-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA HIDUP SEHAT MINUM AIR PUTIH DAN BAHAYA KURANG MINUM



cara-hidup-sehat-minum-air-putih-dan-bahaya-kurang-minum
Tips cara hidup sehat kali ini mengulas dahsyatnya air putih bagi kesehatan tubuh dan bahaya jika kurang minum air putih begitu pula jika berlebihan banyak dalam minum air putih.  Kebanyakan orang minum saat sudah kehausan. Padahal, konsumsi air yang cukup tidak hanya untuk memuaskan dahaga, tetapi juga penting untuk kesehatan tubuh menyeluruh. Pikirkan ini baik-baik : Lebih dari setengah bagian tubuh anda terdiri atas air. Bukan lemak,bukan otot, tetapi air .

Jika berat anda 60 kilogram, sekitar 40 kilogramnya berasal dari benda-benda yang bersifat cair. Jadi cukupkanlah minum air putih dan jangan kebanyakan berlebihan minum air putih terlebih kekurangan minum air putih bisa menggangu pada kesehatan tubuh. Faktanya,setiap satu sel tubuh anda pada dasarnya adalah sebuah kantung cairan yang basah, dikelilingi oleh banyak cairan.Tanpa cairan,sel-sel anda, dan pada akhirnya anda sendiri, akan mati. 

Inilah alasan orang dapat bertahan lama tanpa makanan, tetapi tak bisa bertahan tanpa air. Dengan kata lain, air adalah zat yang paling vital untuk bertahan hidup. Kedengarannya dramatis.Tapi coba pertimbangkan lagi. Air yang cukup adalah kunci untuk menjaga pencernaan tetap pada jalurnya, saluran pernapasan tetap lembab, dan kandungan ginjal anda terjaga baik. Juga untuk meningkatkan kerja hampir semua organ besar, termasuk otak.

Sistem pengiriman

Anda mungkin sekarang bisa membayangkan bagian dalam tubuh anda sebagai sekelompok organ yang tergenang air . Gambaran yang lebih akurat melibatkan ilmu biologi yang agak rumit : Setiap kali anda minum, air akan mengalir melewati usus menuju pembuluh darah. Dan seperti seember air yang dituangkan ke lautan, air tersebut akan menjadi bagian dari campuran cairan yang lebih besar dan mineral terutama garam.

Larutan garam ini mengantarkan sinyal kimia bolak-balik di antara membran-membran sel, memberi tahu setiap aksi anda.  Larutan ini juga mengantarkan zat-zat lain yang juga harus dimiliki tubuh ( oksigen, glukosa, hormon) melalui darah. Bisa tebak, darah kebanyakan terdiri atas apa? ya betul,air juga. Bagaimana dan kapan air keluar dari tubuh anda tergantung pada segudang faktor,termasuk kelembaban dan suhu, tingkat aktivitas anda,dan seberapa banyak anda berkeringat, kata lawrence armstrong,Ph.D., peneliti pada human Performance laboratory di University of connecticut,AS.Yang jelas jika terlalu banyak pengeluaran dan tidak cukup pemasukan, tubuh anda akan menderita

Tubuh kekeringan

Melihat cerita diatas, tampak anda memiliki banyak air untuk cadangan. Tetapi, kehilangan air,walau dalam jumlah sangat kecil,dapat menghidupkan alarm.  Rasa haus adalah tanda peringatan dehidrasi, dengan berasumsi anda tidak baru saja makan camilan asin. Rasa ini biasanya muncul saat anda kehilangan 2 persen saja dari berat air dalam tubuh anda.

Pada titik ini, anda bisa jadi rentan terhadap kram otot dan sakit kepala.Kemampuan atletik anda bisa jadi mulai melemah.Stres yang dihasilkan mempercepat detak jantung dan membuat lelah,kata Lawrence L.spriet,Ph.D.,pemimpiin ilmu kesehatan dan nutrisi manusia pada University of Guelph di Ontario,Kanada.

Singkatnya,segala sesuatu mulai terasa berat. Dan jika anda tidak ingat minum sepanjang hari, hati-hati : pemasukan cairan yang sangat rendah pada jangka panjang bisa menimbulkan masalah. Seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih, juga memperlambat proses persalinan, jika anda hamil.

Kekurangan cairan secara mengejutkan juga dapat mempengaruhi otak. Penelitian menyebutkan, dehidrasi ringan yang bahkan tidak membuat anda haus dapat mengganggu kemampuan anda berkonsentrasi dan meningkatkan stres dan kecemasan.

