-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

TIPS MERAWAT MOBIL : CARA CUCI KOLONG MOBIL DAN CEK KOMPONEN MOBIL



tips-merawat-mobil-cara-mencuci-kolong-mobil-dan-cek-komponen-mobil
Tips Merawat Mobil : Cara Cuci Kolong Mobil Dan Cek Komponen Mobil

Ketika musim hujan, bodi mobil memang menjadi cepat kotor.Tapi bagian kolong bawah mobil yang jarang ditengok justru area paling kotor yang harus rutin di bersihkan. Kotoran di jalan mulai dari unsur tanah, daun, plastik dan aspal bisa menghinggapi bagian kolong mobil.

Air tanah yang menempel di bawah ini juga memicu karat karena banyak komponen berbahan besi. Mencuci kolong pun jadi rutinitas yang wajib dilakukan.Bila intensitas hujannya tidak terlalu sering, seminggu sekali cukup. Tetapi bila setiap hari, minimal dua kali seminggu agar kolong mobil tetap bersih dan tidak cepat berkarat. Posisinya yang berada di bawah mobil memang membuatnya sulit untuk di lihat.

Begitu juga ketika membersihkannya, harus ke tempat pencucian mobil yang memiliki lift. Ini sangat membantu karena bisa lebih detail dalam membersihkan celah yang sulit dijangkau. Sementara pencucian mobil yang menggunakan jembatan tidak bisa maksimal membersihkannya. Dari pengalaman kami,area kolong hanya bersih 30% saja. Hal ini karena akses yang terbatas untuk menjangkau celah di tengah kolong mobil. Setelah kolong mobil dibersihkan, jangan terburu-buru untuk diturunkan. Biasakan Anda mengecek terlebih dahulu dari depan ke belakang. Di sela-sela bumper umumnya sering masuk sampah seperti daun atau plastik saat menerjang banjir. Kotoran tersebut bisa mengganggu sisitem pendingin mesin dan kabin. Jangan lupa juga periksa roda mulai dari sela-sela pelek apakah ada kotoran tersangkut.Pun komponen shockbreaker apakah tidak alpa untuk dibersihkan agar tidak cepat merusak sistem suspensi. Sambil melakukan pengecekan kebersihan,Anda juga bisa sekaligus memastikan tidak ada yang rusak pada komponen di sekitar kolong mobil. Seperti as roda , karet di bumper, serta pelindung mesin. Penyambung antar komponen mekanis, umumnya dilindungi oleh karet. Perhatikan dengan seksama apakah ada yang robek atau tidak. Beberapa tipe mobil ada yang melindungi mesin dengan penutup lantai. Biasanya untuk menempelnya menggunakan mur atau `klep karet. Bentuknya seperti kancing baju sehingga terkadang mudah lepas bila terkena tekanan semprotan air ketika mencuci.

KOMPONEN YANG WAJIB DI CEK DI KOLONG MOBIL

1.As roda
Komponen as roda khususnya mobil berpenggerak roda depan harus lebih diperhatikan ketika mencuci kolong. Butiran tanah serta kotoran lain yang menempel bisa merusak karet pelindung sambungan as roda. Efek bila tidak dibersihkan adalah pelumas pada joint kopel akan terbuang dan mudah rusak.

2. Lantai pelindung
Untuk mencegah mesin dari cipratan air tanah dan kotoran lainnya, beberapa produsen mobil melindunginya dengan lantai. Biasanya lantai pelindung ini di pasang dengan klep karet atau mur.
Pastikan tidak ada yang terlepass karena bisa saja lantai pelindung menjadi kendur.

3.Steering rack
Kotoran yang menumpuk pada karet boot pelindung sistem kemudi rack & pinion bisa berakibat bocornya di power steering. Pastikan tidak ada rembesan oli sehingga sistem kemudi tetap berfungsi normal.

4. Kondensor AC
Bagian ini sanat mudah kotor lantaran posisinya yang cukup rendah.Cipratan kotoran jalan sering menumpuk dan menghalangi kisi-kisi kondensor. Lantaran posisinya sejajar dengan radiator,otomatis proses pelepasan panas AC dan mesin akan terganggu.

5. Suspensi
Tidak kalah penting adalah komponen suspensi yang juga sensitif pada kotoran.Perhatikan secara khusus bagian yang bergerak.Bila kotor akan muncul suara mendecit.Jangan dibiarkan karena bisa merusak sil karet.



Related : TIPS MERAWAT MOBIL : CARA CUCI KOLONG MOBIL DAN CEK KOMPONEN MOBIL