-->

Cara Print Screen Sablon Kaos Dan Macam Jenis Teknik Cat Sablon

cara-print-screen-sablon-kaos-dan-macam-jenis-cat-sablon
Cara Print Screen Sablon Kaos Dan Macam Jenis Teknik Cat Sablon - Membuka konveksi kaos dan t-shirt distro serta produksi pakaian jadi lainnya mulai busana anak sampai model kaos t-shirt dewasa tak bisa dilepaskan dengan proses membuat desain kaos dan baju t-shirt .Serta proses print sablon kaos yang erat kaitannya dengan teknik pengolahan jenis cat sablon dan campuran macam-macam tinta warna dengan media monil screen sebagai alat cetak dan print sablon kaos. 

Ada 2 macam cara cetak atau jenis-jenis print sablon kaos, pertama cara print sablon kaos manual , kedua cara print sablon kaos digital. Keduanya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan namun hal yang paling penting dan utama adalah masalah awet dan tidak mudah luntur.

Print sablon kaos digital jelas lebih cepat dibandingkan dengan sablon kaos manual karena bisa langsung dicetak di dalam pakaian dan busana kaos jadi,  ini berarti dari sisi kecepatan cetak sablon digital bisa dibilang lebih unggul, tapi print sablon kaos digital dinilai kurang awet jika dibandingkan dengan print sablon kaos manual , disini sablon manual punya poin lebih dibandingkan dengan cetak digital.

Print sablon kaos digital lebih kepada sesuatu yang butuh cepat, jumlah kecil bahkan satuan dan detail desain yang harus sepenuhnya dipegang, sedangkan sablon manual lebih condong pada masalah ketahanan dan kuantiti jumlah produksi pakaian dan busana kaos jadi . 

Bagaimana cara print sablon t-shirt distro di screen ( monil ) setelah proses afdruk film sablon kaos dan membuat desain t-shirt,  kali ini saya akan share mengenai jenis-jenis cat sablon dan macam-macam teknik print sablon kaos yang sangat berguna saat akan memproduksi t-shirt oblong kaos : 

1. Rubber 
Adalah jenis sablon yang paling sering digunakan. Bisa untuk kaos berwarna gelap maupun terang karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain.  Untuk sablon di atas dasar kain yg melar dibutuhkan cat rubber dengan ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain dan berdaya awet.

2. Pigment
Ini cat yang biasa dipakai untuk kaos berwarna terang karena sifatnya yg menyerap kedalam kain

3. Plastisol 
Cat berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit.

4. Sablon Superwhite
Mirip dengan sablon pigment, tetapi superwhite sedikit lebih tebal digunakan untuk bahan kaos terang.

5. Glow in the dark 
Cat dengan bahan Fosfor, yg menyala saat kaos berada di tempat gelap. Bisa rubber, pigmen maupun plastisol.

6. Reflektif 
Cat dengan bahan Fluor yang akan menyala jika kaos disinari oleh sebuah sumber cahaya.

7. Discharge
Cat dengan kemampuan menipiskan/menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan.

8. Flocking beludru 
Cat sablon timbul yang dilapisi beludru.

9. Foam atau Cat timbul 
Di dunia garment international biasa disebut dengan puff print. Ada rubber, ada juga plastisol, tapi bentuk timbul keduanya berbeda.

10. Sablon Foil 
Jenis sablon yang menggunakan kertas berbahan logam (seperti pada undangan nikah). Biasanya warna silver atau gold.

11. Sablon Glitter 
Sablon dengan menggunakan tinta yang di campur serbuk berwarna metalik. Tersedia dalam banyak pilihan warna. 

Demikian ilmu cara print screen sablon kaos dan macam-macam teknik jenis cat sablon ,Semoga bermanfaat. 

Baca Juga Artikel