-->

Tips Sukses Cara Menghadapi Tes Psikotes Dan Wawancara ( Interview ) Agar Lulus Seleksi

tips-sukses-cara-menghadapi-tes-psikotes-dan-wawancara-agar-lulus-seleksi
Tips Sukses Cara Menghadapi Tes Psikotes Dan Wawancara ( Interview ) Agar Lulus Seleksi - 
Psikotes adalah tes psikologi untuk mengetahui sifat dan karakter seseorang, biasanya psikotes matematika dan wawancara diberikan kepada orang yang melamar untuk mendapatkan pekerjaan.  Psikotes dan wawancara ( interview ) merupakan bagian dari serangkaian tahapan seleksi lamaran pekerjaan sebuah lowongan kerja untuk mengetahui kemampuan intelektual atau kepribadian para pelamar pekerjaan yang akan disesuaikan dengan karakteristik pekerjaan yang tersedia. Model wawancara psikotes yang dilakukan akan dipengaruhi oleh kualifikasi terhadap posisi yang dibutuhkan perusahaan.

Ada beberapa aspek pokok dalam tahapan ujian psikotes yang menjadi satu kesatuan integritas yang tidak bisa dipisahkan secara segmentatif.

1. Aspek kecerdasan umum atau intelegensi
Aspek kecerdasan umum atau intelegensi dapat mengetahui kemampuan intelegensi umum dan kemampuan khusus para pelamar kerja. Alat tes yang biasa digunakan bisa berupa tes verbal, non-verbal dan performance.

2. Aspek karakteristik dan perilaku kerja.
Aspek karakteristik dan perilaku kerja meliputi berbagai unsur: kecepatan, ketelitian, perencanaan dan semacamnya, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan khusus pekerjaan.

3.Aspek kepribadian.
Aspek kepribadian biasanya mencerminkan sisi-sisi unik seseorang. Untuk menggali aspek ini, dibutuhkan ketajaman dan kepekaan psikolog. Untuk menghindari hal-hal yang subyektif seperti marah atau tersinggung, dibutuhkan pengalaman yang memadai

Berikut ini adalah tips untuk menghadapi ujian psikotest dan interview diperlukan beberapa persiapan dalam menghadapi test psikotes dan wawancara

1. Tes IQ:
biasanya contoh soal-soal tes IQ dapat mudah didapatkan di toko-toko buku. Tes kecerdasan ini melibatkan serangkaian soal matematika dalam istilah tesnya tes verbal dan non verbal. Angka dan bahasa merupakan bagian utama dari tes IQ. 

2. Tes Kepribadian.
Di dalam tes kepribadian akan dihadapkan kepada serangkaian pertanyaan mengenai berbagai dilema dalam pekerjaan, seperti bagaimana menghadapi konflik, bagaimana bekerja sama tim work dan bagaimana solusi jika menghadapi suatu dilema. 

3. Tes Kemampuan.
Di dalam tes kepribadian akan dihadapkan kepada serangkaian tugas di bawah tekanan tinggi, apakah masih bisa melakukannya. Biasanya tes kemampuan dalam suasana penuh tekanan tetapi harus bisa menyelesaikan soal dengan cepat. Soalnya disa berbentuk angka atau permainana kata-kata. Bisa pula berupa grafik dan bentuk-bentuk tiga dimensi.

4. Tes Kreatifitas.
Di dalam tes Kreatifitas akan diminta melanjutkan gambar dari enam kotak yang sudah ada. Lanjutkan dengan ilustrasi dengan semaksimal mungkin menurut kreatifitas sendiri
tes final biasanya diminta menggambar orang dengan lengkap

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara membuat dan menyajikan presentasi yang bagus dan menarik
tips sukses cara menghadapi tes psikotes dan wawancara ( interview ) agar lulus seleksi