-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

tips cara puasa agar tidak mengalami dehidrasi di saat berpuasa ramadhan



tips-cara-puasa-agar-tidak-mengalami-dehidrasi-di-saat-berpuasa-ramadhan
tips cara puasa agar tidak mengalami dehidrasi di saat berpuasa ramadhan tips-cara-puasa-agar-tidak-mengalami-dehidrasi-di-saat-berpuasa-ramadhan

cara berpuasa agar tidak mengalami dehidrasiBulan Ramadhan telah datang, mari sambut bulan ramadhan dengan gembira karena bulan ramadhan bulan penuh berkah dan ampunan .

Siapkan segala sesuatunya dalam menyambut puasa ramadhan terlebih fisik dan kebugaran tubuh agar bisa menjalankan indah puasa dengan kondisi fit sehat

Selama bulan puasa hal yang paling dirasakan oleh tubuh kita adalah rasa dahaga haus apalagi cuaca di siang hari sangat panas terik matahari, tidak heran jika kita merasa haus terutama menjelang berbuka.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai rasa haus ini berlangsung sepanjang hari dan menimbulkan gejala dehidrasi ringan atau sedang yang berbahaya bagi tubuh. Untuk menghindari hal ini, yang diperlukan hanyalah pengaturan asupan cairan yang tepat!

Setelah berbuka hingga subuh, sebaiknya manfaatkan waktu untuk minum dengan cukup dan bertahap. Secara umum, walaupun belum ada penelitian tentang pengaturan konsumsi air minum selama ibadah puasa, untuk memenuhi kebutuhan air dianjurkan minum 2 gelas saat berbuka, 1 gelas saat makan malam, 2 gelas setelah makan malam, 1 gelas menjelang tidur, dan 2 gelas dikala sahur.

Nah, setelah mencukupi kebutuhan air untuk tubuh dalam jumlah yang tepat, periksalah warna urin Anda pada pagi hari. Jika urin Anda berwarna kuning pekat dan jumlahnya sedikit, maka Anda sedang mengalami dehidrasi ringan.

Bila hal ini terjadi, tingkatkan asupan air putih Anda pada malam hari atau di waktu-waktu yang diperkenankan untuk minum. Dengan begitu, tubuh pun dapat berpuasa dengan maksimal dan kegiatan sehari-hari dapat tetap dijalani tanpa rasa lemas.

Secara lengkap berikut adalah trik tips cara puasa agar tidak mengalami dehidrasi di saat berpuasa ramadhan

1. Minum dua gelas saat berbuka, satu gelas saat makan malam, 1-2 gelas setelah makan malam, satu gelas menjelang tidur dan dua gelas di kala sahur.

2. Minimalkan minum kopi dan teh di bulan puasa, karena minuman-minuman itu meningkatkan pengeluaran air kemih, dan mengundang rasa haus.

3. Perbanyak konsumsi buah saat berbuka, dan makan sayuran berkuat saat makan malam atau sahur. Hal itu dapat mencegah kurang air tubuh atau dehidrasi.

4. Hindari bekerja dan olahraga di terik matahari, dan minimalkan olahraga yang menguras keringat. Kalaupun terpaksa bekerja di terik matahari dan melakukan olahraga berkeringat, tambahlah konsumsi air minum 2-3 gelas di malam hari saat diperkenankan minum.

5. Pantau urin pagi setiap hari, untuk mengetahui apakah Anda mengalami dehidrasi ringan atau tidak. Seseorang yang mengalami dehidrasi ringan akan memiliki warna urin kuning pekat, dan jumlahnya sedikit. Bila itu terjadi, tingkatkan asupan air putih pada malam berikutnya.

Demikian tips cara puasa agar tidak mengalami dehidrasi di saat berpuasa ramadhan

Baca juga Artikel

Cara memilih Menu Buka Puasa yang baik saat berpuasa

Kebiasaan Tradisi Unik di berbagai negara dalam menyambut bulan Ramadhan

cara berpuasa agar tidak mengalami dehidrasi di saat berpuasa ramadhan

cara agar kenyang lebih lama saat berpuasa di bulan puasa ramadhan

Cara Menghemat Belanja di Bulan Puasa Ramadhan

cara mudik aman dan nyaman saat pulang kampung lebaran

cara berpuasa wanita hamil dan ibu menyusui selama puasa ramadhan

cara mengisi waktu yang bermanfaat sambil ngabuburit di bulan puasa

daftar menu buka puasa dan sahur mudah dan praktis

Cara agar tidak malas saat makan sahur 

cara sehat dan bugar selama berpuasa di bulan puasa ramadhan


Related : tips cara puasa agar tidak mengalami dehidrasi di saat berpuasa ramadhan

clear'/>