-->

Tips Trik Seputar Internet dan Bisnis

TIPS AGAR WEB ( BLOG ) CEPAT TERINDEKS SERP SEARCH ENGINE GOOGLE



tips-agar-web-blog-cepat-terindeks-SERP-search-engine-Google-dan-mendapatkan-traffic-pengunjung
Search engine adalah salah satu situs yang menjadi tujuan utama apabila orang ingin mencari informasi di Internet. Dengan search engine terutama Google sebagai alat pencari informasi paling banyak digunakan oleh pengguna internet , semua informasi yang tersebar di berbagai website dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

Dengan makin banyaknya situs di Internet, orang berlomba-lomba mencari cara agar website atau blog yang mereka kelola bisa mendapatkan posisi rangking SERP di search engine, dan bisa masuk 10 besar google sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung. 

Semakin banyak postingan atau artikel yang terindeks oleh search engine maka berpeluang meningkatkan traffic pengunjung ( visitor ) yang banyak ke blog atau website kita. Tentunya pemilik situs atau blog merasa berhasil jika blog atau situs yang dikelolanya mendapatkan banyak traffic pengunjung terlebih bagi publisher yang mendaftar google adsense.


Bagaimana caranya agar blog atau website cepat terindeks dan mendapatkan posisi pertama ( rangking) di SERP search engine google ? Salah satu upaya yang dilakukan adalah bagaimana agar search engine Google bisa mengindeks website dengan cepat.

Ada beberapa trik sederhana yang bisa dipakai untuk mewujudkan tujuan tersebut.

1. Submit ke Search Engine

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah memberitahukan kepada search engine bahwa kita memiliki website di Internet. Ini yang dinamakan search engine submission . Langkah tersebut harus kita lakukan jika website yang kita buat belum terdaftar di directory search engine. 
Kita bisa mengecek apakah website yang kita buat sudah terdaftar di directory search engine Google, dengan mengetikkan site:nama_situs pada kotak search. Jika muncul daftar URL beserta deskripsi singkatnya itu berarti website tersebut sudah terdaftar di Google. 

2. Cek robots.txt

Ada kalanya search engine kesulitan mengindeks suatu website karena ada beberapa aturan di file robots.txt yang menghalanginya. Untuk itu pastikan bahwa file robots.txt di website Anda terdapat aturan seperti berikut ini:

User-agent: *

3. Buat Sitemap

Sitemap berguna untuk membantu search engine agar lebih mudah dalam menjelajahi website
kita. Dokumen sitemap tersebut berisi informasi penting yang dibutuhkan oleh search engine
seperti alamat URL, waktu update, dan sebagainya.

4. Ping Search Engine

Sebagai langkah terakhir lakukan optimasi website anda ke beberapa search engine seperti Google, Yahoo, dan Ask yang mempunyai layanan ping untuk memberitahukan adanya perubahan pada isi dokumen sitemap kepada search engine. Jika website Anda dibuat dengan platform WordPress, ada sebuah plugin yang namanya Google Sitemap Generator yang bisa membuat dokumen sitemap sekaligus melakukan ping ke beberapa search engine.

Demikian beberapa tips agar web ( blog ) cepat terindeks Google dan mendapatkan traffic pengunjung ,semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel


Related : TIPS AGAR WEB ( BLOG ) CEPAT TERINDEKS SERP SEARCH ENGINE GOOGLE

clear'/>