-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

FAKTOR PENYEBAB KOMPUTER PC LAPTOP LAMBAT LEMOT DAN SOLUSI CARA MENGATASINYA



Faktor-Penyebab-Komputer-PC-Laptop-Lambat-Lemot-dan-Solusi-Cara-Mengatasinya
Komputer PC Laptop lemot lambat sering nge hang menjadikan aktivitas pekerjaan sobat menjadi terhambat terutama para user yang kegiatan keseharian tak lepas dari komputer . Pada dasarnya Komputer lemot lambat bisa jadi karena pengguna kurang memahami dalam mensetting dan memaintenance komputer secara optimal dan Komputer PC atau Laptop biasanya akan melambat kinerjanya setelah dipakai beberapa tahun . Ada Beberapa hal yang menyebabkan komputer menjadi Lambat dan lemot dan solusi cara mengatasinya.

1 : Virus dan Terinfeksi Spyware (perangkat lunak untuk memata-matai) Dengan komputer yang selalu tersambung dengan internet 24 jam terus menerus, program program yang merusak, seperti virus, Trojans, worms, spyware (perangkat lunak untuk kegiatan memata-matai) dan juga software iklan, telah menjadi ancaman bagi pengguna komputer. Program program merusak ini menyusup ke dalam sistem anda melalui koneksi internet yang tidak terlindungi, email, media eksternal (USB/Hardisk Eksternal/Kartu Memori/SD Card yang terinfeksi dan juga sumber sumber lainnya. Anda mungkin akan menyadari komputer anda telah mengalami beberapa kerusakan, dan selama beberapa saat kemudian, anda tidak dapat lagi menggunakan komputer anda.

Untuk mencegah penyusupan program program yang merusak, dan membersihkan komputer anda dari segala virus, sangat penting bagi anda untuk menggunggah sistem keamanan pada komputer anda, seperti antivirus dan antispyware. Anda harus menjadwalkan sistem ini untuk menjalankan programnya secara berkala dan juga selalu memperbaharui sistem tersebut dengan program terbaru sehingga anda juga akan terlindungi dari virus terbaru.

2: Registry yang rusak dan terfragmentasi Registry adalah satu dari komponen tersibuk dalam sistem pengoperasian Windows, karena menyimpan semua informasi perangkat keras, perangkat lunak dan konfigurasi pengguna di dalamnya. Sejalan dengan semakin tuanya komputer anda, registry juga akan terisi dengan banyak informasi yang tidak berguna, yang tidak diinginkan dan yang tidak sah sehingga menyebabkan registry menggembung. Registry yang menggembung dapat mudah rusak dan terfragmentasi, sehingga pada akhirnya akan memperlambat komputer anda.

Untuk mencegah permasalahan ini, anda harus secara berkala memindai dan membersihkan registry anda. Anda dapat menggunakan perangkat pembersih registry yang dapat dipercaya.

3: Hard Disk yang penuh dan Fragmented Ketika anda membuat file baru, menambah program baru, menjelajah web atau melakukan aktifitas pada sistem anda, informasi akan dimasukkan dari hard disk anda. Sering kali, aktifitas komputer anda akan meninggalkan beberapa informasi yang tersisa pada hard disk anda, dalam bentuk file dan folder program, file internet sementara, file program set up yang sudah tidak diperlukan lagi, dan program program lainnya. File-file yang tidak diperlukan ini akan memenuhi hard disk anda dan menyebabkan data terfragmentasi.

Untuk mencegah permasalahan ini, anda harus menghapus program program yang tidak berguna dalam sistem anda dan menggunakan perangkat Disk Cleanup. Juga sangat disarankan untuk secara berkala menggunakan perangkat Disk Defragmentater untuk mengkonsolidasi file yang terpecah sehingga akan mengurangi waktu akses data.

4 : Terlalu Banyak Program Startup Sering kali, ketika anda menginstall program kedalam komputer anda, mereka anda menambahkan shortcut mereka ke dalam startup komputer anda, sehingga service mereka akan secara otomatis berjalan ketika anda menyalakan komputer anda. Program program ini secara tidak perlu telah menggunakan sumber sistem anda dan menyebabkan sistem menjadi lambat. Ini adalah alasan mengapa disarankan agar anda mematikan program yang tidak diinginkan dalam sistem startup anda. Anda dapat melakukannya secara mudah dengan bantuan Windows System Configuration Utility (msconfig) atau menggunakan program management startup pihak ketiga yang dapat dipercaya.

