-->

KHASIAT MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI TELUR UNTUK KESEHATAN TUBUH

khasiat-manfaat-dan-kandungan-gizi-telur-untuk-kesehatan
Telur ( telor ) merupakan makanan yang sangat mudah didapat dan diolah mulai dari resep paling gampang seperti ceplok telor mata sapi sampai resep telur pindang. Sobat bisa juga menemukan telur di warung dekat rumah maupun di supermarket di sekitar lingkungan sobat terutama telur ayam dan telur bebek. 

Pertanyaanya apakah telur sangat baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak? Sebab,sebagian orang yakin bahwa kuning telur dapat meningkatkan kadar kolesterol dan menimbulkan banyak penyakit. Sekarang saatnya untuk meluruskan masalah ini.Melalui berbagai studi,para peneliti menemukan bahwa bukan kolesterol yang mempengaruhi meningkatnya kadar kolesterol dalam darah,tetapi lemak jenuhlah yang bertanggung jawab atas hal tersebut.

Sedangkan telur terdiri dari 1/3 lemak jenuh dan 2/3 lemak tak jenuh. Bahkan menurut suatu studi yang dimuat dalam Journal of American College of Nutrition para partisan yang mengonsumsi telur memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi telur tidak meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu, menurut studi yang di muat dalam biological and Pharmaceutecal Bulletin, protein dalam telur juga bekerja sebagai anti pengentalan dan penggumpalan darah.

Studi lain yang dimuat Journal of Nutrition menemukan bahwa kuning telur mengandung karotenoid yang bekerja untuk menurunkan risiko penyakit degenerasi makula.Sementara menurut para peneliti dari University of Alberta, telur juga mengandung dua jenis asam amino,tryptophan dan tyrosine –keduanya kaya akan antioksidan.

Manfaat lain dari telur adalah kandungan kolin yang berguna untuk menjaga fungsi otak,selenium sebagai mineral yang dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh Anda serta vitamin B yang bekerja mengubah makanan menjadi energi.

Adapun secara lengkapnya rahasia manfaat dan kandungan gizi yang terdapat dalam telur ( telor ) sebagai berikut :

Kandungan Gizi Telur
Kandungan Energi Telur Ayam = 162 kkal

Kandungan Protein Telur Ayam = 12,8 gr

Kandungan Lemak Telur Ayam = 11,5 gr

Kandungan Karbohidrat Telur Ayam = 0,7 gr

Kandungan Kalsium Telur Ayam = 54 mg

Kandungan Fosfor Telur Ayam = 180 mg

Kandungan Zat Besi Telur Ayam = 3 mg

Kandungan Vitamin A Telur Ayam = 900 IU

Jumlah Kandungan Vitamin B1 Telur Ayam = 0,1 mg

Jumlah Kandungan Vitamin C Telur Ayam = 0 mg

Ada Beberapa Khasiat manfaat dan kandungan gizi telur untuk kesehatan tubuh

1. Membantu Perkembangan Otak
Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil.

2. Memicu Rasa Bahagia
Selain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.

3. Kesehatan Mata
Karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya Karotenoid lutein dan zeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Karotenoid merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus

4. Menghilangkan Jerawat
Telur dapat untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan membalurkan putih telur pada wajah yang berjerawat untuk merawat jerawat yang sedang meradang sekaligus membuat kulit lebih lembut dan kencang.

5.Menjaga Berat Badan Tetap Sehat
Telur adalah sumber terbaik dari protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia yang dapat mengontrol tingkat di mana tubuh menyerap kalori. Ketika mengelola berat badan , sebaiknya pilihlah makanan yang memberikan jumlah gizi yang maksimum dengan sesedikitnya jumlah kalori.

6.Menghilangkan Ketombe
Bilaskan telur pada kulit kepala, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air biasa, kemudian keramas hingga sisa telur hilang.

7. Kesehatan Rambut dan Kuku
Telur juga membantu kesehatan rambut dan kuku dari dalam tubuh karena di dalam telur menandung sulfur yang tinggi, dan bermacam vitamin serta mineral. Mereka yang rajin mengkonsumsi secara teratur memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat.

8. Membantu dalam Kehamilan
Choline merupakan nutrisi penting yang memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin, atau sekitar setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui.

9. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
kandungan yang terdapat dalam kuning telur merupakan senyawa yang mampu mencegah kanker dan penyakit jantung. Telur mentah juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Di dalam dua butir telur mentah, kandungan antioksidannya dua kali lebih tinggi daripada satu buah apel.

10. Membentuk Otot
Kandungan protein tinggi dalam telur mentah bisa membuat tubuh membentuk otot yang kuat dan berisi.

11.Menyembuhkan Gangguan Paru-Paru
Telur mentah ternyata juga ampuh menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru, khususnya penderita emphysema.

12. Menjaga Stamina
Telur mentah yang dikonsumsi bukan cuma menjaga keseimbangan hormon, mempercepat metabolisme, dan melancarkan sistem sirkulasi, tetapi juga menjaga stamina dan kesehatan secara keseluruhan.

Demikian 12 khasiat manfaat dan kandungan gizi telur untuk kesehatan tubuh , semoga informasi tips kesehatan ini bermanfaat terlebih bagi sobat yang suka dengan mengonsumsi baik itu telur ayam maupun telur bebek..