-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

BAHAYA MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH YANG TIDAK SEHAT DAN SEMBARANGAN



bahaya-makanan-jajanan-anak-sekolah-yang-tidak-sehat-dan-sembarangan
BAHAYA MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH YANG TIDAK SEHAT DAN SEMBARANGAN bahaya-makanan-jajanan-anak-sekolah-yang-tidak-sehat-dan-sembarangan


Bahaya makanan jajanan anak sekolah yang tidak sehat dan sembarangan - Awas bahaya jajanan anak yang banyak dijajakan di tempat-tempat sekolah yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak kita , yang bisa menimbulkan dan berakibat pada gangguan kesehatan tubuh anak yang akan berdampak dalam kurun waktu yang lama. 

Alangkah baiknya kita sebagai orang tua selalu mengawasi menu makanan yang dikonsumsi anak agar anak kita tidak jajan sembarangan. Untuk menjaga kualitas makanan agar terkontrol gizi dan sehat , baiknya semua jajanan anak sengaja dibuat oleh para orang tua agar terjamin dari nilai gizi dan nutrisinya. Pada masa pertumbuhan anak tentunya tubuh dan otak membutuhkan nutrisi makanan sehat agar perkembangan anak seimbang dengan aktifitas keseharian baik secara jasmani maupun rohani. .

Makanan jajanan berfungsi untuk mengatasi rasa lapar di antara waktu makan anak, karena kapasitas lambung anak relatif kecil, serta untuk mengurangi overeating saat makan. Selain itu, jajanan juga dapat meningkatkan konsentrasi anak, bila takaran dan kandungan makanan bergizi.

Jajanan sehat harus memenuhi syarat gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Kandungan seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, merupakan zat gizi yang menjadi fondasi hidup sehat untuk masa depan anak.

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO) Indonesia, jajanan yang dijual pedagang kaki lima didefinisikan sebagai makanan dan minuman yang dipersiapkan dan dijual oleh pedagang di jalan dan tempat-tempat keramaian umum, yang langsung dikonsumsi tanpa pengolahan yang benar dan standar nutrisi yang sesuai.  Fakta yang lebih mengejutkan adalah adanya temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di mana 44% jajanan anak di pasaran tidak sehat dan mengandung zat adiktif.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan makanan jajanan anak sekolah menjadi tidak sehat dan sembarangan:

1.Rendahnya kondisi kebersihan dan sanitasi penjual makanan.

Faktor ini merupakan penyebab terbesar dari penyakit pencernaan dan keracunan yang diderita anak. Selain itu, jajanan yang dibungkus dengan kertas bekas atau koran bekas tidak diperbolehkan karena ada reaksi berbahaya yang ditimbulkan.

2. Kondisi lingkungan yang tercemar oleh polusi dan limbah industri. 

Lokasi pedagang turut berpengaruh. Tempat jual jajanan di tempat yang terpapar sinar matahari, debu, hujan dan asap kendaraan dapat menyebabkan jajanan tercemar dan tidak sehat.

3. Bahan kimia berbahaya dalam makanan 

Penyalahgunaan bahan berbahaya yang digunakan oleh pedagang tidak bertanggung jawab, di antaranya adalah boraks, formalin, rhodamin B dan methanol yellow.  Makanan atau minuman dengan warna yang terlalu mencolok atau cerah kerap mengandung pewarna non makanan.
Penggunaan bahan tambahan pangan melebihi batas maksimal yang diizinkan, seperti pengawet dan pemanis. Makanan murah patut diwaspadai karena biasanya mengandung bahan pangan sintetis berlebih atau berbahaya



Related : BAHAYA MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH YANG TIDAK SEHAT DAN SEMBARANGAN

clear'/>