-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

Cara Membuat Dan Menyajikan Presentasi Yang Bagus Dan Menarik



cara-membuat-dan-menyajikan-presentasi-yang-bagus-dan-menarik
Cara Membuat Dan Menyajikan Presentasi Yang Bagus Dan Menarik

Pembuatan dan penyajian presentasi telah menjadi aktivitas rutin bagi kalangan pendidikan, bisnis, dan perkantoran. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komputer yang berkembang saat ini, tugas pembuatan dan penyajian presentasi menjadi semakin mudah dan cepat. Untuk membuat dan menyajikan presentasi yang bagus dan menarik, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan, yaitu :

-Pemilihan aplikasi untuk pembuatan presentasi.
-Perencanaan materi.
-Penguasaan aspek teknis perangkat.
-Teknik penyajian presentasi.

Sebagus apapun materi presentasi Anda, selengkap apapun perangkat presentasi yang tersedia, semua akan sia-sia jika teknik penyajian presentasi Anda tidak menarik.

Berikut beberapa tips cara membuat dan menyajikan presentasi yang bagus dan menarik;

1.Kuasai Teknik-teknik Penyajian Presentasi

Temukan teknik-teknik tertentu, seperti bagaimana cara menyajikan presentasi melalui beberapa monitor, bagaimana menyembunyikan sajian slide secara temporer untuk mengalihkan perhatian audience dari screen ke pembicaraan Anda,termasuk bagaimana mengemas slide presentasi agar dapat berjalan secara otomatis atau dapat diakses via internet.

2.Simulasikan Presentasi Anda Sesering Mungkin

Jika perlu, gunakan fasilitas Timer yang tersedia pada aplikasi penyaji presentasi untuk melatih dan memastikan ketepatan waktu pemaparan setiap slide presentasi Anda.

3.Lengkapi Sajian Presentasi dengan Materi Tambahan

Anda dapat mencetak dan mendistribusikan lembar hand out, membagikan CD materi presentasi, atau bahkan menyertakan materi pendukung bagi audience. Hal ini dapat meminimalkan pecahnya perhatian audience karena harus mencatat poin-poin dan paparan Anda, menghindari tidak tertangkapnya sebagian materi presentasi yang Anda sajikan, dan tentunya menjadi salah satu media penyebaran bagi visi dan misi penyajian presentasi Anda.

4.Persiapkan Keberhasilan Sejak Dini

Masuk ke ruang presentasi paling akhir bukanlah kebiasaan yang baik.  Datanglah lebih awal untuk memastikan segala sesuatu telah dipersiapkan dengan baik. Sambutlah kedatangan audience dan lakukan perbincangan awal untuk lebih mencairkan suasana. Dengarkan harapan dan permasalahan mereka untuk memperoleh keuntungan materi spesifik yang akan mempertajam penyajian presentasi Anda.

Selamat berpresentasi

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara membuat dan menyajikan presentasi yang bagus dan menarik
tips sukses cara menghadapi tes psikotes dan wawancara ( interview ) agar lulus seleksi 


Related : Cara Membuat Dan Menyajikan Presentasi Yang Bagus Dan Menarik