-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

KISAH 5 NABI RASUL YANG BERGELAR ULUL AZMI DAN CIRI-CIRI SIFAT NABI ULUL AZMI



Kisah-5-Nabi-Rasul-yang-bergelar-Ulul-Azmi-dan-Ciri-Ciri-Sifat-Nabi-Ulul-Azmi
Rukun Iman ke 3 Adalah Iman (percaya) kepada Rasul-Rasul Allah yang berarti wajib meyakini dan percaya bahwa Allah SWT telah mengutus para Rasul dan nabi kepada manusia didunia ini untuk memperingatkan manusia dan membawa manusia ke jalan yang benar supaya kita dapat hidup bahagia didunia dan diakhirat. Dan kita wajib percaya bahwa jumlah Nabi yang diangkat menjadi rasul adalah berjumlah 25 orang. Diantara 25 Nabi dan Rasul yang wajib kita imani ada 5 lima Nabi dan Rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi.

Ulul Azmi adalah sebuah gelar khusus bagi golongan para Nabi dan Rasul pilihan yang mempunyai ketabahan luar biasa. Nabi Rasul Ulul Azmi adalah Nabi rasul terpilih yang mendapatkan gelar khusus bagi golongan nabi pilihan yang mempunyai ketabahan luar biasa dan mukjizat luar biasa..
Terdapat 5 lima Nabi dan Rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi, yakni Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad disingkat dengan "NIMIM". Kelima nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi adalah para nabi yang memiliki keteguhan dan cobaan yang luar biasa selama menyebarkan berbagai risalah Allah tentang ketauhidan kalimah laa ilaha illallah. Tatkala para nabi Ulul Azmi harus menghadapi berbagai penentangan dari kaum-kaum yang didakwahi; para nabi Ulul Azmi berdoa agar Allah memberi hidayah untuk kaum-kaum tersebut.

Tatkala Allah mendapati bahwa berbagai risalahNya yang disampaikan melalui para nabi Ulul Azmi telah secara mutlak dibantah serta diingkari oleh kaum-kaum tersebut, maka Allah yang menyelamatkan para nabi ini beserta para pengikut mereka, serta Allah timpakan hukuman setimpal kepada kaum-kaum pengingkar itu. Tentang gelar ini telah dijelaskan pada Al-Qur'an Surah Al-Ahqaf [46]:35; dan Surah Asy-Syura [42]:13;

(QS Al-Ahqaf [46]:35)

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُوْلُوا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِل لَّهُمْ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا سَاعَةً مِّن نَّهَارٍ بَلَاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ

"Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik".

(QS Asy-Syuura [42]:13)


شَرَعَ لَكُم مِّنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحاً وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ اللَّهُ يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَن يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَن يُنِيبُ

"Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu "Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya.

Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya.

Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).

Sifat Sifat Nabi Rasul Ulul Azmi adalah sebagai berikut:

1.Memiliki seruan dakwah universal untuk umat manusia maupun umat jin

2.Menyampaikan syariat dan agama Allah

3.Menyampaikan kitab samawi

4.Memiliki kesabaran yang tinggi ketika berdakwah

5.Senantiasa memohon kepada Allah agar tidak menurunkan azab kepada kaumnya

6.Senantiasa berdoa agar Allah memberi hidayah kepada kaum mereka

Berikut adalah kisah nabi yang bergelar Ulul Azmi yang memiliki kesabaran serta mukjizat luar biasa.

1. Nabi Nuh AS

Nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi yang pertama adalah Nuh Alaihissalam. Nabi Nuh merupakan nabi sekaligus Rasul ke-3, tentunya setelah Adam dan Idris. Nabi Nuh mendapat gelar Ulul Azmi karena kesabaran beliau mencari umat memang luar biasa.

-Kualifikasi Nuh sebagai ulul azmi di antaranya karena kesabarannya dalam berdakwah dan mendapat hinaan dari kaumnya.

-Nuh tanpa menyerah terus menerus mendakwahi keluarga, kerabat dan masyarakat umum, untuk kembali kejalan yang lurus.

-Hampir 1000 tahun usianya jumlah umat yang mengikutinya tidak lebih dari 200 orang.

-Bahkan istri dan anaknya yang bernama Kan’an termasuk penentangnya.

