-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

CARA MEMBUAT DAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN VIA EMAI YANG BAIK DAN BENAR



cara-membuat-dan-menulis-surat-lamaran-pekerjaan-via-email
CARA MEMBUAT DAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN VIA EMAI YANG BAIK DAN BENAR cara-membuat-dan-menulis-surat-lamaran-pekerjaan-via-email 

Cara membuat dan menulis surat lamaran pekerjaan via emai yang baik dan benar - Membuat dan menulis surat lamaran CV, daftar riwayat hidup tidak selalu harus mengirimkan lewat kantor pos atau langsung ke tempat pendaftaran, tapi ada cara membuat surat lamaran pekerjaan lebih praktis dan efesien , dan murah yaitu via online melalui email ( Surat elektronik) yang memanfaatkan kecanggihan teknologi internet  bisa melalui browsing online dengan menggunakan browser Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, maupun blackberry sebagai layanan Email untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan agar proses seleksi dan cara mendapatkan pekerjaan bagi seorang pelamar lebih cepat dan efisien . 

Berikut tips langkah-langkah membuat surat lamaran pekerjaan via email yang baik dan benar : 

1.Tuliskan Judul Email secara singkat dan jelas

Penulisan judul surat lamaran pekerjaan via email sangat penting dan di tulis secara jelas dan singkat karena untuk memudahkan penerima dalam memahami tujuan email yang dikirim. 

2.Tempat Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan

Anda dapat menuliskan surat lamaran (cover letter) Anda di badan email. Artinya, perusahaan tetap akan menerima surat lamaran Anda dengan baik atau di lampirkan dalam bentuk sebuah file (attach file). dan juga lampirkan daftar riwayat hidup. Tetapi umumnya surat lamaran boleh di tulis di lembar kerja email. 

3. Jenis file yang dikirim

Jika perusahaan atau kantor yang inginkan meminta melampirkan file tertentu, sebaiknya anda perhatikan format/ekstensi file yang anda kirimkan. Misalnya anda diminta mengirimkan file dalam bentuk (.doc/.xls),Pdf, jangan sekali-kali mengirimkan file yang berformat lain karena dapat menyulitkan mereka untuk membuka file anda. 

4.Ukuran file surat lamaran pekerjaan

Usahakan ukuran email Anda tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach. Karena itu periksa besar file yang Anda lampirkan. Jika Anda diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang terlalu besar. Perkecil ukuranya dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor. 


5.Email Signature

Email signature adalah text yang dituliskan secara otomatis oleh provider email Anda. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda. Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature ini secara otomatis pada semua email yang mereka kirim. Sedangkan Gmail tidak mempunyai signature otomatis. 

6.Lakukan Uji Coba Pengiriman via Email 

Setelah semua selesai di buat, sebaiknya anda uji coba dahulu surat lamaran pekerjaan yang anda buat dengan mengirimkan nya ke email anda yang lain.  Sehingga anda bisa melihat seperti apa jadinya surat lamaran pekerjaan yang akan anda kirimkan.

Demikian tips cara membuat surat lamaran pekerjaan via email, semoga bermanfaat.



Related : CARA MEMBUAT DAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN VIA EMAI YANG BAIK DAN BENAR

clear'/>