-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

PENYEBAB LUTUT TERASA NYERI DAN SAKIT SENDI KARENA BERSEPEDA



penyebab-lutut-terasa-nyeri-dan-sakit-sendi-karena-bersepeda
PENYEBAB LUTUT TERASA NYERI DAN SAKIT SENDI KARENA BERSEPEDA penyebab-lutut-terasa-nyeri-dan-sakit-sendi-karena-bersepeda 

Penyebab lutut terasa nyeri dan sakit sendi karena bersepeda - Olahraga bersepeda memang mengasyikan terlebih bersepeda gunung dengan trek menantang dan pemandangan yang indah. Tapi di balik itu ada bahaya dan resiko yang mengancam keselamatan pesepeda gunung jika kurang persiapan dan memahami rute perjalanan trek sepeda. Salah satu hal yang kerap terjadi pada para pesepeda adalah rasa nyeri yang muncul tiba-tiba pada lutut 


Barangkali anda salah satu orang yang pernah mengalaminya ketika sedang bersepeda di jalur off road, menikmati indahnya alam, bercanda dengan kawan-kawan ,lalu mendadak lutut anda seperti terkunci, terasa sakit harus menggerakannya. Ya, sepertinya ada yang harus anda perbaiki entah dari teknik bersepeda, peregangan, pilihan trek, atau hal-hal kecil yang lain , peristiwa nyeri sendi pada lutut kerap terjadi karena faktor stres atau tekanan berlebih pada komponen-komponen yang ada di lutut anda. Komponen itu antara lain tulang, meniskus, ligamen, otot, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan terjadi cedera lutut terasa nyeri dan sakit sendi saat bersepeda

1. Pemilihan trek

Terlalu menanjak sehingga memberikan tekanan luar biasa besar pada sendi lutut. Atau, menuruni jalur berbatu dengan kecepatan tinggi. Lutut Anda, seolah-olah menjadi peredam kejut yang menahan beban bobot tubuh Anda.

Solusi :

Jika Anda pemula, pilihan trek yang bersahabat seiring anda memperbaiki teknik bersepeda Tapi, jika trek menanjak tak bisa dihindari, hindari penggunaaan gear besar (crank-depan) dan gear kecil (sprocket-belakang).  Carilah perpaduan gear depan dan belakang yang nyaman, yang membuat Anda bisa terus menanjak tanpa harus terlalu terengah-engah, atau merasakan beban berat di area kaki terutama lutut. Jika trek tersebut menurun dan berbatu, pastikan lutut anda selalu menekuk sedikit tidak tegak kaku dan lurus. Lalu, harmonisasikan gerakan antara menekuk lutut Anda dengan pergerakan sepeda saat melindas bebatuan.


2. Pilihan sepeda

Pilihlah sepeda yang tepat. Misalnya,untuk medan downhill,maka pilihan sepeda dengan front dan rear shock yang cukup panjang menjadi hal penting.  Lutut Anda akan aman meskipun, katakanlah Anda mesti melakukan beberapa lompatan.Tapi, jika Anda menggunakan sepeda ini untuk menanjak, dijamin lutut anda akan rusak.

3. Posisi duduk

atur ketinggian seat post anda sehingga tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Jika terlalu tinggi maka kinerja lutut anda akan lebih berat, tapi jika terlalu pendek maka beban tidak disalurkan secara merata.

Perhatikan ini :

Cedera pada anterior cruciate ligament dan meniskus kerap terjadi pada para pesepeda gunung yang sering melakukan lompatan-lompatan atau kerap terjatuh dari sepedanya. Cedera ringan memang bisa sembuh dengan sendirinya,tapi banyak pula yang harus berakhir di meja operasi. Jika anda mendengar lutut anda berderak dan selalu nyeri, itu saatnya anda berbicara dengan ahli bedah.

Jika terasa nyeri lutut tiba-tiba?

Lakukan ini :

1.Tempelkan es pada area yang nyeri secepatnya. Hal ini akan menghindari kerusakan yang lebih parah. 

2. Kompresi. Bungkus perban elastis sekitar lutut Anda untuk membantu mengendalikan pembengkakan. Gunakan perban yang pas di sekitar lutut Anda, tetapi jangan terlalu ketat karena menyebabkan rasa sakit. 

Demikian tips tips olahraga bersepeda dan sebab lutut terasa nyeri dan sakit sendi saat bersepeda




Related : PENYEBAB LUTUT TERASA NYERI DAN SAKIT SENDI KARENA BERSEPEDA

clear'/>