-Atas kehendak Allah umat Nuh yang membangkang ditenggelamkan dengan gelombang air bah dan semuanya hancur, kecuali Nuh dan pengikutnya yang beriman.

2. Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim atau yang juga disebut sebagai bapak para nabi karena keturunan Nabi Ibrahim juga bergelar Ulul Azmi. Nabi Ibrahim memiliki tekad serta memegang ajaran yang dititipkan Allah SWT kepadanya

-Sejak masih bayi Ibrahim harus diasingkan ke dalam gua, yang disebabkan oleh perintah Raja Namrudz untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang baru lahir.

-Setelah dewasa, ia harus berhadapan dengan raja dan masyarakat penyembah berhala termasuk kedua orang tuanya yang pembuat berhala.

-Bahkan ia harus menerima siksaan yang pedih, yaitu dibakar hidup-hidup dan diusir dari kampung halamannya.

-Sudah hampir seratus tahun usia dan pernikahannya dengan Sarah, ia belum dikaruniai anak hingga istrinya meminta ia menikahi seorang budak / hamba sahaya bernama Siti Hajar untuk dijadikan istri.

Akhirnya Hajar dapat melahirkan seorang anak yang diberi nama Ismail.

-Allah memerintahkan Ibrahim untuk “mengasingkan” istri dan anak yang baru lahir dan sangat dicintainya itu ke tanah gersang di Makkah. Karena kesabaran dan kepatuhannya, perintah itu dilaksanakan.

-Namun, perintah lebih berat diterima Ibrahim, yaitu harus mengorbankan Ismail yang baru beranjak remaja. Hal ini pun ia laksanakan, meskipun akhirnya yang disembelih adalah seekor domba. (peristiwa ini ada diterangkan dalam surah ash-shaffat ayat 101 hingga 111)

Selain itu ujian Ibrahim yang lain adalah membangun Ka'bah, membersihkan ka'bah dari kemusyrikan, menghadapi Raja Namrudz yang zalim.


3. Nabi Musa AS

Nabi Musa menempati urutan ketiga dari nama-nama nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi.

-Nabi Musa adalah nabi dari keturunan Bani Israil yang hidup pada masa Firaun, Raja Mesir yang teramat kejam. Dialah satu-satunya orang yang berani menentang Firaun, ayah angkatnya sendiri.

-Ketika Musa akan menerima wahyu di Bukit Sinai, pengikutnya yang dipimpin Samiri menyeleweng dengan menyembah berhala Anak lembu emas.

-Harun yang ditugasi mengganti peran Musa, tidak sanggup untuk menghalangi niat mereka, bahkan ia diancam hendak dibunuh.

- Nabi Musa pernah berguru tentang kesabaran kepada Nabi Khidir AS

4. Nabi Isa AS

Nabi selanjutnya yang mendapat gelar Ulul Azmi adalah Nabi Isa Alaihissalam.

Nabi Isa adalah nabi sekaligus Rasul yang ke-24 dari nama-nama nabi. Beliau adalah Putra Mariyam, seorang Nabi sekaligus Rasul yang lahir tanpa adanya bapak.

Tanpa adanya bapak yang dimaksud disini bukanlah sosok yang menjadi bapaknya lari dari tanggung jawab, melainkan Bunda Mariam benar-benar seorang wanita suci yang waktu kehamilannya, beliau dalam keadaan belum bersuami serta tidak pernah memadu kasih dengan seorang lelaki pun.

Jadi, kelahiran Nabi Isa adalah kelahiran seorang bayi yang benar-benar tanpa memiliki seorang ayah, yang beliau miliki hanyalah Ibu seorang.

-Banyak hal yang menunjukkan bahwa Nabi Isa memiliki kesabaran dan keteguhan dalam menyampaikan ajaran Allah. Terutama, ketika Isa sabar menerima cobaan sebagai seorang yang miskin,

-pengkhianatan seorang muridnya, Yudas Iskariot, menghadapi fitnah, penolakan, hendak diusir dan dibunuh oleh kaum Bani Israil.

-Kehidupan Isa menggambarkan kezuhudan dan ketaatan dalam beribadah.


