-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA MENGETAHUI CIRI PERBEDAAAN BPKB KENDARAAN YANG ASLI DAN PALSU



Cara-Mengetahui-Ciri-Perbedaaan-BPKB-Kendaraan-yang-Asli-dan-Palsu
Buku Pemilik Kendaraan Bermotor ( BPKB ) adalah buku yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. BPKB berfungsi sebagai surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor. BPKB berbentuk buku berukuran ukuran 17x12 cm, dengan lembar kulit berwarna biru tua dan tulisan putih perak, serta dibubuhi nomor BPKB. BPKB terdiri atas 22 halaman dengan warna dasar keabu-abuan. Untuk mencegah pemalsuan, BPKB juga dilengkapi dengan tanda air (watermark), serat warna-warni tidak kasat mata (invisible fibre), dan benang pengaman hologram.

Isi BPKB meliputi: identifikasi kendaraan bermotor, keterangan kepabeanan, pendaftaran polisi, catatan mengenai perubahan pemilik kendaraan bermotor, catatan tentang pelunasan pajak/BBN, catatan pejabat Polisi Lalu Lintas, serta keterangan. Sedangkan Komponen BPKB meliputi: Blanko BPKB, Formulir Permohonan, Kartu Induk BPKB, Kartu Induk BPKB, Buku Register, Formulir Tanda Periksa, Formulir Permohonan Mutasi, serta Brosur.

BPKB berisi semua data identifikasi kendaraan bermotor seperti nomor polisi, merk dan tipe, tahun pembuatan, nomor mesin, nomor rangka, dan juga asal usul kendaraan seperti negara pembuat, cara impor, nama perusaahaan penjual atau dealer, dan nama pembeli atau pemilik. BPKB juga memuat data mutasi yakni apabila kendaraan berganti pemilik, nomor polisi, atau apabila kendaraan tersebut mengalami modifikasi ataupun diubah cirinya.

Penipuan dan pemalsuan buku kepemilikan kendaraan bermotor ( BPKB) bisa saja terjadi di mana saja. bahkan memiliki banyak sindikat pemalsuan STNK dan BPKB yang tersebar di banyak daerah di Indonesia yang tentunya dapat sangat merugikan para pemilik kendaraan yang berhasil ditipu mereka.

Maka untuk menghindari dari jeratan para sindikat pemalsuan surat serta potensi kerugian yang lebih parah lagi, maka Korlantas POLRI lewat website resminya pun merilis beberapa cara untuk mengenali mana BPKB yang asli dan palsu.

Berikut adalah Cara Mengetahui Perbedaaan BPKB Kendaraan yang Asli dan Palsu

1. Cover BPKB yang asli lebih mengkilap daripada BPKB yang palsu.

2. BPKB asli memiliki Hologram yang tidak akan berubah warna serta akan tetap terlihat berwarna silver jika disorotkan ke cahaya, dan untuk BPKB yang palsu akan tampak berwarna kuning jika disorot cahaya.

3. BPKB asli memiliki nomor di bawah bagian hologram untuk mengategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisili, namun nomor tersebut tida dapat dideteksi oleh masyarakat karena merupakan nomor rahasia milik Korlantas.

4. Pada Bagian identitas pemilik kendaraan jika di BPKB palsu itu hanya sekedar mengubah data kendaraan saja dan untuk data pemilik kendaraan tidak diubah

5. Terakhir adalah terdapat pada halaman ke-14 dimana ada logo Korlantas yang hanya muncul jika disinari menggunakan ultraviolet, dan juga kertas bertekstur kasar yang mengikuti pola yang ada pada logo.

Demikian Cara Mengetahui Perbedaaan BPKB Kendaraan yang Asli dan Palsu , semoga tips tersebut banyak masyarakat dan pemilik kendaraan yang dapat menghindari penipuan bermodus pemalsuan surat-surat bermotor ini.

cara belajar menjadi fotografer profesional handal
Cara Modifikasi Mesin Pompa Air (Jet Pump) Agar Daya Hisapnya Meningkat
Cara merawat dan memperbaiki baterai handphone laptop ngedrop
Teknik cara olahraga lari yang benar dan berlari cepat 
Cara memilih jaket baju penghangat yang bagus
Bahaya makanan jajanan anak sekolah yang tidak sehat dan sembarangan
Cara meningkatkan kemampuan otak anak dengan bermain 
Cara Modifikasi Motor Agar Lebih Kencang dan Cepat dengan biaya murah
Awal Mula Sejarah Internet dan Perkembangan Internet di Dunia secara Lengkap
Teori Asal Usul Tata Surya, Planet-Planet , Komet dan Satelit Asteroid
Aturan Tata Cara Unjuk Rasa Demonstrasi Demo di Muka Umum
Cara Mengetahui Ciri Perbedaaan BPKB Kendaraan yang Asli dan Palsu
Macam-macam Jenis Lomba 17 Agustus HUT RI Yang Unik
Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Karyawan
Perbedaan Teks Naskah Asli dan Otentik Proklamasi
Detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945


Related : CARA MENGETAHUI CIRI PERBEDAAAN BPKB KENDARAAN YANG ASLI DAN PALSU

clear'/>