-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CIRI-CIRI KOLESTEROL TINGGI DAN CARA MENGATASI MENURUNKAN KOLESTEROL



Ciri-Ciri-Kolesterol-tinggi-dan-Cara-mengatasi-menurunkan-Kolesterol
Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel yang secara alami dibentuk oleh tubuh. Selain diproduksi tubuh, kolesterol juga bisa berasal dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, susu, dan lain sebagianya. Kolesterol dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon di dalam tubuh.

Kehadiran kolesterol di dalam tubuh Anda itu sebenarnya sangat penting sebab ia membentuk selaput sel, vitamin D, juga beberapa hormon di dalam tubuh. Kolesterol ini mengalir dalam aliran darah dengan bantuan partikel yang bernama lipoproteins. Lippoproteins ini ada dua bentuknya:

1. Low-density lipoproteins (LDL) atau yang nama lainnya disebut kolesterol jahat. LDL ini bisa menumpuk di arteri dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang cukup serius seperti serangan jantung dan stroke.

2.High-density lipoproteins (HDL) alias kolesterol baik. HDL ini yang akan mengembalikan si anak nakal LDL ke hati untuk dibersihkan.

Bila Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi akan lemak akan meningkatkan kadar LDL dalam darah. Kondisi inilah yang disebut kolesterol tinggi atgau hypercholesterolemia. Selanjutnya bila tingkat LDL lebih tinggi dan level HDL rendah, maka lemak akan menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan ini nantinya akan mengganggu kelancaran peredaran darah di arteri Anda. Akhirnya akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada jantung dan otak, yang risikonya bisa begitu fatal.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Ciri-ciri kolesterol tinggi sebenarnya sulit dibaca dan tidak muncul. Dalam banyak kasus, kolesterol tinggi inilah yang menjadi penyebab hal-hal yang gawat. Misalnya saja serangan jantung dan stroke yang bisa muncul karena kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Serangan ini biasanya tidak muncul hingga level kolesterol yang tinggi menumpukkan plak dalam arteri tubuh Anda. Plak ini akan membatasi ruang arteri jadinya peredaran darah akan terhambat.

Cara terbaik untuk mengetahui tingkat kolesterol Anda adalah dengan melakukan pengecekan darah. Bila kondisinya tinggi maka hasilnya akan melebihi 240mg/dL. Sebaiknya, lakukan pengecekan setiap empat atau enam tahun sekali dan minta dokter Anda melakukan kolesterol tes sejak usia 20 tahun.

Bisa jadi dokter akan meminta Anda melakukan pengecekan lebih sering bila Anda punya status keluarga yang telah memiliki kolesterol atau bila Anda menunjukkan risiko-risiko berikut:

Tekanan darah yang tinggi

Kelebihan berat badan

Merokok


Diagnosis Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Salah satu cara yang selalu digunakan untuk mendiagnosa tingginya tingkat kolesterol adalah dengan melakukan cek darah yang disebut lipid panel. Prosesnya dokter akan mengambil sampel darah Anda dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dianalisa. Biasanya, dokter akan meminta Anda untuk berpuasa setidaknya selama 12 jam sebelum tes.

Lipid panel ini akan mengukur total kolesterol dalam tubuh Anda termasuk HDL, LDL, dan triglycerides. The Centers for Diases Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa ukuran yang ideal adalah:

LDL: Kurang dari 100mg/dL

HDL: 60mg/dL atau lebih besar dari itu.

Triglycerides: Kurang dari 150mg/dL.

Artinya, secara keseluruhan batasan umum untuk total keseluruhan kolesterol ini ada di antara 200-239mg/dL. Bila lebih dari 240mg/dL maka dinyatakan tinggi. Sedangkan untuk LDL umum untuk ada di antara 130-159mg/dL. Bila lebih dari 160mg/dL maka dinyatakan tinggi. Sedangkan untuk HDL Batasan rendah ada di antara 40mg/dL.

Cara menurunkan kolesterol dan mengatasi kolesterol tinggi

1.Konsumsi Makanan Berserat

Menurut para ahli kesehatan, memenuhi kebutuhan serat pangan tiap harinya bisa menurutkan kadar LDL sebanyak 5 %. Meski sumber serat tersedia banyak, orang-orang tampaknya tidak dapat mendapatkan cukup serat karena jam kerja yang begitu padat. Para ahli memberi saran pada semua orang, khususnya yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mendapatkan 25 sampai 35 gram serat pangan per harinya, namun kebanyakan orang dewasa hanya mendapat sekitar 12 gram. Anda bisa mendapatkan serat dari makanan, entah buah-buahan, kacang-kacangan, atau sayur-sayuran seperti pepaya, oatmeal rasberi, jagung, alpukat, edamame, beras merah, brokoli, buah pir, buah apel, tomat, mangga, kacang almond, kacang hitam, dan kacang putih.

2.Konsumsi Multivitamin

Sekalipun telah mengonsumsi makanan yang sehat, tetap saja ada kemungkinan tubuh Anda kekurangan unsur nutrisi tertentu. Untuk mengatasi kondisi tersebut Anda perlu mengonsumsi multivitamin atau obat herbal jantung untuk mencukupi kebutuhan dasar nutrisi dan menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

3.Konsumsi Makanan Laut

Kurangi konsumi daging, dan perbanyak asupan makanan yang berasal dari laut seperti salmon, tuna, sarden, dan trout. Mereka adalah kawanan ikan yang kaya akan lemak esensial omega-3 (sehat) dan rendah lemak jenuh. Asam lemak omega-3 dibutuhkan tubuh untuk membantu menguras trigliserida, kolesterol secara total, dan LDL kolesterol. Perlu diingat, agar manfaat yang terdapat di setiap ikan tidak hilang ataupun berkurang, alangkah baiknya Anda mengolah atau membuatnya menjadi matang dengan cara diuap atau dibakar atau dipanggang. Jangan digoreng dengan minyak karena jika sudah masuk ke tubuh, lemak yang dikandungnya sudah berubah jadi jahat.

4. Aktifitas Fisik Secara Rutin

Salah satu cara menurunkan kolesterol yang mudah dilakukan adalah dengan berolah raga secara rutin. Jalan kaki atau jenis-jenis olah raga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Pastikan bahwa Anda berolah raga selama 30 menit dalam sehari dan lima hari dalam seminggu.

5. Istirahat yang Cukup

Cara menurunkan kolesterol lainnya adalah dengan memperhatikan jam istirahat (tidur). Penelitian dari University of Helsinki, gen yang berperan dalam perpindahan kolesterol bergerak tak aktif pada orang yang kurang tidur, dibanding yang cukup tidur.

Studi ini meneliti dampak kurang tidur secara akumulatif pada metabolisme kolesterol baik dari ekspresi gen dan tingkat lipoprotein darahnya. Orang yang kurang tidur memiliki jumlah kolesterol baik (HDL) yang lebih sedikit dibanding yang cukup tidur.

Demikian Ciri-Ciri Kolesterol tinggi dan Cara mengatasi menurunkan Kolesterol , Semoga bermanfaat jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali ke website www.tipstriksib.net

Baca juga Artikel
Ciri-Ciri Kolesterol tinggi dan Cara mengatasi menurunkan Kolesterol


Related : CIRI-CIRI KOLESTEROL TINGGI DAN CARA MENGATASI MENURUNKAN KOLESTEROL

clear'/>