-->

TIPS SEHAT MAKAN SAHUR : AGAR TIDAK MALAS MAKAN SAHUR PAGI

tips-sehat-makan-sahur-agar-tidak-malas-makan-sahur-pagi
Di awal Bulan Puasa ramadhan pola makan kita sedikit berubah , untuk makan pagi dimajukan ke jam 3 sampai jam 4 pagi dini hari yang kemudian disebut makan sahur.  Mengingat belum terbiasa dengan pola makan Sahur , kebanyakan orang terlebih anak-anak menjadi malas dan ketiduran untuk bangun lebih pagi saat makan sahur di bulan puasa ramadhan sehingga mereka mengawali puasa tanpa sedikitpun makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Padahal banyak manfaat dan berkah dari makan sahur yaitu badan tetap sehat dan bugar selama puasa shaum ramadhan, terjaga kesehatan tubuh. Melewatkan makan sahur saat puasa dapat menambah beban pencernaan, karena kesehatan lambung menjadi terancam .  Jika tidak makan sahur di pagi hari dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan.saat berpuasa kondisi lambung kosong hampir 12 jam lebih.

Bila saat sahur tidak diisi, maka asam lambung menjadi terlalu tinggi , asam lambung yang tinggi menyebabkan kontak makanan dengan lambung menjadi tinggi pula sehingga ketika makan saat berbuka puasa perut akan terasa kembung dan perih

Ada beberapa tips cara sehat makan sahur agar tidak malas makan sahur

1. Saat sahur
hindari makanan yang manis-manis atau hanya minum air teh manis sangat tidak dianjurkan.
"Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas," Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Untuk menjaga pencernaan yang bagus sebaiknya makan tidak buru-buru. Begitu juga dengan sahur sebaiknya dilakukan 1 jam sebelum waktu imsak. "Usahakan sahur dengan karbohidrat yang cukup karena karbohidrat mampu bertahan dalam tubuh hingga 5 jam setelah dikonsumsi,".

2. Bersahur dengan Karbohidrat dan Sayur yang cukup.
Selain karbohidrat seperti nasi dan kentang, sayur juga jangan diabaikan ketika sahur karena makanan berserat menahan insulin agar tidak cepat keluar.

3. Cukup minum air putih.
Agar kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terganggu. Sedangkan minum kopi ketika sahur sebaiknya dihindari karena kopi seperti juga soft drinks adalah diuretic yang bukannya memberikan air untuk tubuh tapi malah menghabiskannya. Ini karena pemrosesan gula tingkat tinggi memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh.

4. Hindari makanan-makanan yang pedas,bergas atau asam. 
Untuk menghindari rasa perut begah ketika sedang menjalankan puasa sepanjang hari. Perut begah ketika puasa akan terjadi pada 2 hari awal puasa setelah itu perut akan mulai terbiasa.

Demikian tips sehat makan sahur : agar tidak malas makan sahur pagi,

Baca juga Artikel

Cara memilih Menu Buka Puasa yang baik saat berpuasa
Kebiasaan Tradisi Unik di berbagai negara dalam menyambut bulan Ramadhan
cara berpuasa agar tidak mengalami dehidrasi di saat berpuasa ramadhan
cara agar kenyang lebih lama saat berpuasa di bulan puasa ramadhan
Cara Menghemat Belanja di Bulan Puasa Ramadhan
cara mudik aman dan nyaman saat pulang kampung lebaran
cara berpuasa wanita hamil dan ibu menyusui selama puasa ramadhan
cara mengisi waktu yang bermanfaat sambil ngabuburit di bulan puasa
daftar menu buka puasa dan sahur mudah dan praktis
Cara agar tidak malas saat makan sahur 
cara sehat dan bugar selama berpuasa di bulan puasa ramadhan