-->

Cara memelihara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Untuk Pemula



Cara-memelihara-Budidaya-Ikan-Gurame-Di-Kolam-Terpal-Untuk-Pemula
Cara memelihara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Untuk Pemula  Cara-memelihara-Budidaya-Ikan-Gurame-Di-Kolam-Terpal-Untuk-Pemula

Budidaya Ikan GurameIkan Gurami adalah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di indonesia.

Permintaan pasar akan Ikan gurame meningkat, karena Ikan gurame sangat digemari oleh masyarakat sebagai alternatif konsumsi daging ayam , daging sapi. Tekstur daging Ikan Gurame  yang padat serta duri-durinya yang besar membuat  rasa Ikan Gurame enak dan gurih.

Banyak dari kalangan petani ataupun pegawai yang beralih usaha dengan pembudidayaan dan memelihara ikan gurame sebagai lahan usaha untuk meraup keuntungan dan pendapatan yang besar.

Adapun modal Usaha budidaya ikan gurame relatif mulai dari modal kecil hingga yang modal besar  Maka dari itu usaha budidaya ikan gurame ini terbuka untuk siapapun.

Bagi sobat yang mencari peluang usaha sampingan atau permanen sobat bisa memelihara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Berikut adalah Cara memelihara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Untuk Pemula

Persiapan Kolam Ikan Gurame :

Pembesaran ikan gurameh dapat dilakukan di kolam tanah maupun kolam permanen. Perssiapan kolam ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan yang alami dalam jumlah yang cukup seperti plangton dan lain-lain.

Kolam :

Kolam ukuran 7 x 10 meter dengan kedalaman air 120 cm
Ukuran bibit 5cm sebesar kuku jempol sebanyak 2000 ekor
Pakan apung merek pf.1000 isi 10kg/sak. harga persak 130 ribu membutuhkan 3 sak
Pakan tambahan alami bias di berikan daun keladi dan daun kangkung

Persiapan di Kolam Permanen/Terpal :

Cara budidaya ikan gurami atau gurami dapat dilakukan dengan dua model jenis :
Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal dan BetonMenggali tanah dengan kedalaman tentu dengan kedalaman 90cm, kemudian terpal dipasang pada tanah galian tersebut,memasang terpal pada permukaan tanah (tidak menggali tanah) yaitu dengan menggunakan bantuan rangka dari besi atau kayu. Kemudian terpal dirangkai menyerupai bak, beban terpal juga tidak terlalu berat sewaktu diberi air. cara kedua memudahkan kita melakukan penggantian dan pembersihan kolam. Kita juga bisa menyedot kotoran-kotoran kolam terpal dengan mudah. Kotoran ikan gurame juga harus di keluarkan dari kolam agar kesehatan dan kebersihan air tetap terjaga.

Perhatian Konndisi Air Dan Teknis lainya :

Hal yang harus diperhatikan :

Persiapan lahan
Pemupukan lahan
Persiapan awal tebar benih ikan Gurami
Penebaran benih

Cara Perawatan Lahan Ikan Gurami :

Keringkan kolam sebelum kolam di isi air
Taburkan garam grasak untuk membasmi jamur saat penjemuran kolam
Gemburkan tanah sebelum di isi air bila kolam tanah

Cara Pemupukan Lahan Ikan Gurami

Jemurlah pupuk kandang yang sudah di fermentasi mengunakan cairan gula dan ragi tape
Setelah pupuk di jemur 2 hari masukan ke dalam karung
Setelah pupuk di masukan karung lubangi karung mengunakan paku
Setelah di lubangi barulah masukan kolam di beri pemberat batu
Isi air sampai ketinggian 50cm dan berikan pupuk UREA satu sendok makan kedalam kolam
Diamkan air selama 4 hari sebelum di tebar benih

Cara Persiapan Penebaran Benih Ikan Gurami

Siapkan ember untuk perendaman benih ikan sebelum di tebar
Isi air ke dalam ember secukupnya ( usahakn air dari kolam yang akan di tebari benih Gurami )
Rendamlah benih ikan Guramih selama 15 menit untuk adaptasi dengan air kolam yang baru
Cara Penebaran Benih Ikan Gurami
Masukan benih yang sudah


Pemilihan Bibit Ikan Gurameh    :

Tahap berikut dalam budidaya ikan ini adalah pengadaan bibit gurame. Ada dua sumber memperoleh bibit gurame yakni pembibitan sendiri atau beli dari peternak lainnya. Peternak senior biasanya mengawinkan sendiri indukan untuk memperoleh bibit kialitas unggul, tanpa harus membeli di balai perikanan.

Tetapi bagi peternak pemula bisa membeli bibit gurame dari balai perikanan atau pedagang ikan. Bibit ideal siap tebar berukuran tiga jari orang dewasa. Kalau bibit terlampau kecil, dikhawatirkan tingkat kematian cukup tinggi karena sulit beradaptasi dengan kondisi air dalam kolam terpal.
Jadi, dalam budidaya ikan ini disarankan pemilihan bibit.

Pilihlah yang ukurannya gak besar sedikit. Jadi Anda tak usah menunggu masa panen terlampau lama. Setelah bibit ditebar di kolam terpal, di tahapan ini Anda harus serius memantau memperhatikan kondisi bibit gurame. Agar bibit tak mudah mati, beri pakan yang bergizi mengandung prebiotik.

Pendedaran/Pemijahan Ikan Gurame :

Setelah kolam terpal selesi dibuat langkah selanjutnya adalah mengisi kolam dengan ikan guramih, akan tetapi sebelum ikan guramih dimasukkan perlu dipastikan terlebih dahulu kolam dalam kondisi bersih dari penyakit dan zat-zat berbahaya.  Terpal mengandung unsur kimia untuk pewarnaannya, maka sebelum dipasang perlu dicuci dan dibersihkan. Untuk membunuh patogen kolam yang telah terisi air ditaburi garam 2 ons/m3. Pastikan juga ikan guramih yang akan dibudidayakan tidak mengandung bibit penyakit. Jika ada guramih yang terkena penyakit perlu dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kolam.


Pemberian Pakan  Ikan Gurame :

Tahapan budidaya ikan gurame adalah pemberian pakan ikan. Pemberian pakan gurame ada tiga tahap yakni pakan untuk bibit, pakan untuk memacu pertumbuhan dan pakan untuk gurame indukan. Pakan untuk anakan sebaiknya diberi pellet yang ukurannya kecil-kecil, diselingi cacing darah agar cepat besar.
Pakan gurame dewasa bisa diberi pellet dan daun keladi. Bisa juga dengan sayuran hijau seperti kangkung, selada dan kubis dan lain sebagainya. Pakan diberi dua kali sehari,  pagi hari dan sore hari, pemberian pakan sebaiknya selang-seling tak hanya satu jenis saja. Pagi sayuran nanti sore diganti pellet atau dedak. Pemberian pakan yang teratur bisa mempercepat pertumbuhan.


Tahap Pemanenan Ikan Gurame :

Panen merupakan tujuan akhir dari budidaya ikan gurame. Masa panen ikan gurame adalah 7- 8 bulan, atau ketika bobot ikan mencapai 0,7 kg- 1 kg, ukuran itu ideal untuk dikonsumsi. Dari tebaran 1000 ekor bibit, diprediksi saat panen menghasilkan 200 kwintal.
Bayangkan saja kalau 1kg ditingkat peternak dihargai  30.000 ribu kalau dikalikan 200 kg bisa total nilai panen mencapai 6jt rupiah.


Demikian Cara memelihara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Untuk Pemula

baca juga artikel





0 Response to "Cara memelihara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Untuk Pemula "

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.