanya tersebut. Bila ia malas-malasan, maka rezekinya pun akan malas-malas untuk mendatanginya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah an-Najm ayat 59 bahwa,  “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.”Ada amalan mulia yang jika kita lakukan dengan ikhlas karena Allah maka Allah akan menggantikannya dengan nikmat yang kita sendiri

tidak dapat membayangkan indahnya. Salah satunya adalah amalan mulia yang dapat memperlancar rejeki kita. Jika selama ini merasa rejeki Anda tidak sesuai dengan yang diharapkan, padahal sedah bekerja keras sekuat tenaga, bisa jadi Anda belum mengamalkan apa yang Allah minta.

Berikut adalah 7 Cara Amalan yang dapat mendatangkan Rezeki , melapangkan dan memperlancar rezeki usaha dalam mencari nafkah

1. Takwa Kepada Allah

Takwa merupakan salah satu sebab yang dapat mendatangkan rizki dan menjadikannya terus bertambah. Allah Subhannahu wa Ta”ala berfirman, artinya,
“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya.” (At Thalaq 2-3)

Setiap orang yang bertakwa, menetapi segala yang diridhai Allah dalam segala kondisi maka Allah akan memberikan keteguhan di dunia dan di akhirat. Dan salah satu dari sekian banyak pahala yang dia peroleh adalah Allah akan menjadikan baginya jalan keluar dalam setiap permasalahan dan problematika hidup, dan Allah akan memberikan kepadanya rizki secara tidak terduga.

Imam Ibnu Katsir berkata tentang firman Allah di atas, “Yaitu barang siapa yang bertakwa kepada Allah dalam segala yang diperintahkan dan menjauhi apa saja yang Dia larang maka Allah akan memberikan jalan keluar dalam setiap urusannya, dan Dia akan memberikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka, yakni dari jalan yang tidak pernah terlintas sama sekali sebelumnya.”

Allah swt juga berfirman, artinya,
“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. 7:96)

2. Istighfar dan Taubat

Termasuk sebab yang mendatang kan rizki adalah istighfar dan taubat, sebagaimana firman Allah yang mengisahkan tentang Nabi Nuh Alaihissalam,
“Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun” niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”(QS. 71:10-12)

Al-Qurthubi mengatakan, “Di dalam ayat ini, dan juga dalam surat Hud (ayat 52,red) terdapat petunjuk bahwa istighfar merupakan penyebab turunnya rizki dan hujan.”

Ada seseorang yang mengadukan kekeringan kepada al-Hasan al-Bashri, maka beliau berkata, “Beristighfarlah kepada Allah”, lalu ada orang lain yang mengadukan kefakirannya, dan beliau menjawab, “Beristighfarlah kepada Allah”. Ada lagi yang mengatakan, “Mohonlah kepada Allah agar memberikan kepadaku anak!” Maka beliau menjawab, “Beristighfarlah kepada Allah”. Kemudian ada yang mengeluhkan kebunnya yang kering kerontang, beliau pun juga menjawab, “Beristighfarlah kepada Allah.”

Maka orang-orang pun bertanya, “Banyak orang berdatangan mengadukan berbagai persoalan, namun anda memerintahkan mereka semua agar beristighfar.” Beliau lalu menjawab, “Aku mengatakan itu bukan dari diriku, sesungguhnya Allah swt telah berfirman di dalam surat Nuh,(seperti tersebut diatas, red)

Istighfar yang dimaksudkan adalah istighfar dengan hati dan lisan lalu berhenti dari segala dosa, karena orang yang beristighfar dengan lisannnya saja sementara dosa-dosa masih terus dia kerjakan dan hati masih senantiasa menyukainya maka ini merupakan istighfar yang dusta. Istighfar yang demikian tidak memberikan faidah dan manfaat sebagaimana yang diharapkan.


