-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA MERAWAT SEPEDA MOTOR MATIC INJEKSI AGAR AWET TIDAK CEPAT RUSAK



Cara-Merawat-Sepeda-Motor-Matic-Injeksi-Agar-Awet-Tidak-Cepat-Rusak
Cara Merawat Sepeda Motor Matic Injeksi Agar Awet Tidak Cepat Rusak

Di Era jaman Now sekarang ini di indonesia khususnya pengguna motor matic mungkin sudah cukup banyak dibanding dengan motor manual persneling dalam perpindahan pengaturan gigi roda. Motor matik injeksi yang dikenal dengan kemudahannya dalam berkendara sekarang telah menjelma menjadi salah satu motor favorit untuk dikendarai, baik bagi pengendara di desa hingga kota – kota besar yang dikenal dengan lalu lintas yang padat dan merayap. 

Motor matik yang tinggal gas dan rem ini sangat ideal dan nyaman untuk digunakan menjadi salah satu alasan kenapa motor matik banyak diminati. Namun dalam hal perawatan cara merawat sepeda motor matic injeksi sangat berbeda dengan motor manual ada ektra lebih dalam hal merawat motor matic yang perlu dilakukan, demi menjaga motor matic tetap awet dan nyaman untuk dikendarai. Hindari kebiasaan malas dalam hal merawat komponen penting pada motor matic injeksi agar motor matik tidak cepat rusak dan bertahan lama.

Berikut adalah Tips Cara Merawat Sepeda Motor Matic Injeksi Agar Awet Tidak Cepat Rusak

1. Memanaskan mesin di awal start sebelum memakai motor matic

Proses memanaskan mesin di pagi hari ataupun disaat motor baru akan digunakan dianggap perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran di dalam mesin bisa sempurna sebelum digunakan. Selain itu juga, pemanasan juga bertujuan agar oli mesin melumasi seluruh bagian dalam mesin motor, dan juga agar temperatur mesin motor menjadi tetap stabil. Sebaiknya, pemanasan mesin motor dilakukan antara 5-10 menit. Caranya bisa dengan melakukan kick starter berulang-ulang dengan kontak dalam keadaan off. Hal ini berguna untuk membagi oli di dalam mesin tadi. Setelah itu bisa dihidupkan dengan memutar kontak keposisi on sampai mesin hidup.

2. Mengendarai motor dengan baik

Tips kedua yang sering diabaikan untuk merawat motor matic injeksi adalah cara mengendarai motor dengan baik. Jangan terlalu sering mengendarai motor dengan cara dilaju dengan kecepatan tinggi, dan mengerem secara tiba-tiba kemudian motor kembali di laju dengan kecepatan tinggi lagi, atau sebaliknya. Jika hal ini sering anda lakukan, maka motor matic akan memiliki usia yang tidak panjang dengan kata lain cepat rusak. Karena Motor matic beda dengan motor manual dalam pemindahan persneling nya. Jadi gunakan motor matic sewajarnya saja agar mesin tetap awet.

3. Memilih Bahan Bakar

Walaupun bahan bakar beroktan rendah berharga lebih murah, tetapi hal ini menjadi salah satu hal yang akan membuat motor matik cepat rusak disebabkan bahan bakar beroktan rendah akan membuat pembakaran motor matik kurang sempurna dan akan lebih boros. Pilihlah bahan bakar beroktan tinggi seperti pertamax atau pertalite dibandingkan premium, apalagi jika anda menggunakan motor matik dengan teknologi injeksi.

4.Memilih Oli

Jangan sampai motor matik anda cepat rusak karena salah memilih oli karena seperti yang kita ketahui bersama peran penting oli untuk mesin. Agar tidak salah, gunakan petunjuk dari pabrikan motor matik baik itu untuk oli mesin maupun oli transmisi.

5. Cara gas dan Rem

Biasakan menggunakan motor matik dengan stabil, dan hindari mengegas pol lalu mendadak rem sebab akan membuat mesin akan cepat rusak.

6.Busi dan Filter Udara

Lakukan servis rutin secara teratur dan jangan lupa mengganti busi dan filter udara jika memang direkomedasikan oleh pihak bengkel kepercayaan anda.

7.Drive Belt Kotor

Drive belt yang kotor akan dapat membuat kerak dan akan membuat pemakaian semakin cepat rusak. Adapun drive belt yang kotor disebabkan oleh debu jalanan atau oli yang merembes akibat seal yang bocor. DemikianTips Cara Merawat Sepeda Motor Matic Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak

Baca Artikel lainnya



Related : CARA MERAWAT SEPEDA MOTOR MATIC INJEKSI AGAR AWET TIDAK CEPAT RUSAK

clear'/>