-->

Tips Merawat Mobil : Cara Membersihkan Kaca Mobil Dengan Water Repellent

tips-merawat-mobil-cara-membersihkan-kaca-mobil-dengan-Water-Repellent
Tips Merawat Mobil : Cara Membersihkan Kaca Mobil Dengan Water Repellent - Musim Hujan sebentar lagi datang, tak ada salahnya para pengendara khususnya pemilik mobil menyiapkan peralatan dan cek komponen mobil. Ketika turun hujan debu dan kotoran akan sering menempel pada bodi mobil baik dari air hujan maupun dari kendaraan lainnya. Pada bahasan sebelumnya tipstriksib sudah mengulas bagaimana cara cuci kolong mobil dan cek komponen disaat kotoran mulai menyelimuti bodi mobil. Pada kesempatan ini masih seputar cara merawat mobil cara membersihkan kaca mobildengan aplikasi water repellent.

Tujuannya dari aplikasi ini adalah selain kotoran seperti debu dan jamur mudah dibersihkan,yaitu untuk memberikan efek seperti air di daun talas.Jadi bulir-bulir air yang kerap menempel dan mengganggu pandangan pada kaca bisa diminimalisir. Apalagi ketika sudah memasuki musim penghujan.Ada baiknya buat jadwal rutin perawatan kaca agar visibilitas tetap optimal.

Cara menggunakan pembersih kaca mobil, pakailah cairan rain/ water repellent selain untuk menghindarkan air hujan menempel, juga melicinkan permukaan kaca, hingga mengurangi gesekan karet wiper pada kaca. Sebelum menggunakan cairan repellent, pastikan kaca bebas jamur dan goresan. Untuk menghilangkan goresan, dapat dibawa ke bengkel khusus. Ketika semua itu sudah dilakukan, barulah si water repellent ini dioleskan secara merata dan dilap menggunakan microfiber .Untuk penggunaan sehari-hari ,air hujan bisa saja meluncur dengan cepat tanpa meninggalkan butir-butir air,tetapi cipratan air dari kendaraan lain terkadang meninggalkan jejak kotoran seperti debu. Solusinya cuci mobil segera mungkin setelah pemakaian lalu mengeringkannya kembali. Tujuannya untuk mencegah terjadinya water spot. Karena mempunyai masa waktu juga,setidaknya lakukan perawatan secara berkala. 

Lakuan perawatan ini kurang lebih tiga bulan sekali agar visibilitas selalu maksimal dan tetap nyaman.Kaca depan kotor pastilah berbahaya bagi sang pengendara dan orang lain. Yang perlu diperhatikan adalah wiper. Wiper yang sudah mengeras/getas tak akan optimal, bahkan dapat menggores kaca. Pilih karet wiper yang bagus

Cara Membersihkan Jamur pada kaca mobil

-Posisikan mobil di tempat teduh, pastikan kaca sudah bersih
-Tuangkan cairan pembersih jamur ke kain lembut
-Gosokkan kain pada permukaan kaca secara searah, sampai cairan terasa kering. (JANGAN sampai cairan mengenai bodi mobil, kaca spion luar dan dalam, serta bagian dalam kaca yang ada kaca filmnya)
-Tunggu 5 menit (atau sesuai petunjuk produk), lalu bersihkan kaca dengan lap bersih kering

Cara Memakai aplikasi Water Repellent

-Basahi busa dengan cairan secukupnya
-Oleskan busa ke kaca secara memutar sampai kaca berkabut
-Tunggu 5 menit (atau sesuai petunjuk produk) dan siram permukaan kaca dengan air
-Keringkan kaca dan bodi mobil yang terkena air

Terkadang orang sering menggunakan air sabun pada washer untuk menghilangkan debu atau noda. Memang ampuh cara kerjanya,namun memberikan efek buruk karena mengandung detergen. Ketika sudah mengering, sisa air tersebut akan meninggalkan noda putih,pastikan gunakan air biasa atau cairan khusus wash

Baca Artikel lainnya