-->

Manfaat Gerakan Senam Hamil Untuk Memperlancar Persalinan Dan Melahirkan

manfaat-gerakan-senam-hamil-untuk-memperlancar-persalinan-dan-melahirkan
Manfaat Gerakan Senam Hamil Untuk Memperlancar Persalinan Dan Melahirkan Manfaat Gerakan Senam Hamil Untuk Memperlancar Persalinan Dan Melahirkan
- Senam hamil adalah gerakan senam yang dilakukan oleh wanita hamil pada umur kehamilan 6 bulan atau 24 minggu kehamilan dengan tujuan untuk melatih otot-otot tertentu yang dapat membantu proses melahirkan normal, seperti otot perut, otot panggul dan otot paha. Senam hamil ini dapat dilakukan seminggu sekali untuk meningkatkan kesiapan ibu secara mental maupun fisik dalam menghadapi proses kelahiran anak nanti.

Gerakan dalam senam ini dapat memberikan kepercayaan diri kepada ibu hamil bahwa ibu hamil dapat melakukan proses kelahiran kelak dengan berani, aman, dan selamat bagi ibu dan bayinya. Biasanya senam hamil juga diajarkan latihan pernapasan saat kontraksi dan saat mengejan. Ibu hamil disarankan untuk tetap melalukan kegiatan fisik atau olahraga ringan yang dapat membantu ibu hamil tetap fit selama kehamilan.

Olahraga saat hamil dilakukan untuk menjaga stamina ibu hamil tetap baik, mengontrol kenaikan berat badan, mengurangi keluhan sulit tidur, mengurangi bengkak, dan mengurangi risiko diabetes saat hamil. Bahkan saat memasuki trimester 3, ibu hamil tetap dapat melakukan gerakan olahraga ringan, salah satunya gerakan senam hamil.

Berikut adalah beberapa manfaat gerakan senam hamil untuk memperlancar persalinan dan melahirkan

1.Mengurangi Rasa Sakit Persalinan

2.Memperkuat Otot-otot Panggul sehingga Memperlancar dan Mempercepat Proses Kelahiran

3.Mengurangi Keluhan-keluhan saat Kehamilan

4.Beberapa gerakan dapat membantu mengurangi kram kaki, pegal punggung dan pinggang, bahkan membantu bayi masuk ke dalam jalan lahir.

5.Beberapa kelas senam hamil bahkan mengajarkan sesi relaksasi yang dapat membantu bunda yang biasanya sulit tidur selama hamil, menjadi lebih mudah tidur.

Manfaat gerakan senam hamil dapat dirasakan apabila senam hamil dilakukan secara rutin, baik di kelas senam hamil maupun di rumah.

Demikian manfaat gerakan senam hamil untuk memperlancar persalinan dan melahirkan, semoga bermanfaat.