5: Memori Sistim yang Sedikit Sejalan dengan anda menggunggah program baru atau software yang lebih mutakhir ke dalam komputer anda, persyaratan perangkat keras sistem anda juga akan semakin meningkat.

6. Drive tempat dimana Windows terinstal terlampau penuh - Akibatnya tidak cukup ruang pada hard disk untuk virtual memory sehingga komputer terasa lemot ketika menjalankan banyak aplikasi.

Solusi :

Drive tempat instalasi windows (misal drive C:/) harus disisakan minimal 12 % dari kapasitas hard drive. Simpanlah data-data pada hard disk selain drive C:/. Usahakan C:/ hanya untuk menginstall program-program.

Sistem operasi Windows menggunakan dua memori. Utamanya, Windows menggunakan RAM alias memori utama. Apabila memori utama telah habis dipakai, maka Windows akan membuat memori virtual yang diambil dari sisa kapasitas hard disk.

7. Visual Effect yang mempengaruhi performa system – Visualisasi dan tampilan desktop Windows secara default memang menggunakan themes yang menarik dan membuat tampilan desktop menjadi lebih keren. Tapi tahukah kamu sebenarnya themes tersebut akan mempengaruhi kecepatan komputer?

Solusi :

Untuk membantu mempercepat kinerja system, disarankan untuk mensetting visualisasi tampilan secara minimum dan memilih Theme Classic.

Caranya :

- Klik kanan My Computer -- > Klik Properties --> Klik Advanced System Settings

Tampilan ketika di klik kanan My Computer + Properties pada Windows 7

- Akan muncul System Properties --> pilih tab Advanced (untuk windows XP, saat klik properties akan langsung masuk ke System Properties).

- Pada tab Advanced, klik tombol Setting pada bagian Performance.

- Akan muncul Performance Options, pilih tab Visual Effects, lanjutkan dengan klik Adjust for Best Performance --> OK.

- Untuk mengubah menjadi theme classic klik kanan pada bidang desktop Windows 7 kamu. Kemudian pilih Personalize. Dari daftar Theme yang tampil, di bagian Basic and High Contrast Themes, pilih theme Windows Classic.

8. Error pada program - biasanya terjadi pada program yang pada saat dijalankan, komputer tiba-tiba mati atau pada saat instalasi terdapat file-file corrupt.

Solusi : Repair atau install ulang program dapat mengatasi masalah ini.

Tips mengatasi komputer lambat untuk yang sering/selalu terhubung dengan koneksi internet :

Browsinglah secara efisien & efektif dengan membuka link pada Tab baru. Caranya klik kanan link yang akan dibrowse, kemudian klik Open in New Tab. Meskipun demikian jangan terlalu berlebihan browsing dengan membuka banyak tab, tutuplah tab yang telah selesai dibaca atau tak diperlukan lagi. Terlalu banyak membuka Jendela Browser pada waktu browsing dapat mengakibatkan komputer melambat.

Hapus temporary internet files secara berkala.

Matikan automatic update dari windows. (Update sewaktu-waktu secara manual pada saat waktu luang, akan tetapi bila Windows kamu adalah bajakan jangan melakukan update). Matikan automatic update dari program yang memerlukan update. Namun lakukan update secara manual, karena biar bagaimanapun update akan penting untuk penyempurnaan program dan mengatasi error. Apabila koneksi komputer kamu tidak stabil, lakukan update saat koneksi internet lancar. Ini adalah alasan mengapa, untuk mempercepat komputer, anda harus meningkatkan performa sistem anda. Dengan melakukan hal ini, anda dapat meningkatkan kinerja komputer anda dengan menambah sistem memori atau RAM

Demikian Faktor Penyebab Komputer PC Laptop Lambat Lemot dan Solusi Cara Mengatasinya


Related : FAKTOR PENYEBAB KOMPUTER PC LAPTOP LAMBAT LEMOT DAN SOLUSI CARA MENGATASINYA