-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

KOTA PETRA YORDANIA TEMPAT LIBURAN WISATA TERINDAH MENAKJUBKAN DI DUNIA



kota-petra-yordania-tempat-liburan-wisata-terindah-menakjubkan-di-dunia
KOTA PETRA YORDANIA TEMPAT LIBURAN WISATA TERINDAH MENAKJUBKAN DI DUNIA  kota-petra-yordania-tempat-liburan-wisata-terindah-menakjubkan-di-dunia 

Kota Petra yordania Wisata Dunia Terindah - Mendengar kata Petra pertama kali mungkin akan menimbulkan kesan masa lampau dan unik. Petra merupakan sepotong peninggalan sejarah yang luar biasa dan mengundang kekaguman dunia akan peradaban kuno yang tersisa. Dan memang demikian keadaan yang sebenarnya.

Petra adalah julukan rose – red city, karena didominasi warna dinding batu pegunungan yang mengelilinya. Walau keberadaannya di balik bebatuan dan tebing yang terjal, hampir sepanjang tahun tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan manca negara. Letaknya di antara laut mati dan teluk azaba serta berada di ketinggian sekitar seribu meter di atas permukaan laut. Mungkin sulit membayangkan, bagaimana sebuah tempat yang indah dibangun di wilayah yang kurang ‘bersahabat’. 

Beragam karya arsitektur kuno seperti makam raja, biara, rumah, teater, jalan-jalan dan sistem pengairan seolah menyatu dengan koondisi lingkungan di sekitarnya. Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di Petra, mulai dari sekedar sight seeing, riding hingga hiking yang cukup mengasyikan .

Petra seperti permata dari sebuah untaian kalung sejarah yang masih bisa dinikmati keindahannya saat dilihat dan disentuh. Bukan bangunan modern yang bisa kita jumpai saat pertama kali menjejakkan kaki di petra. Suguhan pemandangan yang didominasi bebatuan yang di ukir dengan arsitektur luar biasa segera menyadarkan kita bahwa, Petra bukanlah semata-mata tempat wisata pada umumnya. Sejak menghilang ratusan tahun dan berhasil diutamakan kembali pada abad ke sembilan belas, ia langsung menjadi pusat perhatian dunia.

Keindahan situs yang memang natural memunculkan inspirasi bagi berbagai kalangan, mulai dari produser film, fotografer hingga penggila olah raga ekstrim.  Meskipun terkungkung di lingkungan yang keras bukan berarti identik dengan sikap penduduknya. Anda bisa berkomunikasi dengan sebagian di antara mereka juga cukup lancar berbahasa inggris.

Watching the sunrise and sunset

Panorama yang memikat dan bisa disaksikan adalah momen sunrise dan sunset di pinggiran wadi nusa. Terutama sepanjang jalan yang menuju taybeh dan membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit dari pusat wadi nusa.  Atraksi perubahan warna dari jingga terang keemasan menjadi merah secara perlahan di ufuk sangat menakjubkan dan menjadi saat yang paling dinantikan. Bersiaplah dengan kamera untuk mengabdikan fenomena alam yang sulit ditemukan di tempat lain. 

Prosesi matahari terbit sekitar pukul lima pagi yang secara perlahan mempertontonkan atraksi siluet warna merah yang memukau di balik pinggiran bebatuan gunung.  Sedangkan momen matahari terbenam bisa anda tunggu mulai pukul tiga sore ,biasanya akan memunculkan efek warna ruby yang luar biasa indah. Sebenarnya waktu yang paling ideal mengunjungi petra sekitar bulan maret sampai mei atau bulan september hingga november.

Karena saat itu temperatur udara di sana sangat nyaman yaitu antara delapan belas dan dua puluh lima derajat celcius. Tentunya akan membuat pejalanan menjadi lebih leluasa dan santai. Anda bisa menjelajahi sebagian besar petra selama enam hingga dua belas jam artinya dalam satu hari pun anda cukup punya banyak waktu melakukan berbagai aktivitas.