5. Nabi Muhammad SAW

Dari 25 nama-nama nabi sekaligus Rasul, Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang juga mendapat gelar Ulul Azmi. Beliaulah Nabi yang selalu gigih menyebarkan ajaran-ajaran yang telah diterimanya dari Allah SWT melalui perantara Malaikat Jibril.

-Sejak kecil sampai dewasa, Muhammad selalu mengalami masa-masa sulit.

-Pada usia 6 tahun dia sudah menjadi yatim piatu.

-Setelah dewasa ia harus membantu meringankan beban paman Abu Thalib yang merawatnya sejak kecil.

- Tantangan terberat yang dihadapi adalah setelah diangkatnya menjadi seorang rasul.

Penentangan bukan saja dari orang lain, tetapi juga dari Abu Lahab, pamannya sendiri.

- Nabi Muhammad SAW juga harus ikut menderita tatkala Bani Hasyim diboikot (diasingkan) di sebuah lembah dikarenakan dakwahnya.

Tokoh-tokoh Quraisy mempelopori pemboikotan tersebut yang isinya antara lain melarang berhubungan jual beli, pernikahan, dan hubungan sosial lainya kepada Bani Hasyim.
Pemboikotan yang berjalan sekitar 3 tahun itu dan telah menghabiskan hartanya dan istrinya, Siti Khadijah.

Contoh Teladan Nabi Rasul yang bergelar Ulul Azmi

Nuh AS.

- Sabar menyeru kaumnya supaya beriman selama 950 tahun

- Hanya beberapa orang shj yg beriman yg selebihnya menolak


Ibrahim AS.

- Diuji dgn perintah menyembelih puteranya Ismail

- Tabah menghadapi kaumnya sehingga dicampak kedalam api


Musa AS.

- Bertemu Firaun dan pembesarnya dgn tabah & cekal

- Menyeru mereka beriman walaupun menyedari risiko dibunuh

Isa AS.

- Tabah menghadapi ancaman bunuh kaumnya

- Dikhinati oleh sahabatnya

Muhammad SAW.

- Sabar menghadapi tentangan & ancaman bunuh kaumnya

- Tabah menghadapi ujian ketika berhijrah ke Madinah

Demikian Kisah 5 Nabi Rasul yang bergelar Ulul Azmi ciri-ciri sifat nabi ulul azmi, mudah-mudahan menjadikan teladan bagi kita dalam menjalani kesabaran dan cobaan hidup dengan ketaqwaan dan keimanan yang kuat. , Semoga Informasi Kisah 5 Nabi Rasul Ulul Azmi ini bermanfaat jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.tipstriksib.net

Baca juga Kisah Teladan Lainnya

Kisah teladan sejarah khalifah sayyidina Umar bin Khattab
Cerita kisah teladan Nabi Muhammad Rasulullah SAW dan pemuda yang bertaubat
Sejarah biografi kisah teladan khalifah sayyidina imam Ali bin Abi Thalib radiya allahu 'anhu
Contoh Teladan Akhlak Kepribadian Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari
Kisah teladan Nabi Shaleh as dan mukjizat unta betina kepada Kaum Tsamud 
Biografi dan Kisah Riwayat Hidup Sejarah Nabi Muhammad Rasululah SAW lengkap dari lahir sampai wafat
Kisah Teladan Nabi Yunus as yang ditelan Ikan karena meninggalkan kaumnya
Kisah Bukti Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang dapat Membelah Bulan ( Terbelah )
Sejarah Kisah Riwayat dan Mukjizat Nabi Ibrahim AS secara lengkap
Wasiat nasihat bijak orang tua kepada anaknya agar menjadi anak soleh
Kisah teladan dikabulnya doa 3 orang sholeh dengan akhlak amal kebaikan
Kisah 5 Nabi Rasul yang bergelar Ulul Azmi ciri-ciri sifat nabi ulul azmi
Kisah Teladan Riwayat Biografi Sahabat Nabi Mu'adz bin Jabal ra
Kisah Teladan Riwayat Biografi dan Keutamaan Karomah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq
Kisah Teladan Uwais al-Qarni Sang Penghuni Langit


Related : KISAH 5 NABI RASUL YANG BERGELAR ULUL AZMI DAN CIRI-CIRI SIFAT NABI ULUL AZMI

clear'/>