-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA BUDIDAYA TERNAK IKAN MAS DI KOLAM TERPAL UNTUK PEMULA



Cara-mudah-memelihara-budidaya-ikan-mas-di-kolam-terpal-untuk-pemula
Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Ikan mas adalah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan juga Ikan mas banyak dijadikan arena pancingan menjadi ikan tangkapan, terutama bagi pelaku yang hobbi mancing mania. 

Khusus Di Indonesia, ikan mas memiliki beberapa nama sebutan yakni ikan kancra, tikeu, tombro raja, rayo, ameh. Banyak jenis ikan mas yang sering dibudidayakan di indonesia naum yang paling populer adalah "ikan mas punten" dan "ikan mas majalaya". Usaha bisnis ternak budidaya ikan mas sangat menjanjikan karena pasar akan kebutuhan konsumsi ikan mas sangat tinggi.

Ada beberapa langkah dalam ternak budidaya ikan mas yang perlu diperhatikan

Persiapan kolam

Pada budidaya ikan mas kali ini yang akan digunakan adalah jenis kolam tanah dengan dinding kolam yang sudah disemen. Untuk ukuran sendiri dapat menyesuaikan luas lahan tempat budidaya. Pada langkah awal persiapan kolam, kolam dikeringkan untuk membunuh sisa-sisa mikroorganisme yang merugikan seperti patogen, jamur dll.

Kolam dibiarkan kering selama 5-7 hari. lalu setelah itu dilakukan pengapuran untuk menyesuaikan tingkat keasaman air dan tanah pada kolam. Setelah dilakukan pengapuran, tahap berikutnya adalah pemupukan. Pemupukan dapat menggunakan kombinasi urea dan TSP serta pupuk organic sebagai pupuk dasar. Pemupukan dilakukan agar dapat memberikan kesempatan hidup bagi organisme tanah.

Pengisian air kolam

Setelah semua tahap diatas terpenuhi maka masuk ke tahap pengisian air kolam. Pertama isi air kolam sampai ketinggian 50 cm lalu biarkan sampai 7 hari lamanya, hal ini bertujuan agar plankton dapat tumbuh dan berkembang sebab plankton dan mikroorganisme lainnya dapat menjadi makanan alami bagi ikan mas.

Setelah 7 hari lalu isi air lagi sampai ketinggian 120-150 cm. suhu air harus dijaga sebab suhu air yang kurang baikk akan menimbulkan banyak resiko bagi kehidupan ikan mas nantinya. Suhu air idela untuk ikan mas adalah 15-18 derajat celcius. Suhu air yang berubah ubah dipengaruhi oleh cahaya matahari, suhu udara, lokasi dan cuaca.

Penebaran benih

Waktu terbaik untuk menebarkan benih ikan adalah jam 3-5 sore. Namun sebelum benih di tebar dilakukan proses adaptasi terlebih dahulu dengan cara pindahkan benih kedalam bak yang sudah berisi air, lalu biarkan selama 60menit. Setelah itu baru benih bisa ditebar kekolam. Untuk ukuran benih diharapkan sama agar pertumbuhan ikan mas merata.

Pemilihan benih unggul

Ada beberapa ciri benih ikan mas yang unggul, yakni:

1.Ukuran benih yang akan ditebar sama/seragam

2.Benih ikan selalu bergerak aktif dan agresif

3.Mata cerah

4.Warna tubuh cerah

Pengelolaan pakan

Pemberian pakan dilakukan pada hari ke 3 setelah penebaran benih. Pelet tidak diberikan pada hari pertama dan ke 2 sebab pada awal-awal masa penebaran masih banyak makanan alami yang terdapat pada kolam. Lalu setelah hari ke 3 barulah pemberian pakan pelet dilakukakan, pelet yang diberikan harus mengandung 20% protein 15% karbo dan 22% lemak. Pelet yang diberikan ke ikan sebelumnya harus direndam pada air hangat agar ketika dimakan oleh ikan pelet tidak mengembang diperut.

Pemberian pakan dilakukan 3x sehari pagi , siang menjelang sore, dan malam hari.

Pengelolaan air

Pengelolaan air harus dilakukan dengan disiplin sebab air harus diganti setiap 2 minggu sekali apabila tidak tepat waktu akan banyak tumbuh bibit-bibit penyakit dikolam. Penggantian air dilakukakan dengan mengganti 1/3 air kolam lalu diisi kembali. pH air pun perlu terus diperhatikan agar pertumbuhan ikan mas tidak terganggu.

Panen

Ikan mas dapat dipanen ketika beratnya sudah mencapai 300-400 gram/kg. untuk mencapai bobot tersebut membutuhkan waktu 90-120 hari.



Related : CARA BUDIDAYA TERNAK IKAN MAS DI KOLAM TERPAL UNTUK PEMULA

clear'/>