Para ilmuwan masih mencari tahu apa penyebab spesifiknya. Tetapi mereka menduga ,kekurangan air berefek negatif pada sel-sel saraf yang mengontrol suasana hati. 

Tentu saja, benar-benar dehidrasi adalah kondisi yang sangat serius Stella L.Volpe,Ph.D.,R.D guru besar dan pimpinan departemen ilmu nutrisi pada Drexel University, mengatakan kehilangan 5-6 persen berat air pada tubuh bisa membuat anda menderita ginjal seperti mental confusion (salah satu cirinya adalah kehilangan orientasi ) atau muntah-muntah.

Jenis dehidrasi parah ini, biasanya hanya mempengaruhi atlet dan mereka yang berada di cuaca ekstrem, perlu dipertimbangkan untuk di bawa ke bagian gawat darurat.

Minum pintar

Yang agak membingungkan, ada beberapa petunjuk soal menjaga asupan cairan ini.  Ternyata, anjuran yang sering kita dengar, yaitu delapan gelas sehari,mungkin hanya merupakan mitos kesehatan yang tidak bekerja pada setiap orang. Semua tergantung pada kondisi biologis dan gaya hidup seseorang. Secara umum,Institute of Medicine merekomendasikan wanita mendapatkan paling sedikit sekitar 2,7 liter air per hari,sudah termasuk cairan yang didapat dari makanan. 

Dan ini tidak terbatas pada makanan berkuah saja,lho. Ayam yang dimasak sekalipun dipenuhi oleh air,sehingga rata-rata anda akan memakan sekitar 20 persen kari kebutuhan air harian anda.

American College of Sports Medicine merekomendasikan minum sekitar setengah liter air empat jam sebelum anda berolah raga .Lebih baik lagi, anda minum air secara bertahap sepanjang hari.  Meneguk air minuman terlalu banyak sesaat sebelum ngegym atau olahraga , katakanlah saat perjalanan udara yang panjang hanya akan membuat anda bolak balik ke kamar mandi

Saat merasa ragu, tanyakan pada diri sendiri, aktivitas apa yang sedang saya lakukan, untuk berapa lama dan pada suhu berapa?  Jika berlatih kurang dari sejam di udara dingin, anda mungkin tidak butuh minum air selama latihan. Jika anda mengikuti pertandingan yang keras di udara panas,seperti turnamen tenis atau lomba lari jarak jauh,berhentilah sejenak untuk minum.

Jika anda sedang berada di kantor dan penasaran seberapa lembap sel-sel anda, pergilah buang air kecil . Jika urin anda berwarna kuning pucat anda baik-baik saja.  Setiap kali terlihat lebih gelap berarti anda membutuhkan lebih banyak air.Sebaliknya jika urin anda secara konsisiten terlihat sangat terang dan bening seperti kristal, artinya anda berusaha terlalu keras untuk mencukupi cairan anda Ini juga bukan kondisi yang bagus.

Di atas segalanya, dengarkan apa yang diminta tubuh anda.Sebuah artikel baru dalam british medical journal menyatakan, saat industri sports drink berteriak-teriak keras tentang dehidrasi, orang seharusnya menanggapinya hanya dengan memerhatikan gejala-gejala yang di tunjukkan tubuh sendiri.  Hanya ada satu aturan keras dalam kecukupan cairan : jika anda merasa haus, minumlah. Dan jika anda melewati beberapa jam tanpa minum ,teguklah segelas air.

SAAT AIR JADI RACUN

Sama seperti anda bisa mengalami bahaya dehidrasi,anda juga bisa mengalami bahaya kebanyakan cairan. Kelebihan air berarti sel-sel anda tak dapat berfungsi dengan baik dan ginjal anda tak dapat bekerja cukup cepat menghilangkan sisa –sisa zat.

Tetapi,sebelum anda khawatir ketahuilah bahwa keracunan air sangat jarang terjadi dan biasanya hanya berbahaya bagi pelari ultramaraton (menempuh jarak di atas 42 km) dan mereka yang minum berlebihan saat berolah raga berjam-jam sekaligus . Selain dua kategori tersebut,yang lain bisa memonitor urinnya. Jika selau sangat jernih, kurangi minum anda.

Baca juga Artikel
Ciri-Ciri Kolesterol tinggi dan Cara mengatasi menurunkan Kolesterol


Related : CARA HIDUP SEHAT MINUM AIR PUTIH DAN BAHAYA KURANG MINUM