-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA ALAMI MENJAGA KESEHATAN PARU-PARU DENGAN MAKANAN SEHAT



cara-alami-menjaga-kesehatan-paru-paru-dengan-makanan-sehat
Suka tidak suka dan tanpa bisa dihindari,hampir setiap hari tubuh kita terkena paparan polusi dari asap rokok, asap knalpot kendaraan, atau polusi lain yang bisa mengganggu pernafasan. Jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, efeknya jelas sangat tidak menguntungkan bagi saluran pernapasan Anda, terutama paru-paru Anda. Mengapa? Menurut Muhammad Ferdyansyah Sechan,S.Si, peneliti dari Nutrifood Research Center, paru-paru adalah salah satu organ yang paling penting dalam kehidupan manusia.

Paru-paru adalah tempat pertukaran oksigen (yang Anda butuhkan untuk memproduksi energi) dengan karbondioksida ( hasil pembentukan energi yang harus dikeluarkan dari tubuh). Menjaga paru-paru tetap sehat berarti menjaga pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh tetap stabil dan mencukupi, sehingga seluruh fungsi tubuh berlangsung tidak seimbang, maka akan lebih sedikit oksigen yang bisa diantar ke sel-sel tubuh yang membutuhkan , dan lebih sedikit energi yang di hasilkan dalam tubuh. Efeknya, Anda akan merasa lemas dan tidak bertenaga. Kenali penyebabnya 

Disisi lain ada berbagi kondisi yang dapat menyebabkan gangguan kinerja atau penurunan fungsi paru-paru.Misalnya, karena penyakit yang didapat saat Anda dewasa atau saat baru lahir,adanya trauma pada dada atau cedera kepala,atau keadaan lingkungan sekitar seperti polusi udara dan asap rokok.

Polusi udara berpengaruh pada kesehatan dalam jangka pendek dan panjang. Efek jangka pendek yang dapat dirasakan adalah iritasi pada pada mata,hidung dan tenggorokan,infeksi saluran napas atas, sakit kepala, mual atau reaksi alergi. Sedangkan efek jangka panjangnya adalah penyakit paru-paru kronis, kanker paru-paru,penyakit jantung ,bahkan dapat menyebabkan kerusakan otak,saraf ,hati atau ginjal. 

Sedangkan komponen-komponen yang terkandung dalam asap rokok,seperti radikal bebas,dapat menyebabkan terjadinya kanker paru dan penyakit-penyakit yang menyebabkan kerusakan pipa saluran napas dan alveoli, seperti emfisema,bronchitis,dan penyakit paru obstruktif kronis. Selain menyebabkan penyakit pada sistem pernapasan, rokok juga dapat menyebabkan penyakit pada sistem tubuh yang lain, yaitu sistem jantung dan pembuluh darah (penyakit penyempitan pembuluh darah perifer,penyakit jantung koroner), beberapa jenis kanker, dan gangguan kesehatan lain seperti infertilitas,kelahiran prematur, dan lain-lain. 

Selain itu,rokok juga dikenal sebagai perusak utama paru-paru karena dengan merokok polutan yang masuk ke tubuh jadi lebih terkonsentrasi ”Rokok merupakan penyebab utama obstructive pulmonary disease(penyakit paru-paru obstruktif menahun) seperti bronchitis,danpneumonia. Nikotin dalam rokok menyebabkan kerusakan berantai terhadap saluran pernafasan,sehingga berdampak pada produksi lendir (sputum) berlebihan dan penyumbatan pada saluran pernapasan.

Selain itu,debu halus dari asap rokok juga melukai sel darah pputih sehingga kemampuannya membasmi kuman pun menurun,”tegas Ferdyansyah. Atasi dengan asupan nutrisi. Asupan nutrisi memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi saluran napas,termasuk paru-paru. Bahkan,nutrisi yang tepat juga bisa membantu proses penyembuhan penyakit pada saluran pernapasan atau paru-paru.

Pada saat sedang sakit atau dalam masa proses penyembuhan,tubuh akan memerlukan nutrisi yang lebih baik dalam jumlah yang lebih tinggi dari biasa, karena nutrisi ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh,regenersi sel-sel tubuh, menggantikan atau menambahkan zat-zat yang hilang atau kurang saat sakit atau masa proses penyembuhan.

Dan berikut adalah panduan tentang sejumlah nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan atau membantu proses penyembuhan pada saluran pernapasan atau paru-paru.

VITAMIN C
Menurut Departemen Kesehatan RI,angka kecukupan gizi (AKG) vitamin C untuk pria dewasa adalah 90 mg perhari.Namun institut of Medicine (IOM) di Amerika Serikat menganjurkan kepada par perokok untuk mengonsumsi vitamin C hingga 35 mg lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kadar vitamin C yang terdapat pada orang-orang yang rutin merokok.

Sebab,merokok mampu meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh,dan hal inilah yang mengakibatkan turunnya kadar antioksidan alami dalam darah (salah satunya vitamin C) dengan cepat. Dengan meningkatkan asupan vitamn C,diharapkan kadar vitamin C darah kembali normal sehingga efek degeneratif dari rokok bisa dikurangi.