3. Tawakkal Kepada Allah

Allah swt berfirman, artinya,
“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. 65:3)

Nabi saw telah bersabda, artinya,
“Seandainya kalian mau bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya maka pasti Allah akan memberikan rizki kepadamu sebagaimana burung yang diberi rizki, pagi-pagi dia dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang.” (HR Ahmad, at-Tirmidzi )
Tawakkal kepada Allah merupakan bentuk memperlihatkan kelemahan diri dan sikap bersandar kepada-Nya saja, lalu mengetahui dengan yakin bahwa hanya Allah yang memberikan pengaruh di dalam kehidupan. Segala yang ada di alam berupa makhluk, rizki, pemberian, madharat dan manfaat, kefakiran dan kekayaan, sakit dan sehat, kematian dan kehidupan dan selainnya adalah dari Allah semata.

Maka hakikat tawakkal adalah sebagaimana yang di sampaikan oleh al-Imam Ibnu Rajab, yaitu menyandarkan hati dengan sebenarnya kepada Allah Azza wa Jalla di dalam mencari kebaikan (mashlahat) dan menghindari madharat (bahaya) dalam seluruh urusan dunia dan akhirat, menyerahkan seluruh urusan hanya kepada Allah serta merealisasikan keyakinan bahwa tidak ada yang dapat memberi dan menahan, tidak ada yang mendatangkan madharat dan manfaat selain Dia.

4. Bersyukur

Bersyukur adalah cara tersederhana namun tidak mudah untuk dilakukan dalam menjalani hidup. Sejatinya setiap hari dan bahkan setiap detiknya Allah selalu menurunkan rezeki kepada setiap umat-Nya namun tidak semua umat mampu memahami apalagi mensyukuri atas nikmat rezeki yang telah dilimpahkn tersebut. (Baca juga: Cara Mensyukuri Nikmat Allah SWT)

Dalam surat Ibrahim Allah berfirman,

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Ibrahim : 7)

5 Silaturrahim

Ada banyak hadits yang menjelaskan bahwa silaturrahim merupakan salah satu sebab terbukanya pintu rizki, di antaranya adalah sebagai berikut:

-Sabda Nabi Shalallaahu alaihi wasalam, artinya,
“Dari Abu Hurairah ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda, “Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah menyambung silaturrahim.” (HR Al Bukhari)

-Sabda Nabi saw, artinya,
“Dari Abu Hurairah Radhiallaahu anhu , Nabi Shalallaahu alaihi wasalam bersabda, “Ketahuilah orang yang ada hubungan nasab denganmu yang engkau harus menyambung hubungan kekerabatan dengannya. Karena sesungguhnya silaturrahim menumbuhkan kecintaan dalam keluarga, memperbanyak harta dan memperpanjang umur.” (HR. Ahmad)

Yang dimaksudkan dengan kerabat (arham) adalah siapa saja yang ada hubungan nasab antara kita dengan mereka, baik itu ada hubungan waris atau tidak, mahram atau bukan mahram.

6 Infaq fi Sabilillah

Allah swt berfirman, artinya,
“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. 34:39)
Ibnu Katsir berkata, “Yaitu apapun yang kau infakkan di dalam hal yang diperintahkan kepadamu atau yang diperbolehkan, maka Dia (Allah) akan memberikan ganti kepadamu di dunia dan memberikan pahala dan balasan di akhirat kelak.”

Juga firman Allah yang lain,artinya,
“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. 2:267-268)

Dalam sebuah hadits qudsi Rasulullah saw bersabda, Allah swt berfirman, “Wahai Anak Adam, berinfaklah maka Aku akan berinfak kepadamu.” (HR Muslim)

7 .Banyak berdzikir dan berdoa

“ Berdzikir atau mengingat Allah membuat hati tenang dan hidup terasa lapang. Firman Allah SWT: “ Orang-orang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. ar-Ra’du:28)

Dengan berdoa dan berdzikir membuat seorang hamba menjadi dekat dengan Allah SWT, bergantung dan mengharap pada rahmat dan pemberian dari-Nya. Hanya kepada Allah kita memohon, dan hanya pada Allah kita memohon pertolongan.

