-->

RESEP DAN CARA MEMBUAT BUMBU IKAN BAKAR ENAK DAN GURIH

resep-dan-cara-membuat-bumbu-ikan-bakar-enak-dan-gurih
Ikan merupakan sumber protein bagi tubuh dan juga mengandung omega dan berbagai vitamin gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Resep ikan bakar merupakan kuliner makanan yang menggunakan dengan cara dibakar atau dipanggang , sehingga aroma ikan bakarnya lebih tajam dan dagingnya lebih empuk, enak dan gurih terutama jenis ikan seperti ikan mas, nila, gurame dan ikan lainnya. resep ikan bakar akan lebih enak jika ditambah kecap manis dan sedikit pedas

Selain itu ikan merupakan lauk pauk yang paling mudah dimasak dengan berbagai macam resep menu masakan diantaranya resep pepes ikan, resep ikan bakar ( panggang ), resep pindang , goreng ikan. Namun kali ini tipstriksib akan menyajikan resep dan cara membuat ikan bakar yang enak dan lezat dan cara menyajikan menu ikan bakar ( panggang ) sangat mudah dan sederhana. Banyak cara menghidangkan menu resep ikan bakar seperti resep ikan bakar bumbu kecap, resep ikan bakar bumbu rica-rica, resep ikan bakar pedas dan resep ikan bakar ( panggang ) lainnya. 

Adapun jenis ikan yang dapat dijadikan menu resep ikan bakar ( panggang ) adalah ikan gurame bakar, ikan mas bakar, ikan patin bakar, ikan baronang bakar, ikan bawal bakar, ikan kakap bakar, ikan nila bakar dan jenis ikan lainnya yang tidak mudah hancur ketika dibakar ( dipanggang ). Cara membuat ikan bakar ( panggang ) sangat mudah hanya menggunakan bara api sehingga wangi ikan bakar ( panggang ) semakin sedap namun bisa juga menggunakan kompor. Cara membuat resep ikan bakar ( panggang ) agar tidak amis dan berbau anyir adalah dengan melumuri ikan dangan air jeruk nipis atau cuka setelah itu baru di beri dengan garam.  Agar ikan bakar yang mempunyai rasa yang enak dan gurih , ikan harus dibersihkan isi perutnya dengan benar. Cuci sampai bersih perut ikan sampai warna hitam dalam perut ikan hilang.

Berikut adalah resep dan cara membuat ikan bakar ( panggang ) yang enak dan gurih;

Bumbu-bumbu resep untuk ikan bakar ( panggang ) ;

1 kg ikan
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 ons gula merah
1 sendok makan asam diencerkan dengan setengah gelas air
3 sendok makan minyak goreng
Garam secukupnya

Cara membuat resep ikan bakar ( panggang ) :

1. Kalo buat ikan bakar ( panggang ), ikannya tetap mentah.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam. Setelah halus masukkan gula merah dan haluskan lagi.
3. Setelah halus masukkan air asam dan minyak goreng.
4. Rendam ikan dalam bumbu selama 1/2 jam.