-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA TRACING FOTO DAN GAMBAR DESAIN GRAFIS KAOS DAN TEKSTIL



cara-tracing-foto-dan-gambar-desain-grafis-kaos-dan-tekstil
CARA TRACING FOTO DAN GAMBAR DESAIN GRAFIS KAOS DAN TEKSTIL cara-tracing-foto-dan-gambar-desain-grafis-kaos-dan-tekstil

CARA TRACING FOTO DAN GAMBAR - Desain trace dalam dunia desain grafis percetakan maupun desain kaos dan desain tekstil sangat familiar bagi bagi orang yang sudah berkecimpung di dunia percetakan atau print sablon digital maupun print sablon manual sudah mengetahui proses tracing ( pisah warna ) . Tracing asal kata dari kata trace, artinya menelusuri atau lebih dikenal cara jiplak gambar dan foto.

Bagaimana cara tracing foto dan gambar desain grafis kaos dan tekstil, banyak tutorial yang membahas proses trace menggunakan photoshop, atau trace dengan coreldraw.

Beberapa versi menjelaskan mana yang lebih baik cara belajar tracing dengan photoshop atau belajar tracing menggunakan coreldraw?

Tentu tergantung usernya sendiri lebih sering menggunakan software photoshop atau coreldraw atau menggunakan software design grafis lainnya.

Dalam ilmu grafis terutama desain kaos dan desain textile ,tracing bermakna menggambar ulang atau menjiplak gambar, definisi lainnya tracing adalah proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa.

Tracing sebuah gambar atau desain ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi diantaranya, Adobe Photoshop , Adobe Illustrator , Corel Draw, dan software lainnya

Tracing dalam desain tekstil lebih rumit dibanding trace desain kaos, diperlukan skill dalam metode cara trace dan pecah warna untuk print digital dan sablon kaos maupun printing textile.


Proses tracing foto dan trace gambar desain kaos dan design tekstil melalui tahapan proses membuat pecah warna separasi cmyk jika menggunakan trace dengan photoshop dan proses tracing separasi cabut proses printing sablon dengan gambar dan foto tertentu.

Teknik tracing desain gambar

1.Manual Tracing.

Teknik tracing manual yaitu menggambar ulang atau menjiplak ulang dengan cara meletakkan kertas roti , kertas kalkir diatas gambar asli yang akan dibuat pecahan warnanya , adapun cara menggambarnya menggunakan rapido, atau tinta afdek yang pekat.

Tracing manual pada proses separasi memecah warna sering digunakan untuk film sablon printing tekstil., tracing desain ini dilakukan dengan bantuan proyektor.

2.Digital Tracing.

Tracing digital yaitu menggambar ulang atau menjiplak ulang dengan bantuan computer.Gambar asli di-scan, lalu dijiplak lewat bantuan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe
Photoshop, Coreldraw atau Corel Painter.

Adapun cara menggambarnya menggunakan mouse atau lebih profesional memakai graphic tablet, yakni pena stylus dengan digitizer pad, atau Wacom.

Produk yang dihasilkan adalah illustrasi vector, untuk menutupi kebutuhan illustrasi yang akan dipakai pada desain-desain poster, iklan-iklan koran bahkan web dan film-film kartun.

Berikut adalah macam -macam software yang bisa digunakan sebagai tracing digital ;

Freehand, adobe Illustrator dan Corel Draw untuk proses tracing vector. Biasanya dipakai untuk tracing logo dan bentuk graphic untuk keperluan infographic, juga huruf yang tak terdapat pada library font.
Photoshop,photopaint atau Painter, untuk proses tracingt tracing bitmap. Tracing bitmap lebih banyak dikerjakan dibidang screen printing dan tekstil printing, karena simulasi warna overprint dapat langsung terlihat.

Kesimpulannya tracing adalah teknik penggambaran ulang baik manual atau digital yang membutuhkan kemampuan trace dan penguasaan aplikasi grafis.

selain itu kemampuan otak pikir bagaimana caranya bisa menghemat waktu dalam pengerjaan artwork sehingga tidak dikejar deadline.

Demikian tips cara tracing foto dan gambar desain grafis kaos dan tekstil.

Baca Juga Tutorial Desain Lainnya


Tutorial lengkap cara membuat desain baju dan kaos ( t-shirt ) dengan Photoshop

Cara membuat desain grafis kaos distro dengan Photoshop 

Cara mudah membuat desain kaos dan t-shirt distro

Cara membuat Mockup desain kaos menggunakan template pola patrun

Cara Belajar Mendesain Kaos dengan Photoshop

Cara Pecah Warna Separasi CMYK ( pisah warna) Sablon

Cara membuat Desain kaos Distro Cewek gambar lucu di coreldraw

Cara Pecah Warna sablon kaos split channel dengan Photoshop

Tutorial Cara membuat Desain Baju Batik dengan Photoshop

Cara membuat pola baju template desain kaos menggunakan photoshop

Cara membuat dot raster halftone film screen sablon desain kaos 


10 contoh desain t-shirt keren dan design kaos unik menarik

12 contoh-contoh desain kaos ( t-shirt Baju ) full print clothing distro

Koleksi desain macam-macam kaos t-shirt distro


Related : CARA TRACING FOTO DAN GAMBAR DESAIN GRAFIS KAOS DAN TEKSTIL