-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN BERSEPEDA DAN JALAN KAKI



cara-meningkatkan-konsentrasi-belajar-anak-dengan-bersepeda-dan-jalan-kaki
Tahukah sobat manfaat dari olahraga apa yang cocok buat anak-anak sekolah dalam upaya meningkatkan prestasi dan konsentrasi anak saat belajar di sekolah ? sebuah penelitian yang melibatkan beberapa universitas ternama di Denmark menyebutkan bahwa anak-anak yang mengayuh sepeda ( bersepeda setiap hari ke sekolah ) atau berjalan kaki menuju sekolahnya memiliki kemampuan berkonsentrasi yang lebih tinggi saat di kelas daripada mereka yang tidak bersepeda dan jalan kaki dengan jarak tempuh yang cukup jauh. 

Tiap hari bersepeda dan berjalan kaki ke sekolah selain memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh tapi juga bisa meningkatkan konsentrasi anak saat belajar di sekolah. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa anak-anak yang sering berjalan kaki dan bersepeda menuju sekolah memiliki nilai cukup memuaskan dalam ujian yang notabene membutuhkan konsentrasi tinggi . Tingkat konsentrasi anak yang sering berjalan kaki dan bersepeda sekitar satu hingga empat jam lebih lama.

Hasil penelitian ini pada awalnya menguji seberapa besar efek dan pengaruh sarapan dan makan sebelum belajar terhadap kemampuan anak-anak dalam berkonsentrasi . Hasilnya memang benar bahwa sarapan dan makan siang memang memiliki pengaruh pada konsentrasi, tapi tidak sebesar hasilnya daripada saat anak-anak beraktivitas terutama berjalan kaki dan bersepeda.

Mengurangi stress. Gerakan yang tercipta dari mengayuh sepeda dapat menstabilkan fungsi tubuh dan menciptakan efek relaksasi. Jadi tidak hanya segi fisik tapi juga mental yang memperoleh manfaat dari bersepeda. Anak-anak yang berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah ternyata memiliki kemampuan yang tinggi saat berkonsentrasi belajar dengan grafik meningkat dan setara dengan anak-anak yang setengah tahun lebih dulu bersekolah darinya. Selain bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak , bersepeda dan jalan kaki juga dapat bermanfaat untuk kesehatan . 

Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda dan jalan kaki untuk kesehatan tubuh ;

1. Menyehatkan jantung. 
Dengan bersepeda tiap hari secar rutin, jantung otomatis akan bekerja lebih baik karena terus dilatih. Hal ini dapat mencegah timbulnya penyakit jantung hingga 50%. Dengan bersepeda secara teratur, jantung akan lebih kuat dan lebih sehat.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh, 
Dengan rutin bersepeda, imunitas tubuh akan terjaga, sehingga melindungi tubuh dari berbagai virus dan serangan penyakit yang datang dari luar.

3. Mencegah timbulnya sakit punggung dan penyakit tulang belakang.
Ketika bersepeda postur tubuh dan gerakan kaki akan membuat tulang belakang dan punggung tetap terjaga kekuatannya. Otot-otot tulang belakang akan semakin kuat sehingga akan terjauh dari sakit punggung .

4. Menjaga lingkungan bebas dari polusi.
Dengan bersepeda dan jalan kaki tentu penggunaan kendaraan bermotor akan berkurang dan dapat menciptakan lingkungan yang bebas dari polusi sehingga dapat melestarikan lingkungan yang sehat

Demikian tips cara meningkatkan konsentrasi belajar anak dengan bersepeda dan manfaat bersepeda dan jalan kaki untuk kesehatan




Related : CARA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN BERSEPEDA DAN JALAN KAKI