-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA PENYAKIT JANTUNG



makanan-sehat-untuk-penderita-penyakit-jantung
MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA PENYAKIT JANTUNG makanan-sehat-untuk-penderita-penyakit-jantung 

Makanan sehat untuk penderita penyakit jantung - Jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh yang berperan dalam sistem peredaran darah. kelainan pada jantung dapat beresiko kematian.  Masalah pada jantung dibagi karena kegagalan organ jantung seringkali hampir menjadi dua bagian, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung. Serangan jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi.

Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi bisa karena pengaruh obat-obatan yang tidak cocok, bisa juga karena memaksakan olahraga tanpa pemanasan sehingga aktivitas jantung yang melebihi ambang batas, bisa juga karena faktor makanan yang dikonsumsi terutama makanan cepat saji (junk food).  Konsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti Salmon, Tomat, Minyak Zaitun, Gandum, Almond, dan Apel, habatussauda dan lainnya.  Untuk penjelasan mengenai makanan-makanan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung , tipstriksib akan berbagi informasi mengenai tips kesehatan tentang 11 makanan sehat untuk penderita penyakit jantung yang perlu diketahui.

1 Salmon

Jika Anda bukan vegetarian, salmon baik untuk jantung Anda. Alasan utamanya adalah kandungan vitamin D dan omega 3-nya. Vitamin D pada salmon lebih tinggi dari ikan manapun. 

a membantu pencernaan kalsium, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta sering dikaitkan dengan upaya penurunan berat badan juga meningkatkan fungsi otak.  Kekurangan vitamin D pada orang dewasa juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kematian prematur. Sementara, omega 3 adalah anti-oksidan yang ampuh. Itu sebabnya salmon baik bagi jantung.

2 Brokoli

Brokoli memang dikenal mampu menurunkan risiko terhadap penyakit kardiovaskular.  Para peneliti mengatakan bahwa indole 3 karbinol, komponen yang terdapat dalam brokoli, sangat potensial untuk menjaga kesehatan jantung. Cara kerjanya adalah dengan mengantisipasi aspek-aspek yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

3 Asparagus

Asparagus rupanya memuat banyak nutrisi ampuh untuk melawan penyakit jantung, seperti folat, vitamin A, C, dan K, juga omega 3. Bahan-bahan dalam asparagus berfungsi sebagai alat detoksifikasi yang dapat membuang bahan-bahan yang beracun bagi tubuh.  Dengan demikian, ia melindungi kesehatan dan struktur sistem kardiovaskular.

4 Bayam

Popeye menjadi kuat karena bayam, dan itu bukan tanpa alasan.  Bayam mengandung vitamin A, C, dan K, serta kaya kalsium dan magnesium. Seporsi bayam saja dapat memberikan 20 persen dari kebutuhan magnesium Anda.  Ini sangatlah penting, karena tubuh butuh magnesium untuk fungsi otot yang baik, mengontrol gula darah, hingga mengatur tekanan darah. Bayam adalah sahabat jantung Anda

5.Beras Merah

Beras merah menjadi salah satu nutrisi yang sehat untuk tubuh dibandingkan dengan jenis beras putih. Beras merah mengandung berbagai zat yang sangat penting untuk tubuh seperti :

Mangan :

mangan berfungsi untuk menetralisir lemak dalam tubuh. Zat mangan juga membantu proses sintesis lemak dalam tubuh, memperbaiki sistem syaraf dan organ reproduksi. Dalam satu porsi beras merah mengandung lebih dari 70% kebutuhan mangan untuk tubuh

Anti oksidan.

Bahan anti oksidan mampu membuat sistem kerja jantung menjadi sangat stabil. Selain itu bahan anti oksidan juga mampu mengurangi kadar kolesterol buruk dalam darah yang bisa menghambat peredaran darah ke jantung.

6. Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang mudah didapatkan. Selain itu wortel juga bisa dikonsumsi menjadi berbagai macam olahan. Sayuran ini adalah makanan kaya serat yang sangat baik untuk nutrisi dalam tubuh. Kandungan Wortel Dalam satu buah wortel berukuran sedang memiliki kandungan sekitar 200 % vitamin A, 9 % vitamin K, 3 % kalsium dan 7 % vitamin C. Kandungan lain dari wortel adalah beta-karoten yang sangat bagus untuk jantung. Wortel juga memiliki beberapa kandungan zat lain yang sangat penting untuk jantung seperti asam folat, vitamin B6, potassium, magnesium dan tiamin.
Semua kandungan wortel tersebut bisa membangun otot jantung, mencegah stroke dan juga membentuk sistem syaraf dalam tubuh.

7. Tomat

Tomat adalah buah yang mudah untuk ditemukan. Dalam satu buah tomat mengandung beberapa zat penting untuk memelihara kesehatan jantung. Selain untuk jantung tomat juga dikenal sebagai makanan sehat untuk penderita stroke yang cukup ampuh.

Kandungan Gizi Tomat

Tomat mengandung vitamin C terutama zat lycopene. Bahkan tomat juga memiliki kandungan asam salisilat yang bisa mencegah proses pembekuan darah.

Kandungan gizi terbaik terletak pada daging buah dan agar-agar yang berada di sekitar biji dan daging.


8. Kacang almond

Kacang almond banyak mengandung vitamin E, kalsium, kalium dan magnesium. Selain itu kacang almond juga memiliki kandungan serat dan protein yang cukup tinggi. Dalam 23 butir kacang almond mengandung sekitar 1 gram lemak jenuh dan kolesterol serta 13 gram lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu kacang almond juga memiliki sumber protein, kalsium, riboflavin, niacin dan serat. Mengkonsumsi 1 ons kacang almond dalam sehari juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Almod akan menghancurkan kolesterol jahat dalam darah dan mengubahnya menjadi kolesterol baik.

9. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah jenis susu yang diolah dari bahan kedelai. Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam satu gelas susu kedelai terdapat beberapa kandungan gizi antara lain: 6.5 gram protein, 3 gram lemak sehat, 0.5 gram lemak jenuh dan kurang dari 20 mg kolesterol. Bagi orang yang memiliki resiko penyakit jantung dan kelainan jantung bawaan sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai secara rutin sekitar 20 gram perhari.

10. Teh

Teh banyak dikenal menjadi minuman yang sangat disukai oleh penduduk Indonesia. Bahkan Indonesia masuk menjadi salah satu penghasil teh terbesar di dunia. Teh diolah dengan cara fermentasi yang bisa meningkatkan kandungan polifenol yang masuk dalam kategori flavonoid. Kandungan polifenol memiliki zat anti oksidan yang sangat tinggi. Kandungan polifenol dalam teh berfungsi untuk membersihkan paru-paru, memperlancar aliran darah dalam jantung dan mencegah resiko serangan jantung.

11. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi salah satu menu sarapan setiap pagi. Oatmeal terbuat dari bahan yang banyak mengandung biji-bijian. Oatmeal mengandung berbagai jenis vitamin, mineral dan memiliki kandungan serat tinggi yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal yang terbuat dari gandum memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi kesehatan jantung. Oatmeal adalah makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pembentukan tulang dan gigi.

Demikian 11 makanan sehat untuk penderita penyakit jantung , semoga bermanfaat


Baca juga Artikel

Ciri-Ciri Kolesterol tinggi dan Cara mengatasi menurunkan Kolesterol



Related : MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA PENYAKIT JANTUNG

clear'/>