-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA MUDAH DAN BENAR MERAWAT BAN SEPEDA MOTOR AGAR LEBIH TAHAN AWET



Cara-Mudah-dan-Benar-Merawat-Ban-Sepeda-Motor-Agar-Lebih-Tahan-Awet
CARA MUDAH DAN BENAR MERAWAT BAN SEPEDA MOTOR AGAR LEBIH TAHAN AWET Cara-Mudah-dan-Benar-Merawat-Ban-Sepeda-Motor-Agar-Lebih-Tahan-Awet

Cara Merawat Ban Sepeda Motor Agar Lebih Tahan AwetSetiap jenis sepeda motor ( kendaraan bermotor ) mempunyai tipe ban yang berbeda-beda. Umumnya, ban sepeda motor yang digunakan tergantung dengan kebutuhan pengendara. Di antaranya, ada jenis ban sport atau semi slick, sport touring, touring, cruiser, scooter, off road, dan ban tipe kering atau basah.

Setiap pengguna sepeda motor menginginkan kondisi ban yang digunakannya memiliki masa pemakaian yang lama atau awet. Ban motor yang bisa digunakan dalam waktu lama dapat lebih menghemat pengeluaran uang untuk membeli ban baru. Ban motor pastinya terus akan terkuras dan terkerus seiring dengan pemakaian dan sering bepergian menggunakan motor sebab ban motor merupakan bagian motor yang langsung bersentuhan langsung dengan permukaan atau aspal.

Oleh karena itu, ban motor pun merupakan salah satu part yang perlu mendapat penggantian rutin agar fungsi ban motor tetap maksimal dan anda juga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama bepergian

Berikut adalah Cara Mudah dan Benar Merawat Ban Sepeda Motor Agar Lebih Awet

1. Tidak ada salahnya mengisi angin ban dengan nitrogen, karena dapat meredam panas sehingga tekanan angin tetap ideal. Penggunaan gas nitrogen sebagai pengisian ban dikarenakan partikel gas nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan oksigen (O2) maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas pada ban kendaraan.

2. Bersihkan kotoran dan batu yang tersellip di sela-sela ban motor Anda karena bisa merobek ban kendaraan Anda.

3. Periksalah tekanan udara ban karena tekanan angin di dalam ban bisa mempengaruhi keseimbangan motor kamu. Jadi kamu perlu mengecek tekanan ban yang pas biar motor kamu tetap nyaman dipakai. Cek tekanan angin minimal seminggu sekali, biar ban motor kamu tetap awet.

4. Hindarilah, memarkir motor di tempat terbuka karena ban sepeda motor Anda dapat terkena sinar matahari secara langsung. Hal itu dapat menyebabkan ban semakin keras karena material bahan dasarnya berubah. Ban yang mengeras lebih gampang untuk rusak, retak, atau bahkan robek.

5. Periksalah, apakah ban sepeda motor Anda sudah sesuai dengan ukurang pelek yang terpasang. Usahakan, tekanan ban tidak lebih dan kurang dari 30 Psi.

6. Jika Anda sudah berkali-kali menambal pada ban yang sama, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru.

7. Jangan melebihi beban maksimum karena dapat membuat tekanan ban menjadi lebih besar dan merusak shock Motor anda.

8. Cek kondisi bearing ban motor. Jika terjadi goyangan pada leher ban maka Anda harus segera perbaiki sehingga tidak membuat ban menjadi lebih tipis.

9. Hindari jalan yang berlubang dan pengereman yang mendadak karena bisa membuat ban semakin tipis.

10. Periksa kondisi pentil ban karena pentil ban yang rusak bisa bikin angin di dalam ban motor keluar dan ban menjadi gampang kempes. Cek kondisi pentil ban pun tidak susah, Anda cukup meneteskan air di pentil ban, kalau jadi gelembung berarti pentil ban motor kamu bocor.

Sekian Tips Merawat Ban Motor Agar Lebih Tahan Lama, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda untuk membuat ban sepeda motor anda lebih awet..

Baca Artikel lainnya

cara menyalip mendahului kendaraan mobil dengan benar dan aman

tips merawat mobil : cara cek rem mobil tromol dan cakram saat menghadapi banjir

tips merawat mobil : cara membersihkan kaca mobil dengan water repellent

tips berkendaraan : cara menghadapi jalan rusak dan berlubang

New Car 2015 Mobil baru Daihatsu Sirion Facelift

New Car 2015 Audi A7 Sportback 3.0 TFSI Quattro

tips otomotif : sistem kerja fungsi wiper dan washer pada mobil

syarat dan tata cara mutasi kendaraan bermotor

New Car 2015 Alfa Romeo 4C Spider

tips merawat mobil : cara cuci kolong mobil dan cek komponen mobil

Mobil terbaru New Car 2015 Audi Q7 3.0 TFSI Quattro

bengkel otomotif : trik cara memaksimalkan spooring setir mobil

tips cara merawat mesin kendaraan sepeda motor agar bertahan lama


Related : CARA MUDAH DAN BENAR MERAWAT BAN SEPEDA MOTOR AGAR LEBIH TAHAN AWET

clear'/>