8.Berbuat Baik kepada Orang Lemah

Nabi saw telah menjelaskan bahwa Allah akan memberikan rizki dan pertolongan kepada hamba-Nya dengan sebab ihsan (berbuat baik) kepada orang-orang lemah, beliau bersabda, artinya,
“Tidaklah kalian semua diberi pertolongan dan diberikan rizki melainkan karena orang-orang lemah diantara kalian.” (HR. al-Bukhari)
Dhu”afa” (orang-orang lemah) klasifikasinya bermacam-macam, ada fuqara, yatim, miskin, orang sakit, orang asing, wanita yang terlantar, hamba sahaya dan lain sebagainya.

9.Shalat tahajud dan Dhuha

Dalam al-Qur’an Allah SWT berfirman: “Daripada sebahagian malam, lakukanlah shalat tahajud olehmu sebagai ibadah tambahan ,  semoga Tuhan engkau mengangkatmu ke tempat terpuji.” (QS. Al-Isra:79)

Dalam hadist disebutkan: “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya.” (HR. al-Hakim dan Thabrani)

10.Berikhtiar sekuat tenaga

Allah SWT berfirman: ”Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. al-Jumuah: 10)


Amalan Doa yang dapat mendatangkan , melapangkan dan memperlancar rezeki

Memperbanyak membaca Laa Haula wala Quwwata Illa Billah

Barang siapa yang lambat datang rezekinya hendaknya mengucapkan Laa Haula wala Quwwata Illa Billah (HR. At-Tabrani).

Membaca Laa Ilaha Illallahul Malikul Haqqul Mubin

Barang siapa setiap hari membaca Laa Ilaha Illallahul Malikul Haqqul Mubin, maka bacaan itu akan menjadi keamanan dari kefakiran dan menjadi penentram dari rasa takut dalam kubur (HR Abu Nu’aim dan Ad Dailami).dzikir melancarkan rezeki

membaca SubhanAllah Wabihamdihi SubhanAllahil Adzim

Dari setiap kalimat SubhanAllah Wabihamdihi SubhanAllahil Adzim, seorang malaikat yang bertasbih pada Allah ta’ala sampai hari kiamat yang pahala tasbihnya itu diberikan untukmu (HR Al Mustaghfiri dalam As Da’awat).

Membaca surat Al Ikhlas

Barang siapa yang membaca surat Al Ikhlas ketika masuk rumah, maka berkah bacaan menghilangkan kefakiran dari penghuni rumah dan tetangganya (HR At Tabrani).

Membaca surat Al Waqiah

Barang siapa membaca Surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kesempitan hidup. (HR Baihaqi dalam Syu’ab Al Iman ).alquran2

Memperbanyak Sholawat Nabi

Dari Umar bin Khattab dari Nabi Sholallahu’alaihi wasallam bersabda : Barang siapa bersholawat kepadaku satu kali sholawat, maka Allah akan membalas sepuluh kali sholawat dan mengangkatnya sepuluh derajat. (Dikeluarkan Imam Bukhori dalam Adabul Mufrad, Ibnu Abu Syaibah , Al Bazzar Ibnu Syahiin dan Al Ismaili dengan sanad ma’lul).

Melazimkan beristighfar

Barangsiapa melazimkan beristighfar, niscaya Allah akan mengeluarkan dia dati segala kesusahan dan memberikan rezeki dari arah yang tidak diduga-duga. (HR Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah)

Tekun beribadah bukan berarti siang malam duduk di dalam masjid serta tidak bekerja, namun yang dimaksudkan adalah menghadirkan hati dan raga dalam beribadah, tunduk dan khusyu” hanya kepada Allah, merasa sedang menghadap Pencipta dan Penguasanya, yakin sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermunajat, mengadu kepada Dzat Yang menguasai Langit dan Bumi.

Demikian Amalan Doa Dzikir yang dapat mendatangkan Rezeki Halal dan Cara memperlancar Rezeki semoga kita diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjemput rejeki .Semoga bermanfaat jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.tipstriksib.net

Baca Artikel Menarik Lainnya 



















Related : AMALAN DOA DZIKIR YANG DAPAT MENDATANGKAN REZEKI HALAL DAN CARA MEMPERLANCAR REZEKI

clear'/>