Riding and Hiking

Jangan membayangkan menaiki motor trail seperti dalam ajang motocross atau off road.Riding di sini menunggangi keledai yang memang ‘mahir’ melintasi dinding tebing dan jurang yang terjal. Jalur yang biasa disusuri dikenal dengan sebutan siq yang merupakan ngarai yang menghubungkan kota petra dengan dunia luar. Sepanjang jalan anda bisa menyaksikan dari dekat bebatuan yang berumur ribuan tahun bahkan mungkin lebih, Terlihat bekas bendungan kuno dan saluran air yang dulunya digunakan oleh nabataean untuk mengontrol pasokan air ke dalam kota. Seperti akan terhimpit saat berjalan dicelah-celah dinding batu yang menjulang tinggi. 

Bagi para climber mungkin sangat menantang namun aktivitas panjat tebing dilarang di sana.Tempat lainnya yang tak kalah menarik adalah biara yang berada di pegunungan.  Cukup mengerikan bergoyang-goyang mengikuti gerak tubuh keledai saat mendaki dan melewati celah sempit.  Meski sekali jalan anda perlu membayar sekitar lima belas dolar, tapi amat murah untuk mendapatkan sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Bagi penggemar aktivitas outdoor dan ekstrim bisa menjelajah pegunungan dan menemukan little petra yang berupa formasi bebatuan yang berwarna-warni dan aneh. Hiking di petra lebih mirip dengan mendaki bebatuan dan memang terdapat tangga batu sepanjang jalur menuju puncak.Selain itu, karena memiliki iklim gurun, anda perlu memperhatikan pakaian dan perbekalan yang cukup.

Meskipun bisa dijumpai kedai teh kecil,namun hanya sebagai tempat untuk rehat sejenak. Terdapat monumen terbesar yang biasa disebut Monastry atau lebih dikenal dengan istilah al-deir. Lokasinya sedikit sulit dicapai,karena sebagian jalur sangat sempit dan menanjak.  Sehingga hanya sebagian wisatawan yang mau mengunjunginya. Sebaiknya berangkat sepagi mungkin agar sebelum siang sudah tiba di sana.  Jika kondisi fisik tak memungkinkan, sebaiknya menyewa keledai. Kelelahan dan tenaga yang pastinya terkuras sepertinya terbayar dengan pemandangan yang didapatkan.

Jalur alternatif lainnya adalah berangkat dari qasr al-bint ke umm al-biyara dengan pemandangan yang tak kalah menakjubkan.  Beberapa situs yang bisa dikunjungi antara lain reruntuhan air mancur nymphaeum yang kini menjadi tempat berteduh. Di sisi atas nymphaeum berdiri Byzantine petra church yang memiliki lantai mosaic yang merupakan rincian tentang kisah penciptaan.

Beranjak ke punggung bukit tepat di atas petra church bisa dijumpai blue chapel yang dikenal karena batu granit mesir yang berwarna kebiruan.Sedikit naik ke atas bukit terlihat ridge church yang mirip benteng pertahanan.

Sementara di sisi selatan dari jalan yang bertiang (colonnaded street) terdapat garden terrace yang dulunya menjadi ikon zaman keemasan petra. Di ujung barat jalan sepanjang garden terrace terdapat bangunan akhir abad pertama yang dijuluki the great temple. Sayangnya, sebagian besar bangunan peninggalan tersebut sudah hancur dan sulit untuk direkonstruksi atau di renovasi kembali.

Setelah puas mengeksplorasi dengan kamera, saatnya untuk kembali.Walaupun relatif mudah,tetap saja anda perlu berhati-hati.  Cobalah menyusuri terowongan tua yang dulunya semacam saluran untuk mengalihkan air saat terjadi bandang.Jika kita menyusuri jalur yang dilewati air akan sampai juga ke kota, namun lebih baik mengikuti saran pemandu yang paham dengan kondisinya.

Night tour

Night tour merupakan pengalaman menjelajahi siq pada malam hari yang gelap dengan penerangan yang berasal dari cahaya lilin. Memang terkesan unik dan romantis.  Dari kejauhan akan terlihat titik terang yang jumlahnya ribuan.Nuansanya pasti berbeda dibandingkan dengan berjalan saat di siang hari. Pemandangan dinding dan gua yang terukir yang luar biasa indah.

Selain menikmati udara malam,biasanya pemandu mengajak wisatawan untuk menyeruput teh tradisional. Rehat sejenak dan mendengarkan cerita rakyat menambah kehangatan suasana. Bahkan jika memungkinkan bisa juga meminta disediakan makan malam di tenda-tenda dengan tambahan biaya yang tak terlalu mahal.

Cobalah mengadah ke langit yang bertabur bintang,sebuah pemandangan mempesona yang tak terhalang apapun.Gunakan lensa zoom untuk ‘menagnkap’ indahnya langit petra. Atau bisa juga merekam jejak bintang yang membentuk garis putih terang dengan latar belakang langit yang gelap.

Jika anda ingin mencoba suasana baru, tak ada salahnya untuk bermalam di gua. Namun sebelumnya sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Karena kondisinya terbuka di mana tak ada jendela dan pintu yang tertutup,sehingga terpaan angin malam akan terasa menusuk. Sleeping bed sepertinya bisa mengatasi masalah sensasi yang berbeda dan menjadi pengalaman yang menarik.

Coffee ceremony

Meskipun dilakukan secara sederhana ,penduduk asli biasa melakukan semacam seremoni saat minum kopi. Hal ini dilakukan karena termasuk simbol penting dari keramahan dan kepercayaan. 
Dengan saling menawarkan dan menerima secangkir kopi akan menunjukkan sebuah penghormatan. Bahkan jika anda sekalipun bukan penggemar kopi,cobalah untuk menerima setidaknya satu cangkir jika anda ditawarkan. Biasanya saat acara dimulai tersedia tiga cangkir kopi.Tak masalah meski anda menjadi orang yang pertama kali mencicipinya. Jika dirasa cukup, anda bisa memiringkan cangkir dan mereka akan mengerti bahwa anda sudah tak ingin menambah lagi. Suasananya cukup santai dan anda leluasa untuk berkomunikasi untuk menambah wawasan.

Bagi anda yang ingin membeli souvenir khas petra bisa mengunjungi wadi musa yang memang menjadi semacam pusat kerajinan yordania dan tradisi nabataean . Barang yang paling populer adalah botol yang diisi dengan pasir berwarna dan memiliki motif yang sangat indah. 

Pasir yang berasal dari bebatuan dicelup ke dalam beragam pewarna yang saat terkena sinar matahari menimbulkan efek yang menawan. Hiasan botol pasir ini biasa disebut sebagai ‘harta karun petra’oleh penduduk setempat. Selain berbelanja ,anda punya kesempatan untuk belajar tentang budaya dari berbagai suku badui. Biasanya tempat-tempat ini memiliki koleksi perak yang dijual berdasarkan ukuran beratnya, ukiran batu, bordir, karpet, tembikar, alat musik tradisional dan lokasinya di sepanjang jalan utama wadi musa

Petra memang bukan surga bagi yang gemar berbelanja barang mewah. Karena kebanyakan hanya menjual hasil karya pengrajin di sana yang menjadikannya mata pencaharian. Keunikan motif dan cara pembuatannya bisa mempunyai nilai tambah tersendiri.

Terdapat beberapa tempat yang menyediakan barang-barang seni dan kerajinan serta cukup di kenal yang bisa anda kunjungi seperti made ini jordan, society for the development and rehabilitation of rural women, city of wonders bazaar.  Ada juga indiana jones gifts shop yang menjual pernak-pernik seperti yang digunakan dalam film ‘indiana jones’.Sedangkan aksesoris peralatan digital tersedia di rum studio & labs.



Related : KOTA PETRA YORDANIA TEMPAT LIBURAN WISATA TERINDAH MENAKJUBKAN DI DUNIA

clear'/>