-->

Cara Menghadapi Dan Mengatasi Anak Balita Yang Mudah Menangis

cara-menghadapi-dan-mengatasi-anak-balita-yang-mudah-menangis
Cara Menghadapi Dan Mengatasi Anak Balita Yang Mudah MenangisCara Menghadapi Dan Mengatasi Anak Balita Yang Mudah Menangis
- Anak adalah si buah hati obat pelipur hati dikala para orang tua setelah kelelahan dengan segudang aktifitas kerja sepanjang hari , baik dari pulang kerja kantor , maupun saat aktifitas kerja seharian yang melelahkan.
Ketika melihat anak datang menjemput dan menghibur ibu dan ayahnya perasaan sangat lelah dan capek hilang seketika dengan melihat keriangan dan kegembiraan sang anak lucu dan mengemaskan. Namun sisi lain dikala anak mulai rewel dengan segala keinginannya dan sering menangis tanpa alasan yang jelas terkadang membuat para orang tua gemas dengan tingkahnya yang menjengkelkan sehingga terbawa oleh emosi anak.

Ada beberapa tips bagaimana cara menghadapi anak balita jika sedang menangis dan rewel . Memang anak di usia balita 2-3 tahun sangat sensitif , anak balita tidak suka mendengar ucapan “jangan” atau “tidak boleh.” untuk itu selaku orang tua bersikap bijak dalam menghadapinya .

Berikut adalah beberapa tips cara mengatasi anak balita yang mudah menangis dan rewel : 

1.Pastikan kebutuhan dasar anak terpenuhi.

Jika kondisi anak balita lapar, lelah dan mengantuk anak akan mudah mudah menangis karena menangis adalah bentuk komunikasi dari anak usia balita yang masih mengembangkan kesadaran dirinya pada tingkat yang paling dasar dan bisa mempengaruhi kapasitas mentalnya. . 

2.Hindari kalimat perintah untuk menghentikan tangis anak, seperti jangan menangis !!

karena takkan berhasil. Tempatkan diri sejajar dengan anak, tatap matanya, letakkan tangan di bahunya. Ajukan pertanyaan terbuka seperti mengapa dia menangis saat disuruh mandi. Jelaskan bahwa mandi akan membuatnya lebih segar.

3.Perhatikan dan Pelajari sikap anak saat menangis,

apakah anak selalu menangis bila keinginannya tak dipenuhi. Tolak tangisan berupa manipulasi, tinggalkan dia sendiri. Jangan pernah kembali bila tangisnya berlanjut sebagai pembenaran perilakunya. Kembalilah pada anak bila tangisnya berhenti agar dia paham bahwa percuma saja dia mengulang perilakunya.

4.Terapkan gaya hidup sehat dengan mengenalkan anak pada keteraturan.

Kenalkan makanan sehat, penuhi kebutuhan buah-buahan dan makanan camilan untuk menambah energinya yang selalu terpakai untuk bergerak. Pantau, apakah istirahatnya sepadan dengan kelincahannya. Istirahat cukup bisa mereduksi kelelahan yang memicu tangisannya. Luangkan waktu untuk duduk berduaan, mendongeng atau membaca buku menjelang jam tidurnya agar anak beranjak tidur dengan pikiran tenang dan santai.

5. Buat gambar wajah.dengan menggambar anak bisa terhibur,

gambarlah satu wajah menangis dan satu gambar wajah tersenyum. Untuk mengurangi tangisnya, minta anak mengambil gambar wajah sedih ketika dia sedih dan ambil gambar wajah senang ketika dia gembira. Sehingga Anda bisa lebih cepat menanggapi, bila dia mengambil gambar wajah sedih. Intervensi yang lebih cepat, bisa mencegah anak menangis.

6. Peduli pada perasaan anak balita dengan berkata,  “Ibu tahu kamu sedih, karena tidak boleh mainan jarum karena berbahaya.

Boleh nangis, tidak boleh mainan jarum.“ Ijinkan dia punya perasaan apapun, tapi sobat tetap harus tegas dengan aturan. Kalau dia tetap menangis, katakan "Ya sudah, kalau dede memang ingin nangis. Kalau sudah selesai kasih tahu Ibu, karena Ibu ingin tahu.” Teknik ini untuk menolak tangisnya. Selama sobat yakin dia aman, biarkan dia sejenak, karena dia butuh melepaskan emosinya.
Demikian cara menghadapi dan mengatasi anak balita yang mudah menangis , semoga bermanfaat

Baca juga Artikel Menarik Lainnya

Cara memilih makanan sehat untuk ibu hamil dan janin bayi
Cara hindari makanan yang tidak aman dikonsumsi pada masa kehamilan
Cara mengajarkan anak belajar menggambar dan mewarnai di usia dini
Cara mengetahui tanda ciri-ciri fisik gejala kehamilan
tanda ciri-ciri cara mengetahui dan menghitung masa subur wanita agar cepat hamil
cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan
tata cara panduan senam hamil dan gerakan-gerakan senam ibu hamil
metode cara membuat hamil untuk mendapatkan anak laki-laki
tips agar cepat membuat hamil dan cara mendapatkan punya anak
Cara aman bepergian saat kondisi sedang hamil
Cara mengurus dan memandikan bayi dengan benar
Kumpulan nama bayi islami untuk anak perempuan beserta artinya
Cara menghadapi dan mengatasi anak balita yang mudah menangis
Manfaat gerakan senam hamil untuk memperlancar persalinan dan melahirkan
Manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil
tips cara membawa si kecil ke posyandu untuk di suntik imunisasi
Metode Pendidikan Cara Mendidik Anak yang Sholeh dan Cerdas Pintar secara islami
pertolongan pertama pada kecelakaan yang sering terjadi pada anak