-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas di Showroom agar tidak tertipu



Tips-Memilih-dan-Membeli-Mobil-Bekas-Yang-Berkualitas-di-Showroom-agar-tidak-tertipu
Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas di Showroom agar tidak tertipu Tips-Memilih-dan-Membeli-Mobil-Bekas-Yang-Berkualitas-di-Showroom-agar-tidak-tertipu

Mobil secara fungsinya merupakan kendaraan yang banyak digunakan orang untuk bepergian jarak jauh untuk menghemat waktu tempuh dan menjalankan bisnis. Faktor transportasi umum di Indonesia yang masih jauh dari kata nyaman memang membuat banyak orang kemudian memilih untuk membeli kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-harinya.

Harga mobil yang masih tergolong tinggi membuat kita harus mempunyai strategi dalam membeli mobil murah tapi berkualitas. Pilihan tidak lain membeli mobil bekas berkualitas.

Meskipun berupa mobil bekas jika Anda mampu teliti dan tepat memilih mobil, Anda bisa saja mendapatkan mobil yang bagus dan berkualitas.

Membeli mobil bekas di showroom merupakan solusi tepat bagi orang-orang yang masih bingung menentukan pilihan kendaraan yang diinginkan. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai jenis mobil dengan merek, tahun keluaran, hingga harga mobil yang lebih variatif.

Walau begitu, sekarang makin marak showroom yang menjual mobil bekas dengan penampakan prima namun kondisi sebenarnya sudah bobrok.

Ada beberapa Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas di showroom agar tidak di tipu

1. Bekali Diri dengan Informasi

Sebelum mendatangi showroom mobil bekas untuk melihat-lihat calon mobil Anda, bekali diri Anda dengan informasi dengan melakukan riset online. Saat ini cukup banyak situs yang menyediakan berbagai ulasan mengenai mobil bekas secara lengkap.

Cari tahu jenis dan merek mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menemukan merek dan model yang cocok, pastikan harga pasaran dan spesifikasinya. Jangan lupa catat informasi tersebut sehingga anda dapat langsung membandingkan saat berkonsultasi dengan pihak showroom.

2. Beli dari Orang Pertama

Orang pertama adalah pemilik mobil tersebut. Daripada membeli mobil bekas dari dealer, showroom atau makelar, sebaiknya Anda mencari mobil yang dijual oleh pemiliknya.

Membeli dari showroom memang menyediakan banyak pilihan, namun Anda tidak dapat menggali informasi tentang latar belakang mobil langsung dari pemiliknya.

Selain itu, membeli langsung dari pemiliknya membuat harga menjadi lebih murah. Dalam hal ini, pembeli dan penjual bertransaksi secara langsung tanpa adanya pembagian kepada pihak ketiga seperti makelar atau showroom.

3. Jangan Tergoda Harga Murah

Saat membeli mobil bekas di showroom, tentu Anda menginginkan harga yang semurah-murahnya bukan? Ketika mendapatkan penawaran promo harga super murah, hati-hati! Jangan mudah tergoda dan langsung menyambangi showroom tersebut.

Sebaiknya cek dulu seputar kebenaran promo tersebut. Biasanya hal tersebut dilakukan sebagai iming-iming supaya calon pembeli datang ke showroom.

Selain itu, pepatah “ada harga ada barang” juga berlaku saat membeli mobil bekas. Apabila mobil ditawarkan dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran, Anda harus lebih teliti dalam memeriksa kondisinya.

4.Tanyakan Histori Kendaraan

Setelah menemukan mobil bekas di showroom pilihan, cek latar belakang dari kendaraan tersebut. Anda bisa tanyakan ke pihak showroom misalnya alasan dijualnya mobil oleh pemiliki lama, histori kerusakan, bukti servis, dan apakah servis selalu dilakukan di bengkel resmi.

Bukti servis sangat lah penting karena mobil dengan histori servis yang rutin dan lengkap, tentunya akan mempunyai kondisi mesin yang lebih prima. Mobil yang rutin diservis juga mencerminkan kepribadian pemilik sebelumnya yang merawat mobil dengan baik.

5. Lakukan Test Drive

Supaya lebih yakin dan sreg dengan mobil bekas pilihan dari showroom, jangan ragu untuk meminta test drive. Anda tentu lebih mudah mengidentifikasi dan merasakan kenyamanan dari mobil tersebut ketika membawanya melaju di jalan.

Ikuti langkah-langkah melakukan test drive dari kami agar tidak ada hal yang terlewat saat Anda melakukan test drive. Melakukan test drive tidak hanya memastikan performa mobil saat jalan, tetapi juga kecocokan mobil tersebut dengan Anda.

6. Tempat Pembelian 

Cara dan trik pertama untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Memang kini ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya. Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas Anda juga bisa membelinya langsung dari orang yang memang sedang ingin menjualnya secara langsung. Membeli ke showroom memang akan membuat Anda mendapatkan banyak pilihan, namun Anda harus tahu bahwa membeli lewat showroom pastinya membuat biaya pembelian lebih besar dibanding jika Anda membelinya langsung dari orang pertama.

Membeli mobil bekas melalui perantara juga akan membuat pembelian Anda menjadi lebih mahal. Membeli mobil dari tangan pertama akan membuat Anda lebih mengerti kondisi perawatan dari mobil, apalagi jika orang yang menjualnya adalah orang yang Anda kenal. Maka dari itu memperhatikan tempat Anda membeli mobil merupakan hal penting yang perlu Anda cermati.

7. Eksterior Mobil

Setelah Anda menemukan penjual dan tempat mobilnya, maka saatnya melakukan langkah selanjutnya yaitu pengecekan. Bagian mobil yang biasanya Anda perhatikan adalah eksterior mobil. Lakukan saja pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Pada bagian eksterior mobil ini beberapa bagian mobil yang harus dicek adalah  bagian bodinya. Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

8. Performa Mesin Mobil

Inilah bagian penting dari proses pengecekan yang harus paling dicermati dan tidak boleh terlewatkan. Hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive. Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya Anda melakukannya bersama si penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

9. Aksesoris dan Interior

Setelah selesai dengan bagian eksterior dan mesin, saatnya untuk mengamati bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu Anda cermati antara lain bagian dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya. Bagian kaca juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

10. Kelengkapan Surat-surat

Surat-surat kendaraan adalah hal krusial yang juga wajib Anda perhatikan saat membeli mobil. Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Anda wajib memastikan bahwa  mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

11.  Cek Fisik

Untuk lebih meyakinkan lagi, tidak ada salahnya untuk melakukan cek fisik di kantor samsat. Dengan cek fisik ini Anda akan bisa memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya di mobil. Proses cek fisik ini tentunya bisa Anda lakukan setelah mendapatkan izin dari pemilik atau penjual mobil. Jangan ragu untuk meminta cek fisik pada pemilik. Jika Anda memang sudah yakin akan membeli mobilnya, pemilik biasanya akan bersedia jika mobilnya dilakukan cek fisik.

12. Asuransi

Terakhir, cara dan trik untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan Anda beli mempunyai asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual-beli yang komplet agar proses balik nama asuransi ini bisa berjalan dengan lancar.

Teliti sebelum membeli menjadi hal yang wajib Anda lakukan sebelum membeli mobil bekas. Hal ini tentu saja untuk menghindari Anda dari kerugian yang tidak perlu seperti kerusakan mobil bekas yang Anda beli hanya karena Anda tidak teliti mengecek kondisi mobil tersebut sebelumnya. Dengan menerapkan beberapa tips diatas pembelian mobil bekas ppun menjadi lebih menguntungkan bagi Anda untuk  digunakan dalam keperluan sehari-hari atau untuk keperluan bisnis.

Demikian Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas di Showroom agar tidak di tipu


baca artikel lainnya




Related : Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas di Showroom agar tidak tertipu

clear'/>