Buah-buahan serta sayuran adalah makanan yang kaya vitamin C.Beberapa buah dan sayuran yang kaya vitamin C adalah :

BUAH ATAU SAYURAN VITAMIN C (mg)

Kiwi 64 (1buah)

Paprika 95 (1 buah)

Brokoli 80 (1cangkir)

Pepaya 140(1 cangkir)

Jambu biji (guava) 125 (1 buah)

Jeruk 51 (1 buah)

Strawberry 136 ( 1 cangkir)

Kembang kol 51 ( 1 cangkir)


AKRAB DENGAN KELUARGA BERRY.
Buah-buahan dalam kelompok buah berry memang terkenal kaya antioksidan. Komponen aktif dalam buah berry,antosianin,adalah antioksidan kuat yang ampuh mengurangi jumlah radikal bebas sehingga menurunkan stres oksidatif tubuh dan mengurangi risiko kanker serta pembentukan plak. Disarankan untuk mengonsumsi blueberry sekurang-kurangnya 2 cangkir (250 g) setiap hari.Dan menurut Free Radical Research,blueberry memerangi aktivitas enzim yang dikenal sebagai enzim angiotensin-converting,yang menyebabkan kerusakan pembuluh jantung. Selain itu, blueberry mengurangi jumlah stres oksidatif dalam tubuh perokok .Dan,stres oksidatif inilah yang diketahui mendorong terbentuknya pembentukan sel kanker dan penyakit jantung.

KONSUMSI RUTIN OMEGA-3
Menurut suatu laporan Agency for Healthcare Research and Quality,makanan yang mengandung lemak omega-3 dapat mencegah pembentukan sel kanker di paru-paru.Makanan yang kaya kandungan omega-3 adalah ikan laut seperti salmon dan blue fish,serta flaxseed,kacang-kacangan seperti walnut,dan minyak zaitun. Pemberian makanan yang kaya akan omega-3 pada penderita penyakit gangguan paru-paru kronik(COPD) dapat memperbaiki fungsi paru-paru penderita penyakit tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan serum,tingkat produksi lendir serta perbaikan gejala pada penderita penyakit tersebut.

Untuk itu, Anda disarankan menonsumsi 1,6 g asam lemak omega-3 setiap hari.Sedangkan kemungkinan omega-3 mampu membantu penyembuhan COPD (terutama asma) dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat penderita asma di populasi Eskimo,yang dikenal rajin mengonsumsi banyak ikan laut. Secara fisiologis,asupan omega-3 juga mampu menekan respons peradangan akibat berkumpulnya sel darah putih dalam paru-paru.Ini hal yang lazim terjadi pada penderita COPD akibat merokok. Beberapa uji klinis telah berhasil membuktikan efek ini,namun dosis yang digunakan seringkali 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan konsumsi rata-rata perhari pada populasi normal.

DAPATKAN PERLINDUNGAN DARI KEDELAI
Flavonoid dalam kedelai biasanya terdapat dalam bentuk isoflavone.Senyawa ini memiliki aktivitas antioksidan dalam tubuh dan mampu menghambat pembentukan kolesterol jahat (LDL). Bagi perokok,senyawa ini juga dapat melindungi paru-paru karena bersifat antiradang serta mencegah terbentuknya sel kanker akibat radikal bebas yang bersal dari rokok,seperti nikotin.

Dengan begitu,makanan dan minuman yang mengandung kedelai berarti bisa memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak napas kronis pula.Sudahkan Anda masukkan tempe atau tahu dalam menu sehat Anda?

KURANGI RISIKO DENGAN SAYURAN
Antioksidan isothiocyanate pada sayuran seperti brokoli,tauge,serta kembang kol terbukti bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.Sayuran kol, kol hijau, dan kol merah berfungsi sebagai sumber nutrisi dan perlindungan paru-paru. Makanan sumber nutrisi paru-paru lain termasuk bit,wortel,ketela,labu,biji wijen,almond,aprikot,kacang dan buah sitrus. Isothiocyanate adalah kelompok senyawa yang dihasilkan oleh metabolisme glucosinolate,senyawa sulfur yang terdapat pada sayuran berjenis cruciferous. Beda spesies sayuran,beda pula senyawa isothiocyanate yang dihasilkan.Isothiocyanate diduga mencegah aktifnya senyawa karsinogen rokok dalam tubuh dan mengingkatkan laju pengeluaran senyawa karsinogen tersebut sebelum merusak sel tubuh.

Walaupun begitu,belum dilakukan studi entervensi dengan subyek manusia sehingga penyataan “menurunkan risiko kanker paru-paru” masih belum bisa dipastikan. Setelah Anda membaca artikel ini, sekarang Anda tahu jenis-jenis makanan yang tepat untuk sering dikonsumsi agar paru-paru Anda memiliki kondisi dan performa prima.

Demikian tips cara menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan sehat alami, semoga bermanfaat




Related : CARA ALAMI MENJAGA KESEHATAN PARU-PARU DENGAN MAKANAN SEHAT